Wisatarakyat.com – Siapa yang tak tahu tentang Danau Toba? Merupakan danau terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Danau ini terbentuk dari letusan gunung berapi raksasa sekitar 75.000 tahun yang lalu.

Selain mempunyai danau yang menakjubkan, ada juga beberapa objek wisata menarik di sekitar Danau Toba. Apa sajakah itu?

Pulau Samosir

Pertama, ada Pulau Samosir yang terletak di tengah Danau Toba. Pulau ini memiliki banyak tempat wisata, seperti Taman Wisata Firdaus, Pantai Pasir Putih, dan Desa Wisata Ambarita.

Air Terjun Sipiso-piso

Kedua, ada air terjun setinggi 120 meter yang berlokasi di dekat Kota Tongging.

Bukit Indah Simarjarunjung

Ketiga, bukit yang terletak di kawasan Parapat dan menawarkan pemandangan indah ke arah Danau Toba.

Museum Batak

Kemudian ada museum yang terletak di Balige yang menyajikan sejarah dan budaya masyarakat Batak Toba.

Pantai Pandan

Terakhir, ada pantai indah dengan pasir putih yang berair jernih di kawasan Parapat.

Selain itu, ada juga banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di Danau Toba seperti berenang, memancing, mengelilingi pulau dengan perahu tradisional, dan trekking di sekitar area Danau Toba.

Danau Toba juga memiliki budaya yang unik, seperti adat istiadat dan kesenian tradisional Batak. Ada beberapa desa wisata di sekitar Danau Toba yang mendalami budaya Batak, seperti Desa Wisata Tomok, Desa Wisata Huta Siallagan, dan Desa Wisata Lingga.

Selain itu, di sekitar Danau Toba juga terdapat beberapa kuliner khas yang patut Anda coba. Contohnya seperti saksang (daging babi berbumbu khas Batak) dan arsik (ikan mas atau ikan patin berbumbu khas Batak).

Wisatawan juga dapat membeli oleh-oleh khas Danau Toba, seperti ulos, songket, kerajinan kayu, dan berbagai jenis makanan khas Batak. Untuk akses menuju Danau Toba, wisatawan dapat menggunakan transportasi udara atau darat.

Namun, bila Anda tak ingin ribet dengan membawa mobil pribadi saat melakukan perjalanan. Mungkin sudah saatnya mengandalkan jasa sewa mobil Medan terbaik dan terpercaya dari Globaltransport.co.id. Di mana Globaltransport punya banyak tawara  rute perjalanan yang dapat Anda pilih sesuai preferensi.

Nah, itulah tadi pembahasan singkat mengenai apa saja objek wisata yang ada di Danau Toba, Sumatera Utara. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda ya!

Share: