Wisatarakyat.com – Museum Listrik dan Energi Baru (MLEB) adalah salah satu museum sains yang terletak di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Museum ini diresmikan pada tanggal 20 April 1995 oleh Presiden Soeharto. Museum MLEB memiliki luas sekitar 2 hektar dan terdiri dari 2 bangunan, yaitu Anjungan Listrik dan Anjungan Energi Baru.

Anjungan Listrik berisi koleksi peraga yang berkaitan dengan sejarah perkembangan listrik, teknologi pembangkit listrik, dan peralatan listrik. Anjungan Energi Baru berisi koleksi peraga yang berkaitan dengan energi baru terbarukan, seperti energi matahari, energi angin, energi air, dan energi geothermal.

Lokasi Museum Listrik dan Energi Baru

Lokasinya di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Lokasinya berada di dekat Danau Archipelago, tepatnya di Jalan Raya Taman Mini Pintu 7, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Harga Tiket Museum Listrik dan Energi Baru

Harga tiket masuk adalah sebagai berikut:

  • Dewasa: Rp20.000
  • Anak-anak: Rp15.000
  • Pelajar: Rp10.000
  • Wisatawan mancanegara: Rp100.000

Jam Operasional

Buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Daya Tarik

1.      Koleksi Peraga yang Menarik

Wisata ini menawarkan berbagai koleksi peraga yang menarik, mencakup model pembangkit listrik, peralatan listrik, dan alat-alat dengan penggunaan energi baru terbarukan.

2.      Teater 5D

Di dalam museum, pengunjung dapat merasakan pengalaman menonton film interaktif yang seru dan menegangkan melalui Teater 5D yang tersedia.

3.      Laboratorium Sains Interaktif

Laboratorium sains di museum ini memberikan pengunjung kesempatan untuk terlibat langsung dalam eksperimen ilmiah, meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep-konsep sains secara praktis.

4.      Pameran Seni Bertema Energi dan Listrik

Museum ini tidak hanya menonjolkan sisi ilmiah, tetapi juga aktif dalam menyelenggarakan pameran seni bertema energi dan listrik. Pameran ini menciptakan pengalaman unik yang menggabungkan seni dengan konsep energi.

Fasilitas yang Disediakan

Wisata ini menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung, antara lain:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Restoran
  • Toko souvenir
Share: