Wisatarakyat.com – Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, membanggakan obyek wisata alamnya yang memukau, dan di antara destinasi terbaiknya terdapat Air Terjun Sedudo.

Merupakan tempat yang sangat direkomendasikan untuk dijelajahi bersama keluarga, air terjun ini menawarkan pengalaman liburan yang menyegarkan dan melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

Artikel ini akan membahas keindahan, lokasi, harga tiket masuk, jam operasional, daya tarik, serta fasilitas yang ditawarkan oleh Air Terjun Sedudo.

 

Air Terjun Sedudo, juga dikenal sebagai Coban Sedudo, adalah destinasi wisata murah di Nganjuk yang sangat cocok untuk menikmati ketenangan dan meredakan stres. Dikelilingi oleh pesona alam yang menakjubkan, tempat ini menjadi surga bagi pecinta alam dan fotografi. Dengan sudut-sudut menarik yang dapat dieksplorasi, Curug Sedudo memanjakan pengunjung dengan keindahan alam yang tak terlupakan.

 

Lokasi Air Terjun Sedudo

Terletak di Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Air Terjun Sedudo dapat diakses dengan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil. Dengan jarak sekitar 31 kilometer dari pusat kota Nganjuk, destinasi ini menjadi pilihan ideal untuk liburan akhir pekan yang menyenangkan.

 

Harga Tiket Air Terjun Sedudo

Senin –jum’at

  • Aanak-Anak : Rp. 8.000
  • Dewasa : Rp.10.000

 

Sabtu – Minggu

  • Anak-anak : Rp. 12.000
  • Dewasa : Rp. 15.000

Lainya

  • Asuransi : Rp.10.000
  • Parkir Motor : Rp. 2.000
  • Parkir Mobil : Rp. 5.000

 

 

 

Jam Operasional

 

Destinasi wisata ini dibuka setiap hari untuk umum mulai dari pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. Ini memberikan fleksibilitas bagi pengunjung untuk menentukan waktu yang sesuai dengan jadwal liburan mereka di Kabupaten Nganjuk.

 

Baca Juga :  Pantai Kondang Merak Malang

Daya Tarik Wisata

 

Air Terjun Sedudo terletak di kawasan lereng timur Gunung Wilis, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, dengan ketinggian sekitar 105 meter di atas permukaan laut. Berada pada ketinggian 1.438 meter, objek wisata ini menawarkan udara sejuk yang berasal dari suasana pegunungan yang asri.

 

Keunikan objek wisata ini tidak hanya terletak pada keindahan alamnya, tetapi juga pada unsur sejarah dan budaya yang melekat, seperti mitos airnya yang diyakini dapat membuat seseorang awet muda.

 

Ratusan Anak Tangga Menuju Air Terjun

 

Pengunjung harus menuruni sejumlah anak tangga setinggi 105 meter untuk mencapai telaga Air Terjun Sedudo. Tangga tersebut aman dan terbuat dari batu, dilengkapi dengan pagar pengaman. Sambil menyusuri tangga, pengunjung dapat menikmati pemandangan air terjun secara keseluruhan dan merasakan semilir hembusan angin dataran tinggi.

 

Meskipun menuruni tangga dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dengan hiburan dari pemandangan alam sekitar, artikel ini juga memberikan peringatan untuk menyiapkan fisik saat naik kembali.

 

Pesona Alam Air Terjun Sedudo

 

Setelah melalui tangga sepanjang kurang-lebih 200 meter, pengunjung tiba di area air terjun yang rapi, dengan paving block yang membuatnya nyaman untuk beraktivitas. Air Terjun Sedudo menampilkan pesona alam yang menakjubkan dengan airnya yang meluncur dari ketinggian lebih dari 100 meter, diapit oleh hamparan lumut dan hutan liar.

 

Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun dari kejauhan atau merasakan kesejukan airnya langsung. Area bermain air dibatasi oleh pagar dengan jarak tertentu dari jatuhan air terjun, sebagai tindakan pengamanan setelah adanya kejadian longsor batu.

 

Mitos Awet Muda dan Ritual Mandi Massal

 

Baca Juga :  Pantai Malalayang : Menjelajahi Surga Bawah Laut Yang Menawan

Air Terjun Sedudo tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga kaya akan unsur sejarah dan budaya. Mitos air terjun yang diyakini dapat membuat seseorang awet muda dan berkhasiat lainnya. Sejak zaman kerajaan Majapahit, tempat ini menjadi lokasi pencucian senjata pusaka raja.

 

Terdapat juga legenda tentang seorang duda yang bertapa di air terjun ini, yang diyakini oleh masyarakat setempat tidak menua meskipun bertahun-tahun bertapa.

Sebagai bentuk penghormatan, pemerintah Nganjuk menggelar acara tahunan, Mandi Sedudo, sebuah ritual mandi massal yang dimeriahkan oleh tari-tarian adat dan dihadiri oleh Bupati Nganjuk.

 

 

Fasilitas

 

  • Area parkir kendaraan wisata yang cukup luas.
  • Pusat informasi dan tiket masuk.
  • Spot foto Instagramable untuk berbagi momen indah.
  • Toilet yang bersih dan nyaman.
  • Warung wisata untuk memenuhi kebutuhan selama berkunjung.
  • Gazebo dan tempat duduk untuk bersantai.
  • Camping ground bagi yang ingin merasakan petualangan alam yang lebih mendalam.

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x