Dataran Tinggi Dieng
sumber : wiataoke.com

Dataran Tinggi Dieng Wonosobo

Posted on

Dataran dieng terletak di sebelah barat area gunung sumbing dan sindoro. Dataran tinggi dieng ini masuk dalam area vulkanik aktif di daerah Jawa Tengah yang lebih tepatnya di kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Gunung yang memiliki ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut ini termasuk tempat yang wajib dikunjungi oleh para pecinta alam. Alamnya yang masih asri dan kebudayaan yang melekat menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang menyukai keragaman budaya.

 

Dataran Tinggi Dieng
sumbeer : phinamo.com

sumber : piknikasik.com

LOKASI

Lokasi dataran tinggi dieng ini terletak pada dua kabupaten di jawa tengah. Pada Kabupaten Wonosobo beralamatkan di Sembungan, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia, 56354. Dan di Buntu, Bakal, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

RUTE

Dari Jl. Tol Ungaran-Bawean sekitar 2,5 km belok kanan ke Jl. Semarang-Surakarta/Jl. Slamet Riyadi, Bawean-Salatiga. Kemudian belok kiri ke Jl. Palagan kemudian ke Jl. Jend. M. Sarbini. Lalu belok kiri menuju Jl. KH. Ahmad Dahlan hingga 2,2 km. Melewati Jl. Secang-Temanggung ke arah Jl. Jend Suprapto 300 m. Kemudian ke Jl. Ngadirejo, belok kiri menuju Jl. Dieng. Kemuduian belok kiri ke Jl. Telaga Warna sekitar 1,5 km. kemudian belok kiri ke Jl. Kawah Sikidang, lalu sampai ke dieng plateau.

JAM OPRASIONAL

Dataran yang letaknya di Wonosobo ini buka setiap hari 24 jam. Namun pada setiap objek memiliki waktu operasional yang berbeda-beda. Objek dikawasan ini biasanya buka dari jam 08.00-18.00.

Datrang Tinggi Dieng

DAYA TARIK

Dataran tinggi dieng memiliki spot foto dan objek wisata yang keren. Dari mulai situs budaya, sejarah, dan situs kekinian seperti air terjun dan lain sebagainnya. Berikut keindahan alam yang dimiliki oleh dataran tinggi dieng.

  1. Telaga warna

Telaga ini terletak di Jl. Raya Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Telaga ini memiliki 3 jenis warna yaitu, hijau, hiru dan sedikit kecoklatan. Adanya berbagai jenis warna akan membuat pengunjung bertanya-tanya. Warna yang terdapat di telaga tersebut dikarenakan adanya belerang yang bereaksi dengan air danau.

  1. 3 bangunan candi

Candi yang terletak di dataran tinggi dieng inidiantaranya candi arjuna, candi bima, dan candi setiaki. Candi yang terletak diketinggian 2.000 m berada di kawasan Dieng kulon, Banjarnegara. Candi tersebut termasuk peninggalan sejarah dari kerajaan mataram.

  1. Kawah sikidang

Kawah ini berwarna putih yang selalu mengeluarkan asap berbau belerang yang menyengat. Jika anda ingin mengunjungi kawah ini wajib menggunakan masker.

  1. Bukit sikunir

Sama seperti gunung prau, pada bukit sikunir ini fenomena yang terkenal adalah golden sunrise. Bedanya waktu tempuh menuju puncak lebih cepat yakni 1 jam.

Dataran Tinggi Dieng Wonosobo

 

FASILITAS

Fasilitas yang bisa kamu temukan ketika berwisata ke dataran tinggi dieng adalah hotel, losmen, homestay, dan kendaraan yang bisa kamu sewa

 

HARGA TIKET

Tiket masuk Rp. 10.000
Tiket masuk objek lain Rp. 5000-15.000

 

Catatan : harga tiket bisa berubah sewaktu menurut kebijakan pengelola

One thought on “Dataran Tinggi Dieng Wonosobo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *