Taman Sari Yogyakarta
Sumber : idetripcom

Taman Sari Yogyakarta

Posted on

Taman  sari Yogyakarta adalah destinasi wisata yang cocok untuk kamu yang suka dengan tempat-tempat bersejarah, dengan bangunan dan arsitekturnya ala jawa portugis, bangunan ini menjadi daya Tarik tersendiri untuk pengunjung, bangunan bersejarah seperti taman sari memberikan informasi tentang kehidupan masa lampau sekaligus menunjukan betapa nenek moyang kita memiliki peradaban yang tinggi sehingga kita harus bangga menjadi bagian dari mereka.

 

 

SEJARAH SINGKAT

Taman sari di bangun di atas puing-puing keraton lama atau pasangrahan garjitawati oleh Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758 sampai tahun 1765, luas taman sari adalah 10 hektar dengan 57 gedung yang meliputi kolam pemandian, danau dan pulau buatan, jembatan gantung, kanal air Dll.

 

Taman Sari Yogyakarta di gunakan mulai tahun 1765 sampai dengan 1812, biaya pembangunan di tanggung oleh tumenggung prawirosentiko yang menjabat sebagi Bupati madiun, dan sebagai imbalanya masyarakat madiun di bebaskan dalam kewajiban membayar pajak, arsitek dari taman sari adalah demang tegis orang yang berkebangsaan portugis, awalnya proses pembangunan di pimpin oleh tumenggung mangundipuro tapi karna suatau alasan beliau mengundurkan diri dan kemudian di gantikan oleh pangeran notokusumo.

 

Taman Sari Yogyaksarta
Sumber : reddoorz.com

 

 

LOKASI

Lokasi Taman Sari Yogyakarta Terletak di jalan tamanan, Patehan kecamatan kraton, Kota Yogyakarta Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, 55133.

 

RUTE

Dari Arah Malioboro menuju arah selatan melawati titik 0 KM, Lalu lanjutkan perjalanan kearah selatan menuju krraton Yogyakarta, kemudian ambil kanan menuju jalan ngasem dan lurus saja hingga menemukan pasar ngasem, kemudian belok kiri menuju jalan tamanan berjalan sekitar 100 meter lalu ketika kamu sudah menemukan benteng putih kamu bisa langsung masuk menuju taman sari.

 

DAYA TARIK

Gapura Taman Sari

Gapura Taman Sari Merupakan tempat pemberhentian sultan beserta keluarganya gapura ini dihiasi dengan ornament bunga dan juga sayap yang menambah keindahan bangunan ini untuk di pandang.

 

Kolam Taman Sari

Setelah melewati gapura utama pengunjung akan menyaksikan pemandangan berupa dua kolam yang berdampingan, perlu di ketahui ada 3 kolam yang ada di taman sari dengan nama dan fungsi yang berbeda-beda, umbul panguras adalah kolam untuk Raja, umbul pamucar untuk selir-selir Raja, dan yang terakhir adalah umbul kawitan untuk putri-putri Raja.

Taman Sari Yogyakarta
sumber : nativeindonesia.com

 

 

Gedung Kenongo

Tempat yang menarik lainya adalah Gedung kenongo, Gedung ini merupakan Gedung paling tinggi di banding bangunan yang lain di taman sari, dulu fungsi Gedung kenongo adalah ruang jamuan raja.

 

Sumur Gumiling

Yang di maksud sumur gumiling bukanya tempat pengambilan air melainkan Masjid bawah tanah yang di bangun juga sebagai bungker untuk elit kesultanan, ketika terjadi bahaya, masjid ini berbentuk 2 tingkat melingkar 360 derajat bagian tengah berlubang dan desain menghasilkan tata artistic yang luar biasa dan ketika sholat berjamaah suara imam akan di dengar seluruh orang yang berada dalam ruangan.

Taman Sari Yogyakarta
Sumber : bobobox.co.id

 

 

Harga Tiket

 

Wisatawan Lokal Rp. 5.000
Wisatwan Mancanegara Rp. 15.000
Kamera Rp. 3.000

 

Catatan : harga tiket bisa beruph sesuai kebijakan pengelola

 

 

 

 

One thought on “Taman Sari Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *