Wisatarakyat.com – Goa Margo Tresno menawarkan pemandangan perbukitan yang sejuk, rindang, dan alami, membuatnya menjadi salah satu objek wisata alam yang diminati di Jawa Timur. Untuk memudahkan pengunjung, telah dibangun tangga agar naik turun ke dalam goa tidak terlalu berat.

Di dalam goa, ribuan kelelawar berkeliaran, dan terdapat juga stalakmit dan stalaktit yang terbentuk secara alami. Sumber air alami Ubalan di kawasan ini digunakan untuk pengairan sawah-sawah sekitarnya.

 

Selain panorama alam yang menarik, Obyek Wisata Goa Margo Tresno dilengkapi dengan fasilitas rekreasi, termasuk kolam renang untuk dewasa dan anak-anak, warung makanan dan minuman, serta area bermain.

Pengunjung juga dapat menikmati kuliner khas Kecamatan Ngluyu, seperti “Asem-asem Kambing Daun Kedondong,” yang terkenal lezat di wilayah Kabupaten Nganjuk.

 

Lokasi dan Rute Goa Margo Tresno

Destinasi wisata jawa timur ini tepatnya beralamat di Dusun Cabean, Desa Sugih Waras, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Rute perjalanan dimulai dari alun-alun kota, mengarah ke utara hingga mencapai bandara Adipura.

Setelah itu, belok ke kanan menuju traffic light, kemudian belok kiri hingga mencapai pasar. Dari pasar, belok kiri dan terus lurus hingga menemui perempatan terakhir, lalu belok kanan hingga mencapai pasar Godang. Dari perempatan Godang, ambil arah kiri menuju Kecamatan Ngluyu. Jaraknya sekitar 35 km arah utara kota Nganjuk dan dapat diakses dengan kendaraan pribadi.

 

Harga Tiket Goa Margo Tresno

Harga tiket masuk untuk menikmati keindahan alam ini adalah Rp 5.000 per orang.

 

Jam Operasional

Tempat wisata ini buka setiap hari dari jam 07.00 WIB – 15.00 WIB.

 

Daya Tarik

Goa Margo Tresno merupakan objek wisata alam yang populer di Jawa Timur, menarik perhatian wisatawan baik dari dalam maupun luar kota. Destinasi ini mempesona dengan keindahan alam dan berbagai fasilitas rekreasi yang menarik perhatian pengunjung.

 

Nuansa Magis

Tempat wisata ini tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga memiliki nilai sejarah dan kesan magis. Untuk memudahkan pengunjung, tangga telah dibangun agar naik turun ke dalam goa tidak terlalu berat. Goa ini dihuni oleh ribuan kelelawar, menciptakan atmosfer magis. Selain itu, stalakmit dan stalaktit yang terbentuk secara alami juga menjadi daya tarik tersendiri.

 

Sendang / Kolam Renang

Goa Margo Tresno tidak hanya menghadirkan keindahan alam dan keberagaman fauna, tetapi juga menyediakan sarana rekreasi berupa sendang atau kolam renang. Air kolam renangnya sangat jernih dan berasal dari sumber mata air alami, memberikan pengalaman menyegarkan bagi pengunjung.

 

Menikmati Kesejukan Alam

Wisata Goa Margo Tresno menawarkan pengalaman menikmati kesejukan alam dengan panorama perbukitan yang sejuk, rindang, indah, dan alami. Pemandangan alam yang menawan ini tidak hanya menambah keasrian kawasan, tetapi juga memberikan kesegaran sejauh mata memandang. Dengan demikian, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil merasakan udara segar yang menyegarkan.

 

Fasilitas

Area parkir, gazebo, toilet umum, warung makan, kolam renang, area bermain anak, dan berbagai fasilitas lainnya tersedia untuk kenyamanan pengunjung.

 

Dengan daya tarik alam yang memukau dan fasilitas yang lengkap, Goa Margo Tresno menjadi destinasi wisata yang populer di Jawa Timur, menarik kunjungan baik dari dalam maupun luar kota.

 

 

 

 

 

Share: