Wisatarakyat.com – Taman Nasional Bantimurung, yang terletak di wilayah Sulawesi Selatan, menawarkan pengalaman wisata alam yang luar biasa. Keindahan alamnya terletak pada lembah bukit kapur yang dipenuhi vegetasi tropis, air terjun yang menakjubkan, dan gua yang menantang. Taman ini dikenal sebagai “the kingdom of butterfly” karena keberagaman jenis kupu-kupu yang melimpah, menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung.

Sebagai salah satu destinasi wisata alam di Sulawesi Selatan, Taman ini menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang mencari ketenangan dan keindahan alam. Suasana sejuk dan asri di taman ini membuatnya menjadi tujuan yang sempurna untuk liburan yang menawarkan ketenangan dan kecantikan alam yang memukau di Sulawesi Selatan. Jadi, bagi Anda yang ingin mengeksplorasi keindahan alam yang unik dan menakjubkan, Taman ini adalah tempat yang patut untuk dikunjungi.

Lokasi Taman Nasional Bantimurung

Terletak di Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, dan Kabupaten Bone. Lokasinya berjarak sekitar 45 kilometer dari Kota Makassar.

Harga Tiket Taman Nasional Bantimurung

Harga tiket masuk adalah sebagai berikut:

  • Dewasa: Rp 30.000
  • Anak-anak: Rp 15.000
  • Komunitas: Rp 15.000 per orang
  • Rombongan: Rp 25.000 per orang

Jam Operasional

Taman ini buka 24 jam setiap hari. Namun, untuk fasilitas wisatanya, buka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WITA.

Daya Tarik Wisata

Taman Nasional Bantimurung memiliki berbagai daya tarik wisata yang menarik untuk dikunjungi, antara lain:

1.      Gua

Gua-gua yang terdapat di Taman ini memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Beberapa gua yang terkenal adalah Gua Pattunuang, Gua Mimpi, dan Gua Liangkawe.

2.      Air terjun

Taman ini memiliki beberapa air terjun yang indah, antara lain Air Terjun Bantimurung, Air Terjun Segara Biru, dan Air Terjun Karaenta.

3.      Penangkaran kupu-kupu

Taman ini memiliki penangkaran kupu-kupu yang merupakan salah satu daya tarik wisata utama. Di penangkaran ini, pengunjung dapat melihat berbagai jenis kupu-kupu yang cantik dan unik.

4.      Keindahan alam

Taman ini memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Perpaduan antara gugusan bukit karst, air terjun, dan hutan hujan tropis membuat taman nasional ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang populer di Sulawesi Selatan.

Fasilitas

Taman ini menyediakan berbagai fasilitas untuk para pengunjung, antara lain:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Warung makan
  • Tempat ibadah
  • Jalur trekking
  • Wahana permainan
Share: