Beruntunglah warga Indonesia yang memilki kekayaan wisata alam yang sangat banyak, sehingga tidak bingung untuk mencari tempat piknik yang sesuai dengan keinginan hati, semua wilayaj di Indonesia memiliki destinasi wisata alam yang selalu ramai di kunjungi wisatawan, beberapa di antranya adalah air terjun dan salah satu lokasi wisata air terjun yang menarik untuk di kunjungi adalah Air terjun Curug Cikaso Sukabumi.

Curug Cikaso Sukabumi

Sumber : nativeindonesia.com

Curug Cikaso sukabumi memiliki pemandangan yang sangat indah dan alami, nama asli dari air terjun ini adalah curug luhur, namun karena sumber mata air yang mengalir dari sungai cikaso masyarakat setempat kemudian menyebutnya curug Cikaso.

 

DAYA TARIK

Curug Cikaso memiliki 3 Air terjun yang di tampung oleh 1 bendungan kecil yang berbentuk kolam di bawahnya, curug ini memiliki tinggi sekitar 30 meter dengan lebar sekitar 100 meter, ketiga air terjun tersebut memiliki nama masing-masing yaitu ; Curug Aki yang berada di sebelah kanan, Curug Meong yang berada ditengah dan Curug Asepan berada di sebah kiri.

Curug Cikaso Sukabumi

Sumber : dakatour.com

 

Karena memiliki 3 curug dan mengalir kearah yang sama maka aliran curug cikaso menjadi sangat deras selain itu curug ini memiliki air yang sangat segar yang sangat cocok bagi kamu yang suka dengan wisata air.

 

Kalau anda kurang puas dengan hanya melihat pemandangan air terjun dan alam sekitarnya, anda bisa menikmati airnya langsung dengan berenang, kolam curug cikaso memiliki kedalaman kolam sekitar 15 meter selain itu di bawah kolam ada sebuah pusaran air yang deras dan kuat, jadi bagi kamu yang ingin berenang, pastikan berenang di tempat yang aman, untuk mengetahui di mana saja tempat yang aman kamu bisa bertanya kepada penjaga Curug Cikaso

 

LOKASI

Curug Cikaso Terletak di Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa barat, dengan jarak tempuh menurut google map dari suka bumiadalah sekiar 88,5 km dan waktu tempuh sekitar 2 jam 56 menit.

 

RUTE

Rute yang bisa di lalui untuk menuju Curug Cikaso dari arah sukabumi adalah : Sukabumi – jampang kulon – surade – cikaso

Curug Cikaso Sukabumi

Sumber : hargatiket.net

Untuk kamu yang menggunakan kendaraan umum bisa naik bus dari bandung atau sukabumi dengan jurusan surade, setelah sampai surade kemudian naik angkutan umum yang menuju Cikaso, kemudian turun di jalan raya Cikaso di simpang pertigaan curug, dari sini kamu akan perjalanan dengan berjalan kaki dengan jarak sekitar 2 km.

Setelah sampai lokasi parkir khusus wisatawan, kamu bisa berjalan kaki untuk menuju lokasi curug cikaso atau bisa dengan menyewa perahu  melewati jalur sungai dengan tarif sekitar Rp.60.000 / Perahu  dengan kapasitas perahu maksimal 10 orang.

 

FASILITAS

Fasilitas yang ada di Curug Cikaso diantaranya adalah Toilet, Ruang Ganti, Warung Makan, Toko Sovenir

 

JAM BUKA

wisata ini buka setiap hari dengan jam oprasioanal pada jam 08.00 – 18.00

 

HARGA TIKET

Untuk masuk Curug ini cukup membayar Rp. 27.000 / mobil di tambah Rp. 6.000 untuk parkir, sedangkan untuk pejalan kaki cukup Rp. 3.000 / orang, dan juga membayar uang kebersihan sebsesar Rp. 2.000 / orang.