Berwisata merupakan pilihan yang tepat untuk menghilangkan penat dari kegiatan sehari-hari, tempat wisata Indonesia sangat banyak yang memungkinkan warganya untuk memilih sesuai dengan selera masing-masing, dari pantai, bukit, goa museum semunya ada, dan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk di kunjungi adalah Museum Geologi Bandung.

Museum Geologi Bandung

Sumber : travelingyuk.com

 

Museum Geologi Bandung adalah Museum bersejarah yang dimiliki oleh bandung, Museim ini di bangun pada tanggal 16 Mei 1928 dengan nama Geologish Laboratorium dan kemudian dinamakan juga geologisch Museum, pada tahun 1999 gedung ini di tutup karena akan di renovasi dengan bantuan dana dari Japan International Cooperation Agency ( JICA), kemudian pada tanggal 23 Agustus 2000 Museum ini resmikan oleh Presiden Republik Indonesia yang menjabat saat itu Ibu Megawati Soekarno Putri dan di damping Oleh Mentri Pertambangan Dan Energi Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Baca Juga : Pantai Pelabuhan Ratu

DAYA TARIK

Ruang Geologi

Di raungan ini pengunjung akan di jelaskan tentang asal mula bumi, struktur dan pergerakan kerak bumi, batuan, mineral, pelapukan, erosi, geologi pulau-pulau yang berada di Indonesia, gunung Merapi dan kars, bahkan di ruangan ini juga di lengkapi dengan video interaktif

 

Ruang Sumber Daya Geologi

Pada ruangan ini terdapat delapan sudut peragaan yaitu Pengenalan Sumber Daya Geologi, Mineral Logam, Mineral Non Logam, Batu Mulia, Minyak dan Gas, Batubara, Panas Bumi dan Sumber Daya Air.

Museum Geologi Bandung

sumber : wisataidn.com

Ruang Manfaat & Bencana Geologi

Dan di ruangan ini pengunjung akan mendapatkan informasi tentang pemanfaatan sumber daya geologi dari zaman prasejarah, zaman sejarah dan zaman modern, dan juga informasi tentang bencana-bencana geologi (tsunami, gunung berapi, gempa bumi, tanah longsor ).

Baca Juga : Tangkuban Perahu Yang melegenda

Ruang Dokumentasi dan Koleksi

Museum Geologi bandung menyimpan banyak sekali koleksi-koleksi baik mineral, fosil, batuan atupun artefek, kolesksi yang tersimpat tersebut dikumpulkan dari zaman belanda hingga zaman sekarang.

 

Ruang Sejarah Kehidupan

Pada ruangan ini terbagi menjadi empat sudut peraga yaitu pra kabrium dan paleozoikum, Mesozoikum, Kenozoikum, yang terdiri dari zaman tersier dan juga zaman kuarter, dan ada juga 1 sudut fosil yang di gunakan untuk memahami peragaan dan informasi yang di sajikan, bahkan ada juga informasi yang menjelaskan tentang terbentuknya kota bandung, serta peninggalan artefak dan fauna yang hidup didalamnya.

 

Baca Juga : Pantai Ujung Genteng

FASILITAS

Fasilitas yang ada di museum Geologi Bandung juga sudah tergolong lengkap di antarnya adalah Muhsola, audhitorium, Toilet, poliklinik, took souvenir, dan juga ada ruang edukasi yaitu sebuah ruangan yang di gunakan untuk edukasi dan diskusi tentang geologi yang sangat cocok untuk rombongan pelajar, kapasitas ruangan ini adalah sekitar 40 orang dan sebagai catatan untuk menggunakan ruangan ini harus pemberitahuan sebelumnya kepada pengelola.

 

LOKASI

Museum Geologi Bandung terletak di Jl. Diponegoro No. 57, Kelurahan Ciheur Geulis, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat.

 

RUTE

Rute 1 : Jl. Terusan buah batu – Jl. Buah Batu – Jl. Pelajar Pejuang 45 – Jl. Laswi – Jl. Sukabumi – Jl. Jakarta – Jl. Wr Supratman – Jl. Diponegoro – Museum Geologi Bandung

Rute 2 : Jl. Dr. Djunjunan – Flyover Pasopati – Jl. Surapati – Jl. Sentot Alibasjah – Jl. Diponegoro – Museum Geologi Bandung

 

JAM BUKA

Senin – Kamis Jam 08. 00 – 16.00 WIB
Sabtu – Ahad Jam 08. 00 – 14.00 WIB

 

HARGA TIKET

Anak-anak Rp. 2.000
Pelajar Rp. 2.000
Dewasa Rp. 3.000
Wisatawan Asing Rp. 10.000

 

Catatan : Harga tiket masuk bisa berubah sesuai kebijakan pengelola