Wisatarakyat.com – Indonesia, dengan kekayaan alamnya yang tiada tara, telah menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun internasional. Dari gunung, laut, hingga dataran tinggi, hutan, dan lembah, keindahan alamnya sungguh memukau.

Salah satu destinasi yang menarik perhatian di Pulau Jawa, khususnya di Jawa Timur, adalah Kota Malang. Kota ini memiliki pesona tersendiri yang memikat hati para pengunjung dari berbagai belahan dunia.

Lokasi Kebun Teh Wonosari

Agrowisata Kebun Teh Wonosari, sebuah destinasi wisata yang memikat, terletak di antara Malang dan Surabaya, berada di Kaki Gunung Arjuno, Desa Tirtomoyo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dengan jarak sekitar 30 km dari pusat kota Malang, lokasinya mudah dijangkau.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Wonosari

Tiket Masuk

  • Hari Biasa: Rp 15.000
  • Akhir Pekan: Rp 20.000

Tiket Masuk Kolam Renang

  • Hari Biasa: Rp 10.000
  • Akhir Pekan: Rp 12.000

Tour Pabrik

  • 1-2 Orang dan Guide: Rp 50.000
  • 3 Orang ke atas dan Guide: Rp 60.000

Harga Wahana

  • Kereta Kelinci, Sepeda Gunung per 30 Menit, Kuda Wisata, Flying Fox, Mobil Remote, Mobil ATV 2 Putaran, Scooter: Rp 10.000 – Rp 50.000

Catatan : Harga Tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Jam Operasional

Agrowisata Kebun Teh Wonosari buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Daya Tarik

Sejarah

Kebun teh ini didirikan pada tahun 1910 di bawah naungan perusahaan Belanda bernama NV. Culture Maathappy.

Awalnya, kebun ini ditanami dengan teh dan kina, tetapi saat penjajahan Jepang, sebagian tanaman diubah menjadi makanan pokok seperti singkong, ubi, kentang, dan jenis umbi-umbian lainnya.

Setelah kemerdekaan, pemerintah Indonesia mengambil alih kebun ini di bawah naungan PT. Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII), yang hingga sekarang masih mengelola kebun tersebut.

Baca Juga :  Candi Ijo Jogja, Tempat Berwisata Sambil Belajar Sejarah

Mengingat lokasinya yang berada di dataran tinggi dan kondisi tanah yang lembab, PTPN XII memilih fokus pada tanaman teh dan kopi. Produk utama yang dihasilkan dari kebun ini adalah Teh Rolas.

Wisata Edukasi

Selain sebagai kebun teh, tempat ini juga dibuka untuk wisata. Pengunjung dapat belajar tentang proses penanaman dan pengolahan teh secara langsung, bahkan mengunjungi pabrik pengolahannya.

Tea Walk

Pengunjung dapat menjelajahi kebun ini dengan berjalan kaki, menikmati keindahan alamnya sambil merasakan udara pegunungan yang segar.

Flying Fox

Bagi yang mencari tantangan, tersedia permainan flying fox yang memacu adrenaline pengunjung.

Berkuda

Selain berjalan kaki, pengunjung juga dapat mengeksplorasi kebun ini dengan berkuda, memberikan pengalaman yang berbeda dan menyenangkan.

Paint Ball

Permainan strategi paintball tersedia di tempat ini, menawarkan keseruan dan tantangan bagi pengunjung yang menyukai permainan tersebut.

Kolam Air Hangat

Pengunjung dapat merasakan kehangatan dengan berendam atau berenang di kolam air hangat yang tersedia di kawasan ini.

ATV Riding

Selain berjalan kaki atau berkuda, pengunjung juga dapat menikmati berkeliling menggunakan ATV yang tersedia. Kendaraan off-road ini cocok untuk menjelajahi medan kawasan yang beragam.

Lokasi Pernikahan

Kawasan ini juga dapat disewa sebagai lokasi pernikahan, menawarkan suasana alam yang indah sebagai latar belakang pernikahan yang romantis.

ATV untuk Anak-Anak

Untuk pengunjung yang lebih muda, terdapat permainan yang lebih aman seperti ATV mini, sehingga anak-anak juga dapat menikmati pengalaman rekreasi yang menyenangkan di kebun teh ini.

Fasilitas

Agrowisata Kebun Teh Wonosari dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, termasuk:

  • Area parkir luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Restoran
  • Toko souvenir

Penginapan

Untuk menginap, tersedia beragam pilihan penginapan seperti Penginapan Rollaas (400 meter), Arjuna View Villa Lawang (3,6 km), dan RedDoorz Lawang (8,4 km) yang akan membuat pengalaman liburan Anda semakin menyenangkan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x