Wisatarakyat.com – Tegalalang Rice Terrace atau yang dikenal juga sebagai terasering Tegalalang adalah salah satu destinasi wisata yang unik di Pulau Dewata, Bali. Pemandangan panorama persawahan di wilayah ini begitu memukau dengan teras-teras bertingkat yang menghiasi lereng bukit.

Daya tarik dari keindahan alam ini mampu menarik perhatian banyak wisatawan, bahkan tak jarang wisatawan asing rela datang ke Bali hanya untuk menyaksikan langsung pesona sawah di Tegalalang. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Tegalalang Rice Terrace selalu menjadi salah satu paket yang ditawarkan dalam setiap perjalanan wisata ke Bali.

Berikut ini akan diulas secara lengkap mengenai hal-hal menarik yang bisa Anda temukan di objek wisata ini.

Lokasi dan Rute Menuju Tegalalang Rice Terrace Bali

Tepat berlokasi di Jl. Raya Tegallalang, Ceking, Tegalalang, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Tegalalang Rice Terrace terletak di utara Ubud dan tidak terlalu jauh dari Pura Tirta Empul.

Dari Ubud, destinasi wisata ini dapat dicapai dalam waktu sekitar 20 menit menggunakan kendaraan pribadi. Rute perjalanan cukup mudah diakses dan masih dapat dilalui oleh kendaraan seperti bus berukuran kecil.

Dari Puri Saren Agung Ubud, Anda dapat berjalan melewati Jl. Raya Ubud menuju pertigaan patung Arjuna, kemudian belok kiri ke Jl. Raya Andong. Dari sana, cukup berjalan lurus hingga menemukan petunjuk lokasi Tegalalang Rice Terrace.

Jika Anda merasa bingung atau berangkat dari lokasi lain, Anda dapat memanfaatkan bantuan dari Google Maps untuk mendapatkan rute terbaik menuju objek wisata ini di mana pun Anda berada.

Harga Tiket Masuk Tegalalang Rice Terrace

  • Tiket Masuk : Rp10.000,00
  • Spot Foto :          Rp5.000,00
  • Bali Swing :          Rp150.000,00
  • Flying Fox :          Rp150.000,00
  • Parkir Motor :    Rp1.000,00
  • Parkir Mobil :     Rp2.000,00
  • Parkir Bus :          Rp5.000,00
Baca Juga :  Kebun Teh Wonosari, Agrowisata Menarik di Malang

Catatan : Harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Jam Operasional

Kawasan wisata Tegalalang Rice Terrace ini tidak memiliki waktu operasional khusus, sehingga Anda dapat mengunjunginya kapan saja untuk menikmati pemandangan sawah.

Namun, fasilitas di sekitar seperti kafe dan lainnya hanya buka hingga pukul 18.00 WITA. Tempat ini mulai ramai sekitar pukul 09.00 WITA saat matahari sudah tinggi, dan kafe di sana sudah mulai beroperasi. Jam terbaik untuk mengunjungi lokasi ini adalah saat sore hari sekitar pukul 15.00 WITA.

Daya Tarik

Keindahan Subak dan Teknologi Terasering

 Subak atau sistem irigasi tradisional Bali merupakan keajaiban teknologi pertanian yang telah ada sejak zaman kuno.

Tegalalang Rice Terrace menggambarkan dengan sempurna bagaimana keindahan persawahan yang sederhana dapat menjadi pesona alam yang menakjubkan, terutama saat teratur terbentuk di lereng bukit.

hal ini menjadikan Tegalalang Rice Terrace sebagai salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Bali.

Pemandangan yang Memukau

Meskipun ukurannya lebih kecil daripada beberapa destinasi terasering lainnya di Bali, pemandangan yang ditawarkan oleh Tegalalang Rice Terrace tidak kalah menakjubkan.

Persawahan yang berada di lereng bukit, terutama saat disinari sinar matahari sore, menawarkan pemandangan yang memukau.

Warna hijau rerumputan, padi, dan pohon di sekitarnya memberikan kesan yang sangat menyejukkan mata. Bahkan, panorama ini semakin indah saat dilihat dari ketinggian menggunakan drone.

Spot Foto Instagramable

Selama menjelajahi destinasi wisata bali ini, wisatawan memiliki kesempatan untuk berfoto di antara persawahan yang sangat Instagramable. Pengelola tempat ini telah menyediakan beberapa spot foto khusus untuk para pengunjung berselfie ria.

Jika Anda tidak ingin berfoto sendiri, Anda dapat meminta bantuan penjaga di sana untuk mengambil foto Anda dengan pose yang bagus. Para penjaga ini terbiasa dengan angle yang tepat untuk menghasilkan foto yang bagus di area tersebut.

Interaksi dengan Petani Lokal

Petani yang bekerja di Tegalalang Rice Terrace sangat ramah dan ramah tamah. Para wisatawan dapat berbincang-bincang dengan mereka atau bahkan berfoto bersama.

Baca Juga :  Pantai Wedi Ireng Banyuwangi, Destinasi Favorit Pecinta Snorkeling & Diving

Tidak jarang, wisatawan mencoba untuk berpakaian seperti petani dengan membawa arit atau menggunakan caping sambil memanggul rumput, menciptakan pengalaman yang unik dan mengesankan.

Ragam Kuliner Lokal

Di sekitar area wisata ini, terdapat banyak pilihan tempat makan seperti warung, kafe, dan restoran yang menawarkan panorama indah Tegalalang Rice Terrace.

Para pengunjung dapat mencicipi berbagai macam makanan dan minuman sambil menikmati keindahan alam dari sudut yang berbeda. Makanan khas Bali yang lezat dan menggugah selera juga dapat ditemui di tempat-tempat tersebut.

Mencoba Bali Swing

 Salah satu pengalaman yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi tempat wisata ini adalah mencoba Bali Swing.

Beberapa kafe dan rumah makan di area ini menyediakan Bali Swing sebagai daya tarik tambahan bagi wisatawan. Mengayuh ayunan di ketinggian sambil menghadap lereng sawah Tegalalang menawarkan sensasi yang memacu adrenalin.

Foto-foto saat naik Bali Swing selalu menjadi pemandangan yang menghiasi Instagram, menunjukkan keindahan tempat wisata ini.

Fasilitas

  • Warung makan
  • Kafe
  • Kios souvenir
  • Area parkir

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x