Museum R Hamong Wardoyo Boyolali – Boyolali memiliki museum tentang perkembangan wilayahnya dari waktu ke waktu. Museum ini bernama Museum R. Hamong Wardoyo yang terletak tepat di pinggir Jalan Raya kota Solo Semarang. Museum ini merupakan objek wisata yang baru dibangun pada tahun 2015 dan mulai beroperasi pada tahun 2016.

Museum R. Hamong Wardoyo Boyolali merupakan salah satu ikon wisata yang mengedukasi masyarakat. Nama R. Hamong Wardoyo diambil dari nama Bupati Boyolali pertama setelah Indonesia merdeka. Sekilas, arsitektur luar tempat wisata ini mirip namun tidak sama dengan Museum Louvre di Paris, Prancis. Atap museum ini dibangun dengan menggunakan kaca yang disusun berlapis-lapis. Tubuh bangunan juga tampak terkubur ke dalam tanah.

Dari luar, bangunan museum ini terlihat mirip dengan Museum Louvre di Paris, Prancis. Atap museum berbentuk kerucut berupa panel kaca tembus pandang sehingga bentuk bangunannya seperti bentuk piramida. Museum ini terdiri dari dua lantai dan semua dindingnya dicat putih. Di dalam museum terdapat dua ruangan utama berbentuk segi enam dengan tangga spiral yang menghubungkan lantai satu dan dua.

Lokasi Museum R Hamong Wardoyo Boyolali

Museum R. Hamong Wardoyo Kabupaten Boyolali terletak di provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Tepatnya di Jl. Pandanaran No.19, Tegalmulyo, Siswodipuran, Kec. Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57313.

Tiket Masuk Museum R Hamong Wardoyo Boyolali

Umumnya harga tiket masuk tempat wisata berbeda antara hari libur, Minggu atau juga hari biasa. Berikut kami sertakan daftar harga tiket masuk kawasan Kabupaten Boyolali. Harga dapat berubah sewaktu-waktu. Pada hari biasa, tiket masuk ke Museum R. Hamong Wardoyo adalah Rp 5.000.

Booking.com

Sedangkan pada akhir pekan, tiket masuk ke Museum R. Hamong Wardoyo adalah Rp 5.000. Ada baiknya konfirmasi harga melalui call center di bawah ini. Harga hari kerja umumnya berarti Senin-Jumat, sedangkan akhir pekan adalah hari Sabtu dan Minggu.

Catatan : Harga tiket dapat berubah sesuai kebijakan pengelola

Jam Operasional

Setiap tempat wisata memiliki jam buka dan juga jam tutup yang berbeda. Begitu juga dengan destinasi di Kabupaten Boyolali. Berikut kami sertakan tabel mengenai jam buka dan tutup Museum R. Hamong Wardoyo. Museum R. Hamong Wardoyo buka pukul 08.00 dan tutup pukul 16.00. Jam ini sesuai dengan zona waktu setempat, yaitu waktu Indonesia Barat.

Museum R Hamong Wardoyo Boyolali
Sumber : idea.grid.id

Daya Tarik

Beberapa Koleksi Sejarah

Tak lupa patung Lembu Sura atau sapi ndekem juga ada di museum. ‘Sapi Ndekem’ adalah ikon Boyolali yang tersebar di mana-mana. Kemudian dari sudut kanan dan kiri setelah Lembu Sura terdapat patung-patung bersejarah yang berjajar rapi. Sangat mudah untuk diamati! Namun sayangnya, tidak semua patung diberikan informasi, sehingga pengunjung sedikit kesulitan memahami benda-benda tersebut.

Terdiri dari 3 lantai

Museum yang berdiri sejak 2015 ini terlihat kecil dan sempit. Namun, museum ini mampu menampung puluhan benda bersejarah mulai dari patung, miniatur, hingga berbagai lukisan dan foto kuno. Jika diperhatikan dengan benar, museum ini tidak terdiri dari 2 lantai, melainkan 3 lantai. Lantai pertama berisi peninggalan sejarah, lantai dua berisi berbagai macam foto, dan lantai ketiga adalah koleksi tanaman/tanaman. Pengunjung khusus hanya bisa menjelajah di lantai satu dan dua.

Fasilitas

  • Parkir
  • Koleksi Sejarah
  • Spot Foto
  • Toilet dan Kamar Mandi

Demikian ulasan tentang, Museum R Hamong Wardoyo, Boyolali. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *