Candi Plaosan Klaten
Sumber :

Candi Plaosan Klaten

Posted on

Lokasi wisata Candi Plaosan Klaten – Candi Plaosan merupakan salah satu tempat wisata yang tidak setenar Candi Prambanan di Jogja. Meski begitu, daya tarik Candi Plaosan juga tidak kalah. Di balik keindahannya juga menyimpan sejarah dan cerita asal-usul yang menarik untuk diketahui. Lokasi candi plaosan ini tidak jauh dari candi Kalasan dan Prambanan.

Jogja memiliki banyak tempat wisata sejarah yang bisa dikunjungi saat musim liburan tiba. Tempat wisata sejarah ini bisa memberikan edukasi sekaligus sensasi keindahan pemandangan bangunan bersejarah kuno. Beberapa tempat wisata sejarah di Jogja selain candi adalah, Goa, Benteng, Keraton, Museum dan lain-lain.

Semua lokasi wisata di Jogja dapat lebih mudah dijangkau dengan fasilitas wisata yang ada. Seperti persewaan mobil, paket wisata, berbagai tempat kuliner, penginapan dan hotel serta fasilitas wisata lainnya. Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi Candi Plaosan atau ingin mengetahui tempat wisata di sini, simak informasinya berikut ini.

Lokasi Candi Plaosan Klaten

Tempat wisata bersejarah ini terletak tidak jauh dari Candi Prambanan. Sehingga bisa diakses saat berkunjung di sekitar lokasi Candi Prambanan. Alamat tepatnya adalah alamat tempat wisata ini di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Meski berada di Jawa Tengah, sebenarnya di Jogja bagian timur.

Lebih mudah menggunakan patokan Bandara ke arah timur melalui Jalan Raya Solo – Jogja. Sampai di Pasar Prambanan, terus ke timur melewati dua perempatan dan sampai di stasiun Brambanan. Dari sini, mengikuti rambu-rambu lokasi, Anda akan langsung menemukan tempat wisata.

Harga Tiket Candi Plaosan Klaten

Untuk menikmati keindahan tempat wisata ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp. 3.000 saja. Karena sangat terjangkau, lokasi ini bisa menjadi tempat wisata murah di Jogja. Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk parkir kendaraan berkisar antara Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000.

Jam Operasional

Tempat wisata ini buka pada pukul 08.00 – 17.00 WIB. Untuk bisa masuk ke objek wisata ini, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp. 3000 per orang. Jika anda membawa kendaraan, maka anda harus membayar uang parkir sebesar Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil.

Daya Tarik

Candi Simbol Kerukunan Umat Beragama

Sesuai dengan sejarah yang terdapat di candi ini, bahwa candi ini dibuat oleh seorang Hindu dan diperuntukan bagi yang beragama Budha. Tidak hanya itu, meskipun candi ini merupakan candi Budha, namun bangunan candi ini mengandung unsur arsitektur Budha dan Hindu. Di sini kita bisa melihat bahwa kerukunan antar umat beragama di Indonesia sudah ada sejak dulu.

Candi Kembar

Candi Plaosan terbagi menjadi dua yaitu Candi Plaosan Lor Utara dan Candi Plaosan Kidul Selatan, kedua candi ini memiliki bentuk yang sama, hal inilah yang membuat Candi Plaosan disebut sebagai candi kembar. Candi Plaosan Lor memiliki dua candi yaitu candi induk utara dan candi induk selatan. Candi induk bagian utara dihiasi dengan relief yang menggambarkan wanita dan candi induk bagian selatan dihiasi dengan relief yang menggambarkan laki-laki.

Sedangkan Candi Plaosan Kidul belum diketahui candi induknya. Namun, di kompleks ini terdapat perwara berupa candi dan stupa. Tidak hanya itu, teras di bangunan utama candi ditata dengan rapi dan halus, hal ini menunjukkan bahwa teras tersebut pernah digunakan sebagai vihara untuk berdoa bagi istri Rakai Pikatan dan pengikutnya.

Fasilitas

Tempat wisata pura berbeda dengan jenis tempat wisata lainnya yang bisa dijadikan sebagai lokasi rekreasi atau piknik. Tempat wisata ini merupakan lokasi konservasi yang mengutamakan perlindungan terhadap bangunan kuno dan sekitarnya. Sehingga dengan kegiatan yang tidak banyak yang dapat dilakukan fasilitas yang ada di lokasi adalah :

  • Papan informasi.
  • Toilet
  • area parkir.

Demikian ulasan tentang Lokasi wisata Candi Plaosan, Klaten semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published.