Wisatarakyat.comDesa Sembalun, sebuah destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, memiliki daya tarik yang tak bisa diabaikan. Dengan keindahan alamnya yang memukau dan keanekaragaman budayanya yang kaya, Desa wisata ini menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa daya tarik yang membuat Desa Sembalun begitu istimewa.

 

Lokasi Desa Sembalun

Sembalun Merupakan salah satu desa yang terletak di kaki Gunung Rinjani berbatasan dengan Desa Sembalun Timba Gading dan Desa Sajang di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Berada di ketinggian 1.150 meter di atas permukaan laut, memerlukan waktu sekitar 3 jam menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4 dari Kota Mataram atau 1,5 jam dari Kota Selong.

 

Harga Tiket Desa Sembalun

Untuk masuk kawasan wisata ini pengunjung cukup membayar Rp. 20.000

 

Catatan : Harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

 

Jam operasional

24 jam

 

Daya Tarik

  1. Keindahan Gunung Rinjani

 

Salah satu daya tarik utama Desa wisata ini adalah keberadaannya yang berdekatan dengan Gunung Rinjani, gunung tertinggi kedua di Indonesia. Dikenal sebagai tujuan pendakian yang populer, Gunung Rinjani menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan petualangan yang menantang bagi para pendaki. Desa Sembalun merupakan titik awal pendakian paling populer untuk mencapai puncak Gunung Rinjani, dengan pemandangan alam yang luar biasa sepanjang perjalanan.

 

  1. Persawahan Subak

 

Desa wistata ini juga dikenal dengan persawahan Subak yang subur dan indah. Pemandangan hijau yang luas dengan terasering persawahan yang indah menciptakan panorama yang memesona. Subak adalah sistem irigasi tradisional yang telah digunakan oleh masyarakat Sembalun selama berabad-abad. Anda dapat menjelajahi area persawahan ini, berinteraksi dengan petani setempat, dan belajar tentang budaya pertanian yang kaya di Desa Sembalun.

 

  1. Air Terjun Tiu Kelep

 

Air Terjun Tiu Kelep adalah salah satu daya tarik alam yang menakjubkan di lokasi wisata ini. Tersembunyi di tengah hutan tropis yang rimbun, air terjun ini menawarkan keindahan yang luar biasa. Suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian, hembusan angin yang segar, dan kolam air jernih yang mengundang untuk berenang membuat pengunjung terpesona. Untuk mencapai Air Terjun Tiu Kelep, Anda dapat melakukan perjalanan trekking yang menantang namun sangat memuaskan.

 

  1. Tradisi Budaya Sasak

 

Destinasi wisata ini juga merupakan rumah bagi masyarakat Suku Sasak, salah satu suku asli Lombok. Para pengunjung memiliki kesempatan untuk belajar tentang tradisi dan budaya Sasak yang kaya. Anda dapat mengunjungi desa-desa tradisional, menyaksikan tarian dan musik tradisional, serta mencoba makanan khas Sasak yang lezat. Interaksi dengan penduduk setempat akan memberikan wawasan yang mendalam tentang kehidupan dan warisan budaya yang unik di Desa ini.

 

  1. Keindahan Pantai Sembalun Lombok Timur

 

Meskipun dikenal dengan keindahan pegunungan dan persawahan, tempat wisata ini Sembalun juga memiliki pantai-pantai yang menawan.

 

 

Fasilitas

  • Area Parkir
  • Toilet
  • Penginapan
  • warung makan
Share: