Wisatarakyat.com – Pura Ulun Danu Bratan merupakan salah satu objek wisata religi yang terkenal di Bedugul, Bali. Pura yang terapung di atas Danau Bratan ini menawarkan pemandangan alam yang eksotis dan menarik untuk dieksplorasi saat liburan ke Pulau Dewata.

Pulau Dewata, Bali, tidak hanya memamerkan pesonanya melalui objek wisata pantainya. Pura Ulun Danu Bratan adalah sebuah tempat yang menakjubkan di perairan Bedugul. Keindahan alam yang beragam di Bali ini adalah tujuan liburan yang sempurna untuk akhir pekan.

Objek wisata religi ini terkenal tidak hanya di Tabanan, Bali, tetapi juga di luar negeri. Pemandangan pura di atas Danau Bratan ini mirip dengan gambar yang terdapat di lembar uang lima puluh ribu rupiah. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika tempat ini selalu ramai dengan pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri.

Tawaran pemandangan yang dimiliki tempat ini berbeda dengan objek wisata lainnya di Bali. Jika kebanyakan tujuan wisata di Pulau Dewata ini adalah wisata pantai, kini kita dapat menikmati keindahan perairan di daerah pegunungan yang sejuk. Pengelola tempat ini telah menyediakan berbagai aktivitas menarik dan fasilitas untuk menunjang kegiatan liburan para wisatawan.

Lokasi & Rute Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan terletak dengan mudah dijangkau. Kawasan wisata ini berada di pegunungan, tepatnya di Bedugul, kecamatan Batiriti, kabupaten Tabanan. Anda dapat menemukan objek wisata ini dengan mudah karena letaknya di pinggir jalan raya yang cukup ramai dilalui kendaraan dari arah Tabanan dan Buleleng. Selain itu, terdapat papan petunjuk menuju lokasi di setiap jalan.

Anda dapat berangkat dari Denpasar dan menuju ke arah utara melalui jalur darat Denpasar-Bedugul. Setelah sampai di Bedugul, perjalanan dilanjutkan menuju Danau Beratan dengan mengikuti petunjuk arah. Setibanya di kawasan danau, Anda dapat menyeberang menggunakan perahu menuju ke kawasan pura tersebut.

Jarak tempuh dari Denpasar ke Bedugul adalah sekitar 60km dan memakan waktu sekitar dua jam. Meskipun perjalanan cukup panjang, para wisatawan tidak akan merasa bosan karena dikelilingi oleh pepohonan hijau dan udara sejuk yang menyegarkan.

Harga Tiket Masuk Pura Ulun Danu Bratan

  • Dewasa Internasional: Rp 75,000 per orang
  • Anak-anak Internasional (5-10 tahun): Rp 50,000 per orang
  • Dewasa Domestik (Senin-Jumat): Rp 40,000 per orang
  • Dewasa Domestik (Sabtu-Minggu) dan Hari Libur Nasional: Rp 50,000 per orang
  • Anak-anak Domestik (5-10 tahun): Rp 20,000 per orang
  • Dewasa (KTP Bali): Rp 30,000 per orang
  • Anak (KTP Bali) (5-10 tahun): Rp 20,000 per orang

Catatan: Harga tiket dapat berubah sesuai kebijakan pengelola.

Jam Operasional

07.00 – 19.00 WIB

Daya Tarik Wisata

Pemandangan Pura yang Indah

Wisatawan mengambil paket wisata ke Pura Ulun Danu Bratan terutama karena keindahan pemandangan puranya. Dengan sudut pandang yang berbeda, wisatawan bisa mengambil gambar yang menakjubkan dari pura yang menjulang tinggi dekat danau, dengan latar belakang gunung yang asri.

Udara Sejuk dan Dingin

Terletak di ketinggian 1.239 meter di atas permukaan air laut, kawasan Danau Bratan menawarkan udara sejuk dan dingin, terutama saat pagi dan sore hari. Hal ini menjadikan perjalanan wisata menjadi nyaman dan menyegarkan bagi para pengunjung.

Kesempatan untuk Berswafoto

Wisatawan dapat mengambil foto secara ramai-ramai atau berswafoto dengan latar belakang pura yang indah. Selain itu, kawasan ini juga menjadi tempat sesi fotografi profesional, termasuk sesi foto prewedding, karena suasana yang menarik dan pemandangan yang memukau.

Penjelajahan Danau

Paket wisata Pura Ulun Danu Bratan juga menawarkan kesempatan untuk menjelajahi danau dengan menyewa perahu. Dengan perahu ini, wisatawan dapat menikmati keindahan dan ketenangan danau serta pemandangan sekitarnya dari ujung ke ujung.

Menikmati Alam Pegunungan dan Taman Sekitarnya

Selain menikmati pura dan danau, wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam pegunungan dan taman di sekitarnya. Di sini, mereka dapat melihat rusa dan kijang yang berkeliaran bebas serta menikmati keindahan taman dan lingkungan alaminya.

Arsitektur dan Sejarah Pura

Pura Ulun Danu Bratan memiliki desain arsitektur yang unik dan menarik, serta memiliki nilai sejarah yang kental. Dibangun pada tahun 1634 oleh I Gusti Agung Putu, pura ini menjadi tempat penting dalam memuja Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki ciri khas arsitektur Bali yang khas.

Keunikan Danau Bratan

Danau Bratan yang tenang dan jernih menambah daya tarik wisata Pura Ulun Danu Bratan. Suasana alam yang sunyi dan perairan yang tenang membuat tempat ini cocok untuk menenangkan diri dari kegiatan sehari-hari dan menyegarkan pikiran.

Aktivitas Watersport dan Memancing

Di sekitar danau, tersedia berbagai aktivitas watersport seperti speedboat, kayak, dan juga memancing. Namun, wisatawan perlu berhati-hati dan memperhatikan peraturan keselamatan yang berlaku, terutama bagi mereka yang tidak pandai berenang.

Fasilitas

  • Toilet
  • Tempat parkir
  • Tempat ibadah
  • Pusat oleh-oleh
  • Penyewaan perahu, speedboat, dan alat pancing

Share: