Wisatarakyat.com – Museum Joang 45 Jakarta adalah salah satu museum sejarah yang terletak di Jakarta Pusat. Museum ini menyimpan berbagai koleksi yang berkaitan dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Gedung museum ini dibangun pada sekitar tahun 1920-an dan awalnya merupakan hotel yang dikelola oleh keluarga “L.C. Schomper”. Hotel ini diberi nama Hotel Schomper sesuai dengan nama pemiliknya.

Pada masa pendudukan Jepang, hotel ini dijadikan sebagai markas Kempeitai, polisi rahasia Jepang. Setelah Indonesia merdeka, hotel ini dijadikan sebagai markas Badan Keamanan Rakyat (BKR) dan kemudian menjadi markas Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Pada tahun 1950, gedung ini diserahkan kepada Pemerintah Republik Indonesia dan kemudian dijadikan sebagai Museum Joang ’45.

Lokasi Museum Joang 45 Jakarta

Museum Joang ’45 terletak di Jalan Menteng Raya Nomor 31, Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Lokasi museum ini sangat strategis, karena berada di dekat pusat kota Jakarta.

Harga Tiket Museum Joang 45 Jakarta

Harga tiket masuk adalah sebagai berikut:

  • Pelajar: Rp2.000
  • Mahasiswa: Rp3.000
  • Dewasa: Rp5.000

catatan : harga tiket dapat berubah sesuai kebijakan pengelola wisata

Jam Operasional

Museum Joang ’45 buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Pada hari Senin, museum ini tutup.

Daya Tarik

Museum Joang 45 mengundang para pengunjung untuk menjelajahi keindahan wisatanya yang memikat, di antaranya:

1.      Arsitektur Bangunan Bersejarah yang Memukau

Bangunan museum ini tidak hanya menjadi saksi bisu peristiwa bersejarah, tetapi juga menciptakan atmosfer nostalgia dengan arsitektur yang memesona. Setiap sudutnya memberikan cerita sejarah yang mengangkat pengalaman masa lalu.

2.      Koleksi Berharga: Senjata, Dokumen, Foto, dan Film

Museum ini memamerkan koleksi yang begitu beragam, mulai dari senjata bersejarah hingga dokumen, foto, dan film yang menghidupkan kembali momen-momen penting. Pengunjung dapat merasakan kekayaan warisan sejarah melalui sentuhan langsung dengan benda-benda bersejarah yang dipajang dengan apik.

3.      Menyingkap Informasi Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Lebih dari sekadar penyimpan benda-benda bersejarah, Museum Joang 45 juga berfungsi sebagai pusat informasi. Setiap sudutnya menyuguhkan pengetahuan mendalam tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia. Pengunjung diajak untuk menjelajahi dan memahami sejarah melalui presentasi informasi yang menarik dan mudah dicerna.

Dengan daya tariknya yang tak hanya visual, tetapi juga intelektual, Museum Joang 45 bukan sekadar destinasi wisata biasa. Ia adalah tempat yang memadukan inspirasi dan pendidikan, merangkum dengan indah warisan berharga dari masa lalu.

Fasilitas yang Disediakan

Tempat ini menyediakan berbagai fasilitas untuk pengunjung, antara lain:

  • Ruang pameran tetap dan temporer
  • Bioskop Joang ’45
  • Perpustakaan referensi sejarah
  • Children room
  • Foto studio
  • Souvenir shop
  • Plaza outdoor
Share: