Wisatarakyat.com – Jenis Beasiswa Kuliah di Korea Selatan Yang  Bisa dicoba! . Selain terkenal dengan industri musik, drama, make up dan fashionnya, ternyata Korea Selatan juga terkenal akan kualitas pendidikannya.Terbukti seiring dengan berjalannya waktu banyak warga dari berbagai negara yang berminat untuk kuliah di negeri ginseng tersebut salah satunya indonesia. Tersedia juga beasiswa kuliah di Korea Selatan.

 

Banyaknya program beasiswa di Korea Selatan dan yang ditawarkan oleh pemerintah Indonesia maupun pemerintah Korea Selatan sendiri. Bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di Korea Selatan dengan program beasiswa berikut adalah  jenis beasiswa kuliah di Korea Selatan yang bisa dicoba :

1.  Beasiswa BPI – LPDP

 

Beasiswa BPI ( Beasiswa Pendidikan Indonesia) merupakan salah satu program beasiswa kuliah di Korea Selatan yang dibiayai oleh pemerintah indonesia lewat jalur Pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional ( DPPN ) yang dikelola oleh Lembaga Pengelola dana Pendidikan (LPDP). Untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktor di Perguruan Tinggi di Korea Selatan maupun di Indonesia sendiri.

 

Pemerintah Indonesia juga memberikan beberapa pilihan universitas di Korea Selatan yang telah bekerja sama dengan LPDP  seperti Seoul National University, Korea University, Yonsei University, Kyung Hee University, Sungkyunkwan University, Ewha Woman University, dan Pohang University of Science and technology.

 

 2. Beasiswa BPP-LN dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

 

Bagi tenaga pendidik dan dosen yang mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi di lingkungan kemendikbud dan ingin melanjutkan jenjang pendidikan sebagai Magister dan Doktor, maka cari beasiswa bisa jadi solusi. Salah satunya ada beasiswa kuliah di Korea Selatan di Pukyong national University dan Youngsan university Korea selatan.

Baca Juga :  Rekomendasi 10 Web Backlink Gratis Untuk Anda

 

Anda bisa mendapatkan kesempatan beasiswa kuliah di Korea Selatan melalui Beasiswa pendidikan pascasarjana luar negeri (BPP-LN) yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI). Beasiswa ini meliputi berbagai fasilitas seperti biaya kuliah, biaya kebutuhan hidup dan lainnya.

 

3. Beasiswa S2 Luar Negeri Oleh Kementerian Kominfo

 

Dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik karyawan swasta maupun PNS yang ada di Indonesia, Kementerian Kominfo Republik Indonesia memberikan kesempatan belajar dalam bentuk beasiswa kuliah di Korea Selatan khusus untuk program studi S2.

 

Kementerian kominfo mengadakan dalam rangka membantu proses perkembangan

Masyarakat informasi indonesia dan untuk meningkatkan daya saing Sumber daya manusia di tingkat global melalui pendidikan formal.

4. Beasiswa KGSP

 

Korean Government Scholarship Program ( KGSP) adalah program beasiswa kuliah di Korea Selatan yang ditawarkan  oleh Pemerintah Korea Selatan untuk warga negara asing yang berminat untuk kuliah di negaranya. Pada program beasiswa ini pemerintah  menawarkan pembiayaan kuliah penuh untuk seluruh pelajar internasional termasuk pelajar dari indonesia.

 

Tidak heran beasiswa ini merupakan program beasiswa yang paling ditunggu dan banyak peminat untuk setiap tahun penerimaan mahasiswanya. Beasiswa KGSP ini dibuka untuk setiap tahunnya. Jadi, jika tahun ini belum lulus masih bisa mencobanya kembali di tahun yang akan datang.

 

 

5. Art Major Asian ( AMA) + Scholarship

 

Pemerintah Memberikan program beasiswa kuliah di Korea Selatan ini pada pelajar yang mempunyai bakat seni yang tinggi dan ingin mengembangkan pada institusi Korea National University of Arts ( K’ARTS). Ini merupakan universitas seni terkemuka di korea Selatan.Dalam program beasiswa ini pemerintah Korea Selatan menyediakan beasiswa secara penuh untuk studi S1 dan juga S2.

Baca Juga :  Bahaya Paling Umum Saat Berkendara dan Cara Menghindarinya

 

Adapun program studi yang ditawarkan seperti vocal music, Instrumental music, composition, conduction, acting, directing, stage design, filmmaking, broadcasting, multimedia, animation, cinema studies, dance performance, choreography, dance theory, fine arts, design, arts theory, architecture dan masih banyak lagi.

6. UNIST Undergraduate Scholarship

 

Beasiswa kuliah yang satu ini merupakan beasiswa yang ditawarkan oleh salah satu universitas negeri terbaik di Korea Selatan yang didedikasikan di bidang sains dan teknologi yakni Ulsan National Institute of Science and Technology  (UNIST) . Untuk kuota  terbatas karena untuk setiap tahunya UNIST hanya menerima 15 siswa saja.

 

Walaupun begitu, benefit yang didapat dari beasiswa ini memang cukup menarik yaitu gratis biaya kuliah penuh apabila IPK yang didapat memenuhi standar penerimaan beasiswa ini.

Benefit akan terus bertambah apabila setiap tahunya IPK yang didapat terus bertambah atau ada peningkatan.

 

Di universitas ini jurusan yang tersedia cukup banyak seperti Ilmu pengetahuan alam, ilmu dan teknologi hayati, teknik elektro, teknik komputer, teknik lingkungan, administrasi bisnis, keuangan dan ekonomi,dan arsitektur.

 

 

Demikianlah pembahasan tentang beberapa jenis beasiswa kuliah di Korea Selatan yang bisa dicoba. Sebelum melanjutkan kuliah di universitas ada baiknya untuk mempertimbangkan terlebih dahulu tentang beasiswa apa yang akan diambil secara rinci dan teliti. Hal ini agar bisa tau apa saja benefitnya sehingga bisa mengoptimalkan dengan baik.

 

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x