Pantai Bekah, yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang memukau. Tempat ini selalu ramai dikunjungi saat musim liburan dan akhir pekan.

Selain terletak di kota yang terkenal dengan pariwisatanya, pantai ini juga menawarkan pemandangan alam yang indah dan sensasi yang berbeda. Beberapa wisatawan bahkan menyamakan panorama pantai ini dengan keindahan Uluwatu di Bali.

Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi pengunjung yang tinggal di perkotaan dan mencari tempat untuk bersantai.

Pantai Bekah menawarkan pesona keindahan yang menarik untuk dieksplorasi. Sangat disayangkan jika Anda berada di kota Gunung Kidul tapi belum sempat berkunjung ke pantai ini yang menawarkan pemandangan indah yang tak terlupakan.

Lokasi Pantai Bekah

Bagi yang penasaran dengan lokasi Pantai Bekah, alamatnya berada di Dusun Temon, Desa Giripurwo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak dari pusat kota Jogja sekitar 48 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 90 menit.

Harga Tiket Masuk Pantai Bekah Gunung Kidul

Anda bisa mengunjungi kawasan Pantai Bekah tanpa perlu membayar tiket masuk karena wisata ini gratis. Hal ini karena belum dikelola oleh pihak swasta atau negara.

Namun, untuk biaya parkir, Anda perlu menyiapkan Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Biaya tersebut sangat terjangkau untuk menikmati keindahan alam dan fasilitas yang disediakan.

Catatan : harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Jam Operasional

Pantai Bekah buka 24 jam.

Daya Tarik

Spot Memancing

Tebing Pantai Bekah menjadi tempat yang populer bagi para pemancing yang mencari lokasi yang mendukung untuk mendirikan tenda  dan memancing di malam hari. Kondisi ini juga dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk mencari lobster di sekitar area tebing.

Keindahan Lautan

Warna biru laut yang memukau dengan deburan ombaknya menambah pesona alam pantai ini. Ketenangan dapat dirasakan saat memandang luasnya lautan, yang tidak terlalu ramai sehingga meningkatkan ketenangan.

Potensi Fotografi

Lokasi ini juga menawarkan potensi fotografi yang luar biasa. Bagi pengunjung yang gemar mengabadikan momen-momen indah, latar belakang laut biru yang menawan akan menambah keunikan dalam foto-foto mereka, terutama untuk selfie.

Tempat yang tenang

Bagi mereka yang mencari kesendirian dan ketenangan, Pantai Bekah adalah tempat yang cocok. Lokasinya yang terpencil menjadikannya masih alami dan terjaga, sehingga suasana hening dapat dirasakan dengan jelas. Hal ini juga membuatnya menjadi tempat yang ideal bagi para pemancing yang ingin berburu ikan dengan lebih nyaman.

Keindahan Tebing

Salah satu daya tarik utama Pantai Bekah adalah keindahan tebingnya yang memungkinkan pengunjung merasakan sensasi deburan ombak dan menikmati pemandangan laut lepas.

Dengan ketinggian mencapai 95 meter dan kemiringan 180 derajat, tebing ini sering disebut sebagai ‘Uluwatu-nya Jogja’. Mitos yang menyebutkan bahwa tebing ini dulunya berada di dasar laut dan terangkat menjadi daratan menambah daya tariknya.

Spot Memancing yang Menarik

Udara segar di sekitar tebing Pantai ini juga menarik bagi para pemancing. Banyak yang menikmati hobi memancing di sini, menjadikannya spot yang berbeda dari pantai-pantai lainnya. Tempat ini juga merupakan tempat yang baik untuk bertemu dengan pemancing lain dan memperluas jaringan dalam hobi memancing.

Melihat Matahari Terbenam

Pantai Bekah sering digunakan untuk menyaksikan matahari terbenam yang eksotis dan memukau. Posisi tebing yang menjorok ke laut memungkinkan pengunjung menikmati pemandangan matahari tenggelam secara sempurna, ditambah dengan deburan ombak dan hembusan angin.

Keheningan dan Keteduhan

Salah satu keunggulan Pantai Bekah adalah minimnya pengunjung sehingga masih terjaga keasrian dan kebersihannya. Tidak seperti pantai-pantai lain yang sering ramai, Pantai Bekah menawarkan suasana yang lebih tenang dan damai.

Meskipun jarang dikunjungi, keindahan pantai ini telah viral dan dianggap mirip dengan pantai di Bali, membuatnya menjadi pilihan menarik untuk menghilangkan penat.

Fasilitas

  • Musholla
  • Toilet
  • Bangku atau tempat duduk dari kayu
  • Saung semi permanen sebagai tempat berteduh
  • Rumah Makan
  • Area parkir yang luas

 

 

Share: