Wisatarakyat.com – Situ Wulukut terletak di tengah hutan, persis di ujung Desa Kertayuga, menawarkan suasana yang nyaman, damai, dan tenang. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi terutama di akhir pekan dan sangat cocok sebagai tempat hulang-healing sambil berburu foto keren.

Lokasi Situ Wulukut Kuningan

Destinasi wisata ini terletak di Desa Kertayuga, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Perjalanan dari pusat kota Kuningan membutuhkan waktu sekitar 20 hingga 30 menit.

Jalur menuju lokasi wisata dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun, dekat dengan area situ, jalan hanya cukup untuk satu mobil, sehingga banyak pengunjung yang memilih menggunakan sepeda motor.

Dari Alun-Alun Kuningan, arahkan kendaraan ke Jalan Aria Kamuning, belok kiri ke Jalan Veteran, kemudian ke Jalan Nanggeleng – Cirahayu/Jalan Raya Cigadung.

Masuk ke arah kiri saat melihat gapura untuk mencapai Desa Nusaherang. Teruskan perjalanan hingga mencapai Windusari, dan teruskan lagi hingga akhirnya sampai di Desa Kertayuga. Belok kiri di Kantor Desa Kertayuga dan terus lurus hingga sampai di tempat tiket masuk Situ Wulukut.

Harga Tiket Masuk Situ Wulukut Kuningan

  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-
  • Parkir motor: Rp. 2.000,-
  • Parkir mobil: Rp. 5.000,-

Jam Operasional

Jam Buka setiap situ walukut adalah setiap hari Senin hingga Minggu dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Daya Tarik

Asal Usul dan Transformasi Situ Wulukut

Situ Wulukut merupakan danau buatan yang dibangun pada tahun 2005, berfungsi sebagai sarana pengairan sawah, dan penyedia air bagi masyarakat sekitar.

Dengan daya tariknya, tempat ini menjadi destinasi wisata yang populer di Kuningan, Jawa Barat, menawarkan pengalaman hulang-healing yang jauh dari kebisingan kota dan polusi kendaraan.

Keindahan Alam Situ Wulukut

Situ Wulukut menyajikan pemandangan pesawahan hijau, kicau burung, hutan rimbun, dan pegunungan yang memukau. Berlibur di sini akan memberikan kesegaran pikiran dan tubuh, dimanjakan oleh panorama alam yang indah.

Danau yang tenang bisa dinikmati dengan naik perahu, sementara suasana tidak terlalu ramai memungkinkan liburan santai tanpa kerumunan.

Tempat Piknik yang Menyenangkan

Situ Wulukut juga direkomendasikan sebagai tempat piknik. Pengunjung dapat membawa bekal makanan dan minuman favorit, menikmati suasana asri di hamparan rumput. Kombinasi makanan lezat dan keindahan danau menciptakan momen liburan yang tak terlupakan.

Spot dan Kegiatan Wisata Menarik

Destinasi wisata jawa barat ini menawarkan beragam spot dan kegiatan wisata. Keindahan danau yang jernih, suasana tenang, dan suhu dingin menciptakan pengalaman yang menyegarkan.

Pengunjung dapat menikmati spot foto alam yang indah, serta mengeksplorasi tempat piknik dengan pemandangan sawah hijau yang rindang dan sejuk.

Foto Instagramable dan Panorama Ranu Kumbolo

Tempat wisata ini memiliki spot foto Instagramable seperti tempat duduk bunga matahari, perahu kayu, dan papan foto di tengah danau.

Pengunjung dapat menjelajahi semua spot secara gratis. Panorama danau, hutan rindang, dan dua bukit indah di sekitarnya membuat banyak orang menyebutnya mirip ranu kumbolo.

Piknik di Rerumputan Hijau

Piknik di Situ Wulukut memberikan pengalaman yang berbeda dengan hamparan rumput hijau yang lembut.

Area piknik menawarkan panorama sawah hijau yang rindang, menciptakan suasana yang sejuk. Hamparan rumput ini juga nyaman untuk bersantai, berlarian, dan berfoto atau membuat video estetik.

Fasilitas

Meskipun masih terbatas, Situ Wulukut telah menyediakan beberapa fasilitas bagi wisatawan, antara lain:

  • Area Parkir Kendaraan
  • Toilet
  • Warung makanan dan minuman
  • Mushola

Share: