Wisatarakyat.com – Pura Luhur Uluwatu, meskipun kurang dikenal di kalangan masyarakat lokal, telah menjadi salah satu lokasi wisata yang sering terlewatkan di Bali. Namun, para wisatawan mancanegara justru menunjukkan minat yang tinggi untuk menjelajahi keindahan pura-pura di Indonesia. Bali memiliki Pura yang melimpah, menawarkan destinasi wisata yang tak terlupakan, seperti Pura Ulun Danu Bratan yang terkenal.

Terletak di tepi bukit karang, Pura Uluwatu memperkaya keberagaman pura Hindu di Bali. Dengan ketinggian sekitar 97 meter di atas permukaan laut, pura ini memiliki daya tarik yang unik dan menarik perhatian wisatawan.

Lokasi dan Akses Menuju Pura Uluwatu

Alamat Pura ini terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Diperlukan sekitar 1 jam perjalanan dari Bandara Ngurah Rai menggunakan kendaraan bermotor.

Jalur utama menuju lokasi tempat ini adalah melalui jalan Raya Uluwatu dengan jarak sekitar 29.3 km atau sekitar 1 jam 7 menit perjalanan. Untuk menemukan rute tercepat, bisa menggunakan aplikasi peta di smartphone untuk menemukan arah terdekat.

Harga Tiket Masuk Pura Uluwatu

  • Tiket Masuk Dewasa: Rp30.000
  • Tiket Anak: Rp20.000
  • Tiket Pertunjukan Tari Kecak Dewasa: Rp150.000
  • Tiket Pertunjukan Tari Kecak Anak: Rp75.000
  • Parkir Mobil : Rp. 5.000
  • Parkir Motor : Rp. 2.000

Catatan : Harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Jam Operasional

Tempat wisata ini buka mulai pukul 07.00 -19.00

Daya Tarik

Keindahan Alam yang Memukau\Pura Uluwatu menawarkan pesona alam yang tak tertandingi, terletak di atas batu karang dengan ketinggian sekitar 97 meter di atas permukaan laut. Pemandangan Samudra Hindia yang luas dan hamparan ombak yang menenangkan menambah daya tarik tempat ini.

Asal Usul dan Sejarah

Awalnya, Pura Uluwatu adalah tempat pemujaan Empu Kuturan, yang menurunkan ajaran desa adat Bali. Kemudian, menjadi tempat pemujaan Dang Hyang Niratha, seorang pendeta suci, yang menjadikan pura ini sangat disucikan dan disakralkan dengan segala ritualnya.

Eksotisme yang Menakjubkan

Meskipun tempat ini dipenuhi dengan aura sakral, Pura Uluwatu juga menampilkan sisi eksotisnya. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang romantis, termasuk pemandangan Samudra Hindia yang luas dan hamparan ombak yang menenangkan di bawah tebing.

Baca Juga :  Air Terjun Yeh Hoo Bali, Wisata Alam Bernuansa Damai

Spot Surfing yang Terkenal

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat melihat peselancar beraksi di bawah pura. Dengan ombak yang kuat dan berarus tinggi, tempat ini telah menjadi favorit bagi peselancar internasional.

Pertunjukan Tari Kecak

Pura Uluwatu terkenal dengan pertunjukan tari Kecak, tarian tradisional Bali yang dilakukan oleh penari laki-laki. Pertunjukan ini dapat dinikmati setiap hari pukul 18.00 – 19.00 WITA, kecuali saat Hari Raya Nyepi. Biaya masuk untuk menonton pertunjukan ini cukup terjangkau, meskipun pengunjung perlu berhati-hati terhadap monyet-monyet nakal di sekitar tempat tersebut.

Fasilitas

Selain area parkir, Pura Uluwatu juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti warung, restoran, dan kafe untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Berbagai pilihan akomodasi juga tersedia di sekitar pura untuk memudahkan perjalanan wisatawan.

Dengan segala keunikan dan keindahannya, menjelajahi Pura Uluwatu menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung yang datang ke Bali.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x