Jika kamu berlibur ke Wisata Jogja, jangan pernah lupakan kuliner yang khas dan lezatnya ya!. Jogja bukan hanya terkenal dengan tempat wisatanya yang indah, tetapi karena juga memiliki wisata kuliner yang sangat lezat, dan populer di kalangan wisatawan. Dan salah satunya yang populer adalah gudeg.

Tak hanya itu, Jogja juga miliki sate yang unik. Jika kamu ada planning berlibur ke sana, dan mau mencicipi aneka kuliner khasnya, berikut wisatarakyat akan memberi rekomendasi kuliner wajib di Jogja.

Ayo Cicipi Kuliner Wajib di Jogja Paling Enak!

1. Sate Kere

Tidak hanya terkenal di kota lain, Jogja juga punya kudapan sate yang khas, yakni Sate Kere yang berada di kawasan Malioboro, tepatnya berada di sekitaran Pasar Beringharjo. Sate kere adalah sate yang berbahan dasar jeroan sapi, tepatnya bagian koyor atau lemak yang menempel pada daging sapi.

Nama dari Sate Kere kabarnya berasal dari lokasi penjualan, yang terletak di emperan pasar dan harganya yang murah meriah. Makanya, masakan ini termasuk kuliner jogja murah. Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa kere artinya ‘Miskin’. Memang di zaman dulu sate kere hanya dikonsumsi oleh rakyat kalangan bawah.

Dan menurut sejarahnya, sate kere dahulu juga terbuat dari tempe gembus dan ampas tahu. namun kini sate kere sudah dilengkapi dengan jerohan sapi. Seporsi sate kere biasanya disajikan dengan beberapa tusuk sate jerohan sapi, gembus, tempe, dan juga disajikan dengan lontong, dan bumbu kacang.

Sate Kere Mbak Tug ini juga jadi salah satu warung sate langganan presiden Joko Widodo. Buka pukul 13.00-16.30 Wib, warung ini ada di Jalan Arifin, sebelah Es Nini Thowong. Sedangkan malam hahana harinya, mereka buka di depan Gua Maria Mojosongo.

Booking.com

2. Oseng Mercon

Makanan pedas ini seperti jadi primadona baru di Jogja, selain Gudeg. Seluruh pelancong hampir tak pernah melewatkan masakan pedas Oseng Mercon khas Bu Narti. Buka mulai pukul 18.00 Wib, pelancong bisa memilih 8 menu oseng yang ada.

Untuk menambah kelezatan, oseng-oseng bisa ditambahkan dengan menu lainnya, seperti ayam, telur, tahu atau tempe. Racikan bumbu yang meninggalkan sensasi pedas yang khas, membuat masakan ini punya banyak pelanggan.

Oseng Mercon Bu Narti beralamat Jl. Kh. Ahmad Dahlan No.110, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta.

3. Gudeg Bromo

Berbeda dengan Gudeg Jogja pada umumnya yang terkenal dengan rasa manisnya, Gudeg bromo memberikan variasi gudeg yang berbeda, yaitu menyajikan rasa gudeg yang pedas. Pengunjung bisa memilih ayam dan taraf kepedasan sesuai selera. Letaknya yang di pinggir jalan, menambah suasana jadi lebih syahdu.

Saking terkenal dengan kelezatannya, Gudeg Bromo selalu ramai dikunjungi pada malam hari. Lokasi gudeg ini di Jalan Affandi No 2-A jam, dan buka dari 11 malam sampai 5 pagi.

4. SGPC Bu Wiryo

SGPC adalah singkatan dari kata Sego Pecel atau nasi pecel. Kuliner satu ini merupakan salah satu masakan legendaris sejak tahun 1959. Pilihan lauknya yang beraneka, membuat pengunjung bisa memilih sesuai selera.

Baca Juga:

Di antaranya  tempe, telor ceplok, sate usus, sate telur puyuh, sate usus, dan ayam goreng. Bukan hanya cita rasa nusantara, kamu juga bisa merasakan suasana Jogja zama dulu, musik keroncong, sampai musik nostalgia.

SGPC beralamat di Jl. Agro CT VIII Klebengan, Selokan Mataram, dan buka pukul 07.00-20.00 Wib. Itulah 4 masakan wajib di Jogja yang lezat dan popular, untuk dicoba. Selamat berlibur!

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *