Man-Han Banquet

Man Han Banquet “Perjamuan Man Han”

Posted on

Man Han Banquet, semacam pesta besar yang menggabungkan menu makanan Manchu dan makanan Han, berasal dari istana kekaisaran di Dinasti Qing. Itu adalah pesta untuk merayakan ulang tahun Kaisar Kangxi yang berusia 66 tahun, dengan tujuan untuk meredakan ketegangan antara Manchu dan Han. Generasi selanjutnya meneruskan tradisi ini dan menambahkan beberapa permen langka, yang sangat mewah dan mewah. Pesta ini terkenal selama Dinasti Qing juga termasuk pesta untuk kerabat Mongolia yang memiliki hubungan dengan keluarga kekaisaran melalui pernikahan. Ada juga pesta untuk para pejabat, pesta ulang tahun anggota keluarga kekaisaran, pesta tua dan pesta sembilan putih (satu unta putih dan delapan kuda putih). Ada 108 jenis hidangan yang mencakup semua jenis rasa dan berbagai jenis bahan dalam Man Han Banquet. Bahan masakannya sangat istimewa dan mencakup banyak makanan berharga mulai dari sup hingga kacang-kacangan. Dan perjamuan disajikan selama tiga hari. Ini memang khazanah budaya masakan Cina. Pada ulang tahun ke 66 Kaisar Kangxi, dia pernah memerintahkan dapur untuk menyiapkan 6 pesta dalam 3 hari tiga untuk Manchu dan Han, menawarkan lebih dari 300 hidangan lezat. Dikatakan bahwa Kaisar Xuanye adalah orang pertama yang mencicipi pesta itu dan menuliskan kata-kata “Man Han Banquet,” yang membuatnya terkenal di masa lalu. Saat itu, jamuan makan dibagi menjadi dua jenis, satu di dalam istana, dan yang lainnya di luar istana. Yang di dalamnya khusus dibuat untuk kaisar dan paman atau saudara laki-laki mereka, ibu permaisuri dan ratu dan pelayan kehormatan dari tingkatan yang berbeda. Hanya keturunan kekaisaran dan negarawan terhormat (jika mereka orang Han, mereka harus menduduki peringkat kedua di kelas resmi atau mereka adalah bawahan tepercaya kaisar) yang memenuhi syarat untuk menghadiri perjamuan di dalam istana.

Baca Juga : Pantai Nglambor Gunung Kidul

Baca Juga : Pantai Damas Trenggalek

Ketika orang-orang menghadiri Man Han Banquet, mereka pertama-tama akan makan makanan Manchu, dan kemudian makan makanan Han selanjutnya. Dalam proses ini, bagian atas meja perlu dibersihkan, dan ini disebut “Fantai,” Saat para tamu menghadiri jamuan makan, musik akan dimainkan terlebih dahulu. Kemudian mereka mulai duduk untuk menikmati makanan penutup. Ketika semua tamu datang, empat besar segar akan disingkirkan, dan para tamu harus saling bersulang, lalu hidangan utama akan ditawarkan. Dalam keseluruhan proses, bagian atas meja perlu dibersihkan sebanyak empat kali untuk menawarkan hidangan Manchu dan hidangan Han, dan ini disebut “fanzhuo” (mengganti hidangan). Setelah itu, tradisi ini secara bertahap menyebar ke masyarakat rakyat dan menjadi simbol kemewahan yang diwujudkan oleh para pejabat tinggi dan bangsawan.

Man Han Banquet dapat dibagi menjadi dua jenis, satu adalah Man Han Banquet besar, dan yang lainnya adalah Man Han kecil. Yang besar terdiri dari 108 piring sedangkan yang kecil 64 piring. Hidangan umum pada awalnya sebagian besar adalah masakan Shandong, dan masakan Tianjin juga ditawarkan. Setelah penyebaran dari satu tempat ke tempat lain, daerah yang berbeda menciptakan versi berbeda berdasarkan jamuan asli sesuai dengan selera mereka sendiri, bahan yang tersedia dan metode memasak.

Pada awal periode Republik, Man Han Banquet diubah namanya menjadi Perjamuan Besar-Han. Segera nama itu diganti dengan nama-nama seperti delapan besar dan delapan kecil. Dan pada tahun 1930, diubah menjadi 8 besar.

Pada tanggal 2 dan 3 November 1977, Restoran Guobin di Hong Kong (sekarang dikenal sebagai Restoran Federal) ditugaskan untuk membuat Man Han Banquet sebanyak 108 hidangan dengan anggaran terbatas 100.000 HKD oleh stasiun TV TBS di Jepang. Restoran ini menampung lebih dari 160 orang dan menghabiskan 3 bulan untuk mempersiapkan perjamuan. Dan seluruh prosesnya disiarkan langsung di Jepang melalui TV satelit. Karena beberapa hewan telah menjadi hewan yang dilindungi dan beberapa keterampilan memasak telah hilang, tidak mungkin membuat Pesta Man-Han dengan cara yang sama selama Dinasti Qing.

Pada tahun 1983, Man Han Banquet yang ditampilkan pada “pameran hidangan di Guangzhou” yang diadakan di Guangzhou dapat dibagi menjadi empat jamuan makan penting Yutang, jamuan Longmen, jamuan Jinhua, dan jamuan Luming. Perjamuan tersebut mencakup total 128 hidangan, di antaranya 64 hidangan terkenal, 28 hidangan penutup terkenal, 28 buah, 5 lauk, dan 3 hidangan penutup utama.

 

One thought on “Man Han Banquet “Perjamuan Man Han”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *