Wisatarakyat.com – Di bagian utara Bali, terdapat beragam destinasi wisata air terjun yang memikat. Salah satunya adalah Air Terjun Banyumala, yang telah dibuka untuk umum sejak bulan Juli 2015. Bali tidak hanya dikenal dengan pantainya yang memukau dan sawah yang hijau, tetapi juga menyimpan keindahan alam lain yang belum banyak diketahui orang.

Destinasi alam yang juga dikenal sebagai Banyumala Twin Waterfall ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter, dan terbagi menjadi dua aliran air yang dipisahkan oleh tebing yang dikelilingi oleh pepohonan. Hal ini menjadikan air terjun ini memiliki julukan Twin Waterfall.

Keindahan aliran air yang ditampilkan memukau, dengan kemampuan untuk melihat kedua aliran air secara bersamaan tetapi dari tempat yang berbeda dalam satu waktu. Air mengalir melalui tebing yang berliku-liku, yang dihiasi oleh pepohonan hijau yang memperindah pemandangan.

Aliran air yang jatuh terlihat seperti lukisan yang sempurna. Lokasi wisata ini berada di Desa Wanagiri, Buleleng, Bali.

Lokasi Air Terjun Banyumala

Air Terjun Banyumala terletak di Pulau Dewata, Bali, dengan alamat tepat di Banjar Asah Panji, Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali 81161.

 Untuk mencapai lokasi dari Denpasar, perjalanan sejauh 65 kilometer atau sekitar 2,5 jam. Perjalanan akan melewati Danau Beratan dan Danau Buyan.

Setelah mencapai pertigaan Puncak Wanagiri, arahkan perjalanan ke utara menuju Danau Tamblingan. Lokasi wisata berada di sisi timur, dengan plang penunjuk yang akan membimbing ke Air Terjun Banyumala. Jika tersesat, selalu siap untuk bertanya kepada penduduk setempat di sepanjang jalan.

Harga Tiket Air Terjun Banyumala

Harga tiket masuk untuk pengunjung lokal adalah Rp. 25.000,- per orang, sementara untuk wisatawan mancanegara adalah Rp. 50.000,- per orang.

Catatan : Harga tiket dapat berubah sesuai kebijakan pengelola.

Jam Operasional

24 Jam

Daya Tarik

Riuh Air yang Menakjubkan

Air Terjun Banyumala Desa Wanagiri memukau dengan riuhnya air yang jatuh dari ketinggian. Meskipun tidak begitu deras, tetapi pemandangan air yang turun begitu indah, membuatnya menarik perhatian banyak orang.

Aliran airnya yang amat jernih bahkan memungkinkan kita untuk melihat latar belakang bebatuan berwarna hitam yang menyusun aliran air tersebut.

Spot Fotografi Terbaik

 Lokasi air terjun ini menjadi pilihan tepat bagi pecinta fotografi untuk mengabadikan momen yang indah. Privatnya lokasi dan kecantikan pemandangannya membuatnya menjadi latar belakang yang sempurna untuk foto. Tak heran jika banyak yang memilihnya sebagai lokasi prewedding.

Kolam Air yang Menyegarkan

Pengunjung juga diperbolehkan untuk berenang di kolam air di bawah air terjun. Kolamnya yang jernih dan aman membuat pengalaman berenang menjadi lebih menyenangkan.

Diameter kolam yang mencapai 15 meter dan ketinggian air terjun sekitar 20 meter menjadikan tempat ini ideal untuk bersantai dan menikmati alam.

Trekking Menantang

Meskipun lokasinya relatif mudah dijangkau, namun untuk mencapai air terjun ini, pengunjung perlu melakukan trekking yang menantang.

Perjalanan sekitar 2 kilometer melalui jalan setapak di dalam hutan dapat memakan waktu 15 hingga 30 menit. Namun, perjalanan ini tidak akan terasa melelahkan karena diselingi dengan pemandangan hijau yang menyejukkan dan aroma kopi serta cengkeh yang menenangkan.

Fasilitas

Fasilitas di sekitar Air Terjun Banyumala terbatas. Untuk makanan, minuman, dan kamar mandi, pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia di depan area parkir. Di lokasi wisata, terdapat sebuah gazebo sebagai tempat beristirahat sambil menikmati keindahan alam yang disajikan.

Dengan keindahan alamnya yang masih alami dan berbagai kegiatan yang dapat dilakukan, Air Terjun Banyumala menjadi destinasi yang menarik bagi wisatawan yang mencari pengalaman alam yang unik di Bali.

Share: