Wisatarakyat.com – Grojogan Watu Purbo telah menjadi destinasi wisata terbaru yang sangat direkomendasikan di Yogyakarta. Meskipun objek wisata ini telah ada sejak lama, kepopulerannya melejit beberapa waktu yang lalu.

 

Destinasi wisata alam ini terletak di Sungai Krasak dengan desain bertingkat yang memukau. Suara gemericik air di tempat ini dapat menenangkan jiwa Anda, terutama ketika merasa jenuh dan bosan di rumah.

 

Selain menikmati pemandangan Grojogan Watu Purbo Bangunrejo, pengunjung juga dapat melihat keindahan Gunung Merapi yang megah dari lokasi ini saat cuaca cerah. Keindahan alam yang ditawarkan sangat direkomendasikan untuk dijadikan spot foto Instagramable.

 

Tempat wisata ini dibangun pada tahun 1975 dengan 6 tap/grojogan untuk menahan laju erupsi Gunung Merapi. Tempat ini menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang bingung menghabiskan liburan akhir pekan di Yogyakarta.

 

Lokasi Grojogan Watu Purbo Bangunrejo

 

Anda tidak akan kesulitan menemukan lokasi wisata ini karena sangat mudah diakses. Terletak di Bangunrejo, Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, destinasi ini dapat dicapai dengan kendaraan dari pusat kota Jogja. Jarak tempuh sekitar 22 km dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit.

 

Rute yang dapat diambil adalah melalui Jalan Magelang sampai Pos Polisi Tempel. Setelah itu, arahkan kendaraan Anda menuju Jalan Tempel, Jln. Sedogan-Balentare, dan akhirnya tiba di lokasi. Akses ke lokasi wisata dapat dilalui baik oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan kondisi jalanan aspal yang baik.

 

Harga Tiket Masuk Grojogan Watu Purbo Bangunrejo

 

Untuk menikmati keindahan alam yang berada di jogja ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sedikit. Biaya tiket masuk wisata ini gratis. Namun, bagi pengunjung yang membawa kendaraan, terdapat biaya tambahan berupa retribusi tiket parkir wisata, yaitu RP. 2000 untuk sepeda, Rp. 5.000,- untuk motor dan Rp. 10.000,- untuk mobil.

Baca Juga :  Sindu Kusuma Edupark Jogja, Wisata Edukasi Benuansa Modern

Sementara itu, bus kecil dikenakan biaya Rp. 30.000,-, dan bus besar Rp. 50.000,-. Harga yang terjangkau untuk menikmati keindahan alam yang masih alami.

 

Jam Operasional

 

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 WIB. Pengunjung dapat datang kapan saja, namun sebaiknya dihindari saat musim hujan karena volume air meningkat, yang dapat berbahaya. Saat musim cerah, pengunjung dapat menikmati keindahan Air Terjun Grojogan ini dengan jelas.

 

Daya Tarik

 

Keindahan Grojogan Watu Purbo memukau dan mampu menghipnotis para wisatawan. Air terjun ini memiliki enam tingkatan yang berasal dari Sungai Krasak dan Bebeng. Awalnya dibuat sebagai penahan erupsi Gunung Merapi pada tahun 1975, kini menjadi tempat wisata yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengunjung.

 

Saat berkunjung, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang berada persis di bawah Gunung Merapi. Keberadaan gunung yang masih aktif tersebut menambah kesan megah tempat ini. Nikmati berbagai aktivitas seru dan spot foto menarik dengan beragam sudut fotografi yang tersedia.

 

Fasilitas

 

Meskipun masih minim fasilitas, Grojogan Watu Purbo menyediakan beberapa fasilitas pendukung, termasuk area parkir kendaraan, toilet, dan mushola. Meski sederhana, keindahan alam yang masih alami menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata yang menarik.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x