Wisatarakyat.com – Yogyakarta terletak di bagian selatan Pulau Jawa dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia.

Sektor utamanya adalah pariwisata, karena banyaknya objek wisata menarik yang mampu menarik kunjungan wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Pada tahun 2019, jumlah kunjungan wisatawan ke DI Yogyakarta mencapai 3,7 juta dan terus bertambah setiap tahunnya.

Salah satu tempat wisata yang akan diulas kali ini adalah Air Terjun Kembang Soka, yang terletak di Desa Jatimulyo, Kulon Progo, DI Yogyakarta. Area wisata ini memiliki kolam yang indah dan pemandangan sekitarnya yang memukau.

Lokasi dan Rute Air Terjun Kembang Soka

Alamat tempat wisata ini tepatnya terletak di Banyunganti, Dusun Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk mencapai Air Terjun ini dari Kulon Progo, bisa menggunakan moda transportasi sebagai berikut:

Jika menggunakan kereta api, berhenti di Stasiun Lempuyang, lalu lanjutkan perjalanan menuju Jl. Godean dan Jl. Nanggulan hingga Girimulyo.

Bagi yang tiba di Bandara Adi Sucipto, perjalanan dilanjutkan ke Jl. Godean, Jl. Nanggulan, dan Girimulyo.

Dari Yogyakarta, arahkan kendaraan ke Jl. Nanggulan dan sampai Girimulyo. Dari Tugu Yogya, perjalanan sejauh 32 kilometer atau sekitar 1 jam.

Lokasi Air Terjun Kembang Soka berdekatan dengan Taman Air Sungai Mudal, karena berada di desa yang sama, meskipun berada di area yang lebih rendah.

Harga Tiket Air Terjun Kembang Soka

  • Tiket Masuk: Rp. 10.000
  • Parkir Motor: Rp. 2.000
  • Parkir Mobil : Rp. 5.000

Catatan: Harga tiket dapat berubah sesuai kebijakan pengelola.

Jam Operasional

Air Terjun ini buka setiap hari mulai dari Senin hingga Minggu, dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Daya Tarik

Suasana Alam Asri

Grojogan ini adalah destinasi yang sempurna bagi pecinta wisata alam. Atmosfir alam yang masih asri dengan berbagai kegiatan menarik siap memberikan pengalaman liburan yang berkesan.

Berenang di Kolam Alami

Wisata air terjun ini menawarkan kegiatan berenang yang memikat. Kolam alami dengan air biru tosca mengundang untuk menyelam dan merasakan kesegaran airnya.

Beragam Kedalaman Kolam

Terdapat beberapa kolam alami dengan kedalaman bervariasi, dimana kolam utama memiliki kedalaman hingga 2,5 meter yang berlokasi tepat di bawah air terjun.

Spot Melompat yang Seru

Sensasi melompat dari ketinggian 5 meter menjadi kegiatan yang menguji adrenalin, menambahkan keseruan di tempat ini.

Menikmati Pemandangan

Selain bermain air, pengunjung dapat menikmati panorama alam sekitar dengan duduk santai di bangku taman atau spot-spot menarik di sekitar air terjun.

Relaksasi dan Rekreasi

Suara gemericik air dan suasana alam yang tenang menjadi obat untuk merelaksasi pikiran dan melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Memancing di Sungai Miri

Wisata ini juga menawarkan spot memancing di Sungai Miri yang berdekatan, menjadi alternatif menarik bagi para penggemar memancing.

Camping di Alam Terbuka

Pengunjung yang ingin menikmati lebih lama suasana alam dapat mengadakan camping di sini, namun disarankan untuk membawa peralatan camping sendiri.

Berfoto di Spot Instagramable

Berbagai spot foto menarik tersedia di sekitar air terjun, termasuk jembatan kayu yang memperlihatkan keindahan alam sekitar.

Fasilitas:

  • Gazebo untuk bersantai.
  • Warung makanan dan minuman.
  • Kamar mandi umum.
  • Mushola.

Demikian ulasan tentang Air Terjun Kembang Soka, salah satu destinasi wisata alam yang menarik di Yogyakarta.

Share: