Wisatarakyat.com – Jakarta, sebagai kota besar yang modern dan mewah, punya banyak tempat seru dan taman hiburan. Tapi, ternyata, Jakarta juga punya tempat yang menyimpan kisah-kisah berharga, lho. Salah satunya adalah Museum Satria Mandala yang menceritakan perjuangan Bangsa Indonesia.

Kalau kamu penasaran atau mau ajak keluarga belajar sejarah Indonesia, coba deh kunjungi museum ini. Di sana, ada berbagai senjata, alat militer, dan panji-panji yang bikin kita seolah-olah ikut dalam zaman perang. Selain itu, kita juga bisa lihat tank dan pesawat tempur yang keren. Sayangnya, kapal-kapal TNI AL ada di Museum Bahari di Jogja. Oh iya, kalau kamu mau ke Jogja tapi pengen hemat, coba deh beli paket wisata Jogja dari Salsa Wisata.

Lokasi Museum Satria Mandala

Museum Satria Mandala terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Museum ini berada di kompleks Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Harga Tiket Museum Satria Mandala

Harga tiket masuk adalah sebagai berikut:

  • Dewasa: Rp 20.000
  • Anak-anak: Rp 10.000
  • Rombongan (minimal 25 orang): Rp 15.000 per orang

Catatam: Harga tiket bisa berubah, tergantung kebijakan tempat wisata.

Jam Operasional

Museum ini buka setiap hari, kecuali hari Senin. Jam operasionalnya adalah sebagai berikut:

  • Selasa-Minggu: 08.00-17.00 WIB

Daya Tarik Wisata

Secara khusus, museum ini menghadirkan pengalaman yang mendalam melalui beberapa sektor unggulan, termasuk di antaranya:

1.      Diorama Perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Langkah pertama pengunjung dalam menjelajahi museum ini adalah melalui diorama yang memukau, menampilkan perjalanan sejarah heroik Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Melalui representasi visual yang hidup, diorama ini mengajak kita merenung dalam peristiwa bersejarah yang membentuk jalan panjang menuju kemerdekaan.

2.      Galeri Senjata

Galeri senjata di Museum Satria Mandala memamerkan koleksi senjata yang mencakup berbagai jenis, mulai dari pistol elegan hingga senapan taktis dan meriam berukuran besar. Melalui penataan yang cermat, pengunjung dapat menelusuri evolusi teknologi pertahanan yang mencerminkan perubahan zaman dan tuntutan keamanan nasional.

3.      Melihat Lebih Dekat

Daya tarik lainnya adalah koleksi kendaraan tempur yang mencakup tank tangguh, pesawat terbang megah, dan kapal perang yang mengesankan. Tidak hanya sebagai alat perang, namun setiap kendaraan ini juga menjadi saksi bisu dari inovasi teknologi militer pada zamannya, menciptakan cerita yang mendalam tentang keberanian dan keuletan.

Fasilitas yang Disediakan

Museum Satria Mandala menyediakan berbagai fasilitas untuk pengunjung, antara lain:

  • Ruang pamer
  • Perpustakaan
  • Ruang audio-visual
  • Ruang serbaguna
  • Kantin
  • Toilet
Share: