Pacitan adalah salah satu kota yang terletak di jawa timur yang di juluki dengan kota 1001 goa,nama ini ada tentu bukan tanpa alasan, pacitan memang terkenal memiliki goa-goa indah , salah satu tempat wisata di pacitan yang wajib di kunjungi oleh pecinta alam adalah Goa Gong yang  tertelak di dusun pule, desa bomo kecamatan punung kabupaten pacitan, jawa timur, dengan perkiraan jarak tempuh 21 km dari arah pusat kota dan perkiraan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Goa Gong Pacitan
Sumber : nativeindonesia.com

RUTE

Rute 1 : Yogyakarta – Gunung Kidul – Wonogiri – setelah Masuk wilyah pacitan lurus saja sampai menemukan pertigaan masjid Agung Lurus aja ikuti petunjuk arah yang ada, maka kamu akan sampai ke lokasi.

Rute 2 : Madiun – Ponorogo – setelah masuk wilayah pacitan kota kemudian ambil arah menuju jogja dengan mengikuti petunjuk arah, setelah kamu menemukan pertigaan masjid Agung Lurus aja ikuti petunjuk arah yang ada, maka kamu akan sampai ke lokasi.

SEJARAH SINGKAT

Menurut warga sekitar goa gong Pacitan di temukan pada tahun 1930 oleh 2 orang warga bernama mbah noyo sumitro dan mbah joyo pada saat  musim kemarau mereka berdua mencari air untuk kebutuhan sehari-hari kemudian mereka menemukan sebuah lubang dan menelusurinya untuk menemukan air yang akan di bawa pulang, mereka menghabiskan setidaknya 7 obor untuk sampai ketempat yang ad airnya.

Goa Gong Pacitan
Sumber : nativeindonesia.com

Sedangkan nama goa gong berasal dari misteri yang beredaar di masyarakat setempat yang mengungkapkan bahwa di malam hari sering terdengar suara tabuhan seperti suara gong berasal dari goa tersebut, dan ternyata secara ilmiyah suara itu bisa di jelaskan, suara yang terdengar oleh masyarakat setempat adalh suara tetesan air yang menimpa stalaktit atau stalakmit goa gong.

Booking.com

Baca Juga : Pantai Watu Karung

DAYA TARIK

Goa Gong adalah obyek wisata alam pacitan  yang sangat indah dengan lorong goa di perkiraan sekitar 256 meter, stalaktit dan stalakmit dengan beragam bentuk dan ukuran menghiasi area goa dan bahkan di berikan nama untuk memepermudah untuk mengingatnya di antaranya adalah selo jengger bumi, selo pakuan bomo, selo adi citro buwono dal lain sebagainya selain itu di dalam goa gong juga terdapat mata air yang menambah keindahan goa.

Goa Gong Pacitan
Sumber : tempatwisataindonesia.id

waktu yang di butuhkan untuk menjelajahi seluruh goa gong di perkirakan sekitar 2 jam, waktu 2 jam tidak akan terasa mengingat keindahan di dalam goa ini, dengan berbagai macam hiasan alam yang ada, goa gong memiliki prasarana yang menunjang pengunjung untuk berkeliling didalamnya seperti tangga, lampu dan juga kipas angin sehingga pengunjung bisa lebih nyaman ketika berkeliling untuk menjelajahi goa gong, dan hal inilah yang menjadikan Goa Gong Sebagai salah satu tempat wisata terbaik di pacitan.

Baca Juga : Pemandian Air Hangat Pacitan

HARGA TIKET

Sedangkan harga tiket untuk masuk goa gong Pacitan adalah Rp.10.000, harga yang cukup murah bukan ? untuk sebuah tempat yang begitu indah.

Catatan : Harga Tiket Bisa berubah sesuai kebijkan pengelola

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *