Wisata rakyatSedang bingung ingin pergi liburan kemana? Coba saja untuk berkunjung ke objek wisata Riau. Tidak ada salahnya jika kamu mengunjungi tempat-tempat tersebut bersama keluarga, atau orang-orang tersayang, karena beberapa objek wisata tersebut akan memanjakan kamu dengan barbagai aktivitas seru dan pemandangan yang membuat mata enggan berkedip.

Perlu diketahui, jumlah kunjungan wisatawan objek wisata Riau juga cukup tinggi akhir-akhir ini. Selain tujuan perjalanan, biaya akomodasi juga relatif murah dan menguntungkan terutama bagi wisatawan lokal. Lantas, apa saja  destinasi wisata di Riau yang wajib dikunjungi? Di bawah ini kita akan memberikan rekomendasinya.

6 Objek Wisata Riau! Cocok untuk Mengisi Waktu Liburan

1. Pantai Rupat

Sebagai wisata alam, Pantai Rupat merupakan tempat wisata yang populer di musim liburan. Pantai ini merupakan salah satu pantai terbaik dan salah satu tempat wisata yang dicari masyarakat Riau, karena terbilang cukup langka.  Mengapa begitu? Karena pasir pantainya yang berwana putih itu mengeluarkan suara saat disapu.

2. Ombak Bono

Wisata alam lain yang populer di Riau adalah Ombak Bono. Bagi peselancar air, ombak Bono merupakan tantangan baru yang wajib di coba. Selain itu, destinasi wisata ini merupakan tempat selancar terbaik di dunia.

Menariknya ombak biasanya terjadi di pantai, namun di tempat ini Ombak Bono merupakan fenomena alam yang terjadi di sungai Kampar. Ombak tersebut bergerak dari muara Kamparjoki dan terus 60 km ke hulu desa Teluk Meranti.

3. Istana Siak

Sebagai wisata sejarah, Kompleks Wisata Istana Siak juga memiliki lebih banyak tempat wisata di dekatnya. Ketika musim liburan, ada banyak orang yang menghabiskan waktunya di tempat wisata ini, sehingga Istana Siak selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat liburan.

Setiap hari pengunjung datang berbondong-bondong, baik dari masyarakat setempat maupun dari luar. Selain itu, saat wisata sungai dibuka dengan perahu dan perahu yang disediakan pengelola, sehingga wisatawan akan betah menikmati pemandangan Sungai Siak.

4. Lubuk Bigau Batang Kapas

Riau memiliki air terjun tertinggi nomor 5 di Indonesia dan air terjun tertinggi di Sumatera yaitu Air Terjun Batang Kapasi, meskipun dikenal sebagai daerah yang sebagian pesisir dan cukup datar di lahan gambut. Wisata air terjun ini berlangsung di desa Lubuk Bigau di Kampir Kiri. Untuk mencapainya, Anda membutuhkan kekuatan untuk mendaki dan Anda harus tinggal di tempat tempat tidur terpanjang di dunia berada.

5. Candi Muara Takus

Sebagai bagian dari aktivitas wisata sejarah Riau, Candi Muara Takus di Kabupaten Kampar sangat cocok dijadikan tempat wisata saat musim liburan. Lokasi candi ini berada di tepi Sungai Kampar dan tidak jauh dari pusat kota Pekanbaru. Bagi warga kota Pekanbaru, tempat ini merupakan wisata alternatif karena merupakan satu-satunya candi yang ada di Riau.

Baca juga: Eksplorasi Keindahan Lembah Harau: Menyusuri Keajaiban Alam Sumatera Barat

6. Taman Nasional Teso Nil

Sebagai wisata alam dan wisata khusus, Taman Nasional Teso Nilo di Pelalawan banyak dikunjungi wisatawan. Berbagai pemandangan flora dan fauna langka di hutan wisata ini menawarkan tempat menginap bagi wisatawan. Tak heran jika Taman Nasional Teso Nilo juga menjadi rumah bagi banyak pohon sialanga untuk lebah.

Dan itulah 6 tempat wisata yang ada di Riau. Tertarik untuk berkunjung? Jangan lupa untuk menyiapkan akomodasi terbaik saat akan bepergian. Perhatikan juga barang bawaan agar tetap aman dan nyaman. Selamat berlibur!

 

Share: