Wisatarakyat.com – Selain pantai dan pura yang sudah terkenal, Bali juga memiliki keindahan danau yang tak kalah mempesona.

Danau tersebut dikenal sebagai Danau Batur, sebuah destinasi eksotis yang menjadi favorit baik bagi masyarakat lokal maupun wisatawan asing. Meskipun belum banyak yang mengetahui tentang pesona danau ini, namun kali ini akan diulas lebih lanjut tentang keajaiban Danau Batur.

Destinasi wisata bali ini menawarkan pemandangan alam yang memukau, dikelilingi oleh pegunungan yang menciptakan suasana sejuk. Wisatawan dijamin akan merasa betah berlama-lama menikmati keindahannya.

Destinasi alam ini merupakan pilihan tepat bagi mereka yang menginginkan ketenangan di luar kesibukan kota. Air danau yang berasal sebagian besar dari saringan air hujan melalui gunung menjadikan Danau yang berada di bali ini sebagai bagian dari Global Geopark Network atau Taman Bumi. Sebuah keajaiban alam yang memukau, bukan?

Lokasi Danau Batur Bali

Alamat tempat wisata ini tepatntnyta di Desa Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Dari kota Denpasar, perjalanan menuju Danau Batur memakan waktu sekitar 2 jam atau sejauh 64 kilometer.

Sementara itu, dari Singaraja, jarak yang ditempuh sekitar 58 km dengan waktu perjalanan 1,5 jam. Rute perjalanan akan melibatkan jalan berkelok-kelok karena keberadaannya yang dekat dengan gunung.

Untuk mencapai Danau Batur dari bandara Ngurah Rai, wisatawan dapat mengambil jalur By Pass Ngurah Rai menuju Jl. By Pass Ida Bagus Mantra dan kemudian ke Persimpangan jalan Pantai Siyut.

Harga tiket masuk Danau Batur Bali

  • Tiket Masuk  :    Rp15.000
  • Parkir Motor :    Rp5.000
  • Parkir Mobil        : Rp10.000
  • Parkir Bus            : Rp25.000
  • Tiket Masuk Hot Spring : Rp15.000,00
  • Berendam Air Panas       : Rp60.000,00
  • Sewa Kapal Pemancingan :          Rp100.000
  • Sewa Kapal Berkeliling   : Rp500.000
  • Penginapan        : Mulai dari Rp175.000
Baca Juga :  Ubud Palace, Destinasi Wisata Bangunan Bersejarah

Note : Perlu dicatat bahwa harga tiket dapat berubah sesuai kebijakan pengelola.

Jam Operasional

Tempat wisata ini buka 24 jam.

Daya Tarik

Asal Usul dan Kedalaman Danau Batur

Ribuan tahun lalu, letusan Gunung Batur membentuk danau dengan kedalaman mencapai 65 meter, yang kemudian dikenal sebagai Danau Batur. Danau ini menjadi danau terbesar di Pulau Dewata dan berada pada ketinggian sekitar 1.050 mdpl.

Luas dan Bentuk Danau yang Unik

Tempat rekreasi ini memiliki luas keseluruhan sekitar 16 kilometer persegi dan memiliki bentuk mirip bulan sabit jika dilihat dari ketinggian. Keunikan danau ini tidak hanya berasal dari asal usulnya, tetapi juga dari panorama alam yang memukau.

Panorama Alam yang Menyegarkan

Wisata Bali ini menawarkan pemandangan pegunungan dan perbukitan hijau yang menyeluruh. Suasana cerah, air danau kebiruan, dan angin sejuk semakin menambah daya tarik dan kenyamanan bagi pengunjung.

Perubahan Warna Air dan Status UNESCO

Keistimewaan lainnya adalah kemampuan air danau untuk berubah warna, yang disebabkan oleh kandungan belerang. Danau Batur diakui secara global oleh UNESCO sebagai bagian dari Global Geopark Network atau Taman Bumi Global.

Aktivitas Menarik di Danau Batur

Pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan danau tetapi juga berpartisipasi dalam aktivitas seru. Berkeliling danau dengan perahu menjadi pilihan menarik dengan biaya Rp. 500.000 per perahu untuk 10 orang.

Di sekitar danau, terdapat juga permandian air panas seperti Toya Bungkah dan Batur Natural Hot Spring dengan harga Rp. 15.000 per orang.

Desa Trunyan

Dekat dengan Danau Batur, terdapat Desa Trunyan yang dapat dijangkau dengan perahu kayu. Keunikan desa ini terletak pada adat istiadat Bali Mula yang tidak biasa, di mana jenazah tidak dikuburkan tetapi dibiarkan di atas tanah makam.

Baca Juga :  Wisata Silowo Tuban: Surga Tersembunyi di Jawa Timur

Pohon Taru Menyan dan Aroma yang Menyenangkan

Keberadaan Pohon Taru Menyan di Desa Trunyan membuat aroma tidak sedap dari jenazah tidak tercium. Pengunjung dapat mencoba sendiri fenomena ini dengan berkunjung ke desa adat ini dari lokasi wisata

Fasilitas

Tempat Kuliner

Restoran Apung Kintamani di Jalan Raya Kedisan, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, menawarkan berbagai hidangan laut dan kuliner khas Bali.

Penginapan

Beberapa pilihan penginapan di sekitar lokasi wisata yang meliputi The Cave Hotel, Hotel Segara & Restaurant, dan Lakeside Cottages dengan harga yang terjangkau.

Fasilitas Umum

Area parkir, wahana permainan, spot foto, resort dan villa, restoran dan cafe, warung wisata, serta toilet tersedia untuk kenyamanan pengunjung.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x