Visa adalah dokumen yang dikeluarkan oleh suatu negara melalui agen. Dokumen tersebut biasanya berisi izin masuk dan keluar.

Visa berlaku untuk jangka waktu tertentu dan untuk tujuan tertentu. Jika tidak memiliki visa, seseorang yang memasuki negara asing dianggap ilegal dan bahkan dapat dideportasi.

Formulir visa berupa stempel yang kemudian ditempelkan pada paspor asli pengunjung. Selain itu, visa juga dapat ditempelkan dalam bentuk stiker dan pada lembaran paspor. Stiker atau stempel tersebut ditulis tangan oleh petugas untuk menunjukkan bahwa visa dapat dilihat dan digunakan.

Selain itu, visa ini juga dilengkapi dengan hologram yang mencegah pemalsuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Formulir visa terakhir adalah file yang fleksibel, juga dikenal sebagai visa online. Dokumen internal biasanya dikirim melalui email. Untuk mendapatkan e-Visa, yang harus Anda lakukan hanyalah menjelajahi situs webnya.

Berikut cara membuat visa agar lebih mudah:

  1. Mengajukan permohonan melalui pusat visa.

Pendaftaran di kedutaan atau pusat visa negara tempat Anda bepergian adalah hal pertama yang harus dilakukan.

Dapatkan informasi lengkap. Anda bisa melakukannya dengan mengakses website resmi kedutaan negara yang akan Anda kunjungi.

Jangan lupa perhatikan syarat dan ketentuan, dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk penerbitan visa. Selain itu, Anda juga bisa langsung mendaftar dan nantinya mendapatkan rencana wawancara dan pemeriksaan dokumen.

  1. Dokumen yang Diperlukan

Tentunya saat mengajukan visa, Anda akan diminta untuk menyediakan beberapa dokumen, seperti:

  • Paspor asli dan fotokopi
  • Asli dan fotokopi KTP
  • formulir pendaftaran
  • pas foto
  • Bukti pembayaran visa
  • sertifikat sponsor
  • surat keterangan kerja
  • Dokumen keuangan berupa slip gaji/rekening bank/buku tabungan
  • Itinerary dan tiket pesawat
  • sertifikat kesehatan

3.Dokumentasikan proses review dan wawancara.

Pada tahap ini Anda akan diminta untuk pergi ke pusat visa atau kedutaan untuk memverifikasi dokumen yang telah Anda siapkan sebelumnya. Bawa semua file dan fotokopi jika Anda membutuhkannya. Disarankan untuk datang lebih awal karena biasanya ada antrian panjang untuk aplikasi visa dan pembuatan paspor.

  1. Proses pengambilan visa

Begitu juga dengan pengurusan paspor, pengurusan visa tidak bisa dilakukan dalam satu hari. Anda biasanya harus menunggu beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu dan tidak dapat mengambilnya sampai Anda menerima email bahwa visa Anda siap diambil. Setiap negara mempunyai aturan kedaluwarsa Visa yang berbeda.

Di indonesia banyak sekali agen visa salah satunya adalah Perdana Visa yang merupakan visa agent Ubud Bali yang memiliki tim ahli visa terpecaya, sehingga visa anda di proses secara cepat dan baik.

Itulah cara membuat visa keluar negeri dengan mudah. Semoga bermanfaat untuk anda dan jangan lupa cek kembali berkas-berkas anda.

Baca : Menparekraf Buka Pekan Olahraga Pariwisata Nasional 2022

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *