Wisatarakyat.com – Bagi yang lagi nyari tempat wisata belajar di Jakarta, jangan lupa masukin Museum Bank Indonesia ke daftar destinasi kalian, ya. Di sini, kalian bisa lihat koleksi uang zaman dulu yang pernah dipakai di Indonesia. Selain itu, ada juga benda-benda dan dokumen bersejarah yang menarik loh. Jadi, seru deh buat dicoba!

Lokasi Museum Bank Indonesia

Alamat Museum Bank Indonesia terletak di Jalan Lada 3, RT.3/RW.6, Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11110.

Harga Tiket Museum Bank Indonesia

  • HTM umum Rp5.000
  • Pelajar dan mahasiswa (Gratis)
  • Anak di bawah 3 tahun (Gratis)

Jam Operasional

Museum Bank Indonesia buka setiap:

  • Selasa-Jumat dari pukul 07.30 hingga 15.30 WIB
  • Wekkend dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Daya Tarik Museum Bank Indonesia

Bagi yang suka jalan-jalan ke museum, mampir ke sini beneran jackpot, loh! Ada banyak hal seru yang dapat kamu nikmatin loh. Cek aja beberapa kegiatan keren di sini:

1.      Mengagumi Kemegahan Gedung

Liat deh, bagian luar museum ini keren abis! Bangunannya gede banget dan megah dengan desain gaya Eropa yang klasik. Begitu masuk, ada pilar-pilar gede dan tinggi yang bikin bangunan ini keliatan kuat banget. Liat lantainya juga, masih pake ubin jadul yang dikenal dingin.

2.      Jalan-jalan di Museum

Kegiatan lain yang asyik banget tuh museum tour-nya. Museum BI ini punya banyak koleksi bersejarah tentang dunia perbankan dan keuangan Indonesia. Ada dokumen-dokumen penting yang masih dijaga dengan baik. Ada juga teks yang jelasin efek dari kebijakan BI, gitu.

3.      Intip Koleksi Museum

Di museum ini, ada dua jenis koleksi nih, yaitu uang logam dan uang kertas. Setiap koleksi bakal ditampilin dengan nominal, desain, dan tahun edarnya. Buat uang kertas, ada koleksi Oeang Republik Indonesia dari yang paling awal sampai yang paling baru. Nah, buat uang logam, banyak jenisnya mulai dari 1 sen sampe Rp1.000,00. Seru banget deh!

Fasilitas

  • Kios buku
  • Kios souvenir
  • Perpustakaan
  • Ruang auditorium
  • Ruang pameran
  • Ruang serbaguna
  • Pusat informasi
  • Ruang penitipan barang
  • Area parkir
  • Toilet
  • Spot foto
  • Tempat sampah

Yuk, jangan sampai ketinggalan serunya! Ayo bareng-bareng mampir ke museum ini. Pasti seru banget dan banyak hal menarik yang bisa kita nikmati bersama!

Share: