Goa Buniayu sukabumi
sumber : https://jejakpiknik.com/

Goa Buniayu Sukabumi

Posted on

 

Banyak sekali wisata yang berada di Jawa Barat dengan berbagai macam jenis dari mulai anak-anak hingga dewasa. Tak heran jika banyak wisatawan local atau pun mancanegara pun berdatangan di sini. Salah satu tempat wisata di jawa barat tepatnya di kota sukabumi ini adalah goa.

Goa buniayu adalah gao yang indah terletak di sukabumi Jawa Barat. Goa yang berwarna oren kecoklatan ini menyimpan keindahan yang luar biasa di dalamnya. Untuk menulusuri goa dengan jalan kaki dengan menggunakan sepatu boot agar keamanaan terjaga. Medan yang licin akan menemani pengunjung dalm perjalanan. Namun hal tersebut akan terbayar ketika sampai di dalam goa. Pengunjung akan disuguhkan pemandangan batu stalaktit maupun stalamit yang ada.

Goa Buniayu sukabumi
sumber : https://investor.id/

Lokasi

Lokasi goa terletak di Cipicung, Kerta Angsana, Nyalindung, Cimerang, Purabaya, Sukabumi, Jawa Barat, 43187.


Rute

Dari sukabumi kota mengambil arah timur laut di Gg. Pesantren II menuju Jl Tipar 20 m. sekitar 400 m belok kanan ke Jl. Otto Iskandardinata 2,8 km. kemudian belok kiri ke Jl. Lkr. Sel. Kemudian putar balik 550 m belok kiri menuju Jl. Baros. Belok aknaan ke Jl. Cikawung-Kerta ngsana. Lalu belok kanan ke Jl. Cikarae Dua 950 m. belok kiri ke Jl. Cikarae Hilir. Sampai di goa buniayu

Jam Operasional

Goa buniayu buka setiaphari 24 jam

Harga Tiket

Tiket masuk Rp. 5.000
Paket horizontal Rp. 20.000
Paket vertikal Rp. 150.000

 

Goa Buniayu sukabumi
Sumber : https://investor.id/

Daya Tarik

Goa ini memiliki luas 10 hektar menyimpan begitu banyak keindahan alam di dalamnya. Goa yang memiliki 3 zona dinataranya zona gelap, senja, dan terang ini bersebalahan dengan bukit hijau. Di kawasan bukit hijau terdapat pepohonan yang asri dan rindang. Hal itu menjadikan tempat tersebut masih menyimpan udara yang segar untuk dihirup. Ketiga zona yang ada, memiliki ciri tersendiri.

Zona terang yang berada di atas memiliki ornament batuan yang indah sekaligus menjadi ciri khas dari goa tersebut yang berwarna oren kecoklatan. Di zona terang cahaya matahari masih bisa masuk ke dalam dengan sempurna. Zona senja dengan suasana yang agak gelap, pada zona tersebut cahaya matahari sedikit susah masuk dikawasan goa. Pada zona gelap, sudah mulai tidak dimasuki oleh cahaya matahari.

Tak hanya terdapat zona yang asik untuk ditaklukan. Namun perjalan menuju goa buniayu ini tak kalah seru. Medan yang berbatu dan licin ini menjadi tantangan tersendiri bagi penakluk gua biasanya. Tk jarang diperjalanan pun pengunjung akan menemui lumpur. Di dalam goa pun juga terdapat aliran sungai yang biasanya digunakan untuk tempat istirahat. Perjalanan memakan waktu 4 jam.

Tak hanya keasikan perjalan dan rintangan yang arus diperhatikan. Namun para pengunjung juga harus memperthatikan keselamatan di dalam goa. Sering dijumpai hewan seperti ular dan linta yang masih hinggap di dalam goa.

Untuk pengunjung yang ingin bermalam di kawasan goa. Terdapat penginapan yang telah tersedia. Biasanya penduduk sekitar pun menyewakan rumah senagai tempat bermalam pengunjung pula.

One thought on “Goa Buniayu Sukabumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *