Wisatarakyat.com – Gunung Lesung Bali merupakan salah satu destinasi alam yang sangat diminati oleh para pelancong. Keindahan alam yang memukau dan berbagai pesona dapat dinikmati saat berkunjung ke sana, terutama ketika cuaca sedang bagus yang akan mendukung pengalaman pendakian.

Meskipun tidak terlalu tinggi, puncak gunung ini cocok untuk dikunjungi oleh para pemula yang ingin merasakan pengalaman mendaki tanpa harus melewati trek yang sulit.

Keunikan lain dari Gunung Lesung adalah kekentalan dengan adat Buleleng Bali yang masih sangat melekat di sana.

Gunung ini memiliki cerita sejarah tersendiri yang belum banyak diketahui oleh orang banyak. Oleh karena itu, wisatawan yang berkunjung diharapkan untuk menjaga perkataan dan perbuatan selama berada di kawasannya.

 

Lokasi Gunung Lesung Bali

Alamat tempat wisata ini tepatnya berada di terletak di Kabupaten Buleleng, Bali, dan trek pendakiannya tidak terlalu sulit karena ketinggian gunung yang tidak begitu tinggi. Perjalanan menuju puncak akan memandu Anda melewati hutan dan tanah yang akan menemani sepanjang perjalanan. Bagi yang membawa kendaraan, disarankan untuk menitipkannya di tempat yang disediakan sebelum melanjutkan pendakian.

 

Jika Anda memulai perjalanan dari rute Gunung Arjuna, tujuan awal adalah Dusun Tambak Watu. Setelah beberapa kilometer perjalanan, pengunjung akan menemui pos satu atau Goa Antaboga dengan trek yang sedikit menanjak. Selanjutnya, menuju pos Watu Tulis dengan jarak tempuh sekitar 40 menit, dan kemudian melanjutkan ke arah pos dua yang membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dan ditandai dengan bangunan gubuk.

 

Harga Tiket Gunung Lesung Bali

Para pelancong yang berencana mengunjungi Destinasi wisata ini tidak perlu khawatir tentang biaya tiket masuknya. Harga tiket masuk sangat terjangkau, yaitu Rp 10.000, berlaku dari hari biasa hingga hari libur. Meskipun wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, tetapi turis asing juga sering terlihat menikmati pesona Gunung Lesung.

 

Biasanya, wisatawan asing akan dikenakan tarif sedikit lebih tinggi. Untuk yang membawa kendaraan, akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil per harinya. Namun, pengunjung tidak perlu khawatir karena kendaraan akan dijaga oleh petugas setempat.

Jam Operasional

24 Jam

 

Daya Tarik

Danau Buyan

Saat mendaki Gunung Lesung, wisatawan akan menemui Danau Buyan yang terbentuk akibat letusan gunung beberapa tahun silam. Danau ini menjadi daya tarik tersendiri dengan suasana alami dan air yang sangat jernih, cocok untuk tempat refreshing. Di sekitar danau, pengunjung dapat melihat berbagai fauna seperti burung hantu, ikan, dan kijang.

 

Puncak yang Tidak Terlalu Tinggi

Dengan ketinggian sekitar 1.865 mdpl, Gunung Lesung menjadi favorit masyarakat karena tidak terlalu tinggi. Hal ini membuatnya cocok untuk pendaki pemula, yang tetap dapat menikmati keindahan gunung tanpa merasa terlalu melelahkan.

 

Panorama Alam yang Memukau

Berkunjung ke Gunung Lesung akan memberikan pengalaman tersendiri bagi para pencinta alam. Area gunung ini dilengkapi dengan keindahan alam yang dapat dinikmati secara dekat, mulai dari pohon dan tumbuhan hingga bunga warna-warni di sekitar danau.

 

Melihat Sunrise

Puncak Gunung Lesung menjadi tempat yang ideal untuk menyaksikan keindahan sunrise. Udara dingin dan kabut menciptakan suasana alami yang sejuk. Banyak pengunjung yang sengaja berkunjung untuk menikmati momen matahari terbit yang spektakuler.

 

Camping

Pengunjung dapat memaksimalkan pengalaman berkunjung ke Gunung Lesung dengan berkemah di sana. Membawa tenda, peralatan tidur, dan makanan sendiri akan membuat pengalaman camping semakin menyenangkan.

 

Mengabadikan Momen

Keindahan alam Gunung Lesung yang masih alami dan asri menjadi latar belakang yang sempurna untuk berfoto atau merekam video selama perjalanan pendakian, menciptakan kenangan tak terlupakan.

 

Fasilitas

Kawasan Gunung Lesung dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang untuk kenyamanan para pengunjung. Setiap pos pendakian dilengkapi dengan kamar mandi, dan pengunjung diharapkan untuk menggunakan fasilitas ini dengan baik. Tempat duduk dan tempat sampah juga disediakan di setiap area guna menjaga kebersihan dan kenyamanan selama perjalanan.

 

Warung yang menjual makanan ringan dan minuman juga dapat ditemui di beberapa area gunung. Pengunjung dapat menikmati hidangan lokal sebelum melanjutkan perjalanan ke Gunung Lesung. Pada pintu depan, tersedia lahan parkir untuk menitipkan kendaraan tamu yang datang.

 

Dengan keindahan alam, nilai sejarah, dan keberagaman aktivitas yang ditawarkan, Gunung Lesung tetap menjadi destinasi favorit di Kabupaten Buleleng, Bali. Keberagaman daya tarik wisata ini membuatnya cocok untuk berbagai kalangan pengunjung, baik pemula maupun yang telah berpengalaman dalam mendaki gunung.

Share: