Wisatarakyat.com – Kamu Pasti lagi bingung mau liburan kemana, ya? Kalau kamu pengen mencari tempat wisata yang indah, eksotis, dan sepi, saya punya rekomendasi nih. Namanya Teluk Triton. Udah pernah dengar belum? Kalau belum, yuk simak ulasan saya berikut ini.

Teluk Triton adalah salah satu kawasan wisata bahari yang terletak di Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat. Teluk ini merupakan bagian dari segitiga terumbu karang dunia dengan sejumlah keanekaragaman hayati. Gugusan pulau karang berusia ratusan tahun yang dibalut tumbuhan hijau, menambah pesona kawasan wisata satu ini, bagaikan surga yang tersembunyi di bagian tenggara Kota Kaimana.

Lokasi Teluk Triton

Untuk mencapai kawasan wisata satu ini, kamu harus terbang ke Bandara Utarom Kaimana terlebih dahulu. Dari sana, kamu bisa menyewa mobil atau ojek untuk menuju pelabuhan Kota Kaimana.

Lalu, kamu bisa menyewa perahu motor atau speed boat untuk menyeberang ke wisata satu ini. Perjalanan dari pelabuhan ke Teluk Triton memakan waktu sekitar satu jam. Sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam dan laut yang sangat mempesona.

Harga Tiket Masuk Teluk Triton

Untuk masuk ke kawasan wisata satu ini, kamu tidak perlu membayar tiket masuk. Namun, kamu harus membayar biaya sewa perahu motor atau speed boat yang berkisar antara Rp5 juta hingga Rp6 juta per trip. Harga tersebut tergantung dari ukuran dan kapasitas perahu. Biasanya, satu perahu bisa menampung sekitar 11 orang atau lebih. Jadi, kalau kamu mau hemat, ajak teman-temanmu untuk ikut liburan bareng.

Jam Operasional

Wisata satu ini buka setiap hari selama 24 jam. Namun, sebaiknya kamu mengunjungi wisata satu ini pada pagi atau siang hari agar bisa menikmati keindahan alam dan lautnya dengan maksimal. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan cuaca dan kondisi laut sebelum berangkat. Jangan sampai kamu terjebak badai atau ombak besar saat menyeberang ke Teluk Triton.

Daya Tarik

Wisata satu ini memiliki banyak daya tarik yang bisa membuat kamu betah berlama-lama di sana. Salah satunya adalah olahraga selam atau diving. Di sini, kamu bisa menyelam dan melihat ratusan spesies ikan laut lainnya, dan terumbu karang yang sangat indah. Kamu juga bisa berenang bersama hiu paus (whaleshark), ikan terbesar di dunia yang mengonsumsi plankton. Hiu paus biasanya muncul di perairan Erana, salah satu lokasi diving di wisata satu ini.

Selain diving, kamu juga bisa menikmati keindahan gugusan pulau karang yang tersebar di Teluk Triton. Kamu bisa mengitari pulau-pulau tersebut dengan perahu motor atau speed boat. Kamu juga bisa turun dan berjalan di tepi pantai yang berpasir putih dan bersih, sambil melihat lukisan prasejarah yang menempel pada batu karang di perairan Maimai. Sayangnya, makna dari lukisan tersebut masih misterius hingga kini.

Baca Juga: Pantai Temajuk Sambas, Surga Tersembunyi dengan keindahan alamnya yang menakjubkan

Fasilitas

Teluk Triton masih sangat alami dan belum banyak tersentuh oleh pembangunan. Oleh karena itu, kamu tidak akan menemukan fasilitas umum seperti hotel, restoran, atau toilet di sana. Kamu harus membawa peralatan dan perlengkapan sendiri jika ingin menginap atau makan di wisata satu ini. Kamu juga harus menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan wisata satu ini. Jangan buang sampah sembarangan atau merusak terumbu karang.

Nah, itu dia artikel kami tentang Teluk Triton, tempat wisata di Kaimana yang bikin kamu betah. Gimana, tertarik untuk mengunjungi Teluk Triton? Jika iya, maka jangan lupa untuk persiapkan segala sesuatunya dengan baik. Jika kamu memiliki saran atau pertanyaan, silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat berlibur!

Share: