Wisatarakyat.com – Air Terjun Kabut Pelangi atau Coban Kabut Pelangi merupakan salah satu air terjun yang terletak di Lumajang, Jawa Timur, menawarkan panorama alam yang memikat. Objek wisata ini mempesona dengan keindahan air terjun yang dikelilingi oleh pemandangan alam yang menakjubkan.

Destinasi wiatata alam ini terletak di perbatasan antara Lumajang dan Malang, Jawa Timur, dengan ketinggian 1.229 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, di sebuah kawasan yang dikelilingi oleh pegunungan dengan aliran sungai yang jernih, sumber airnya berasal dari Gunung Semeru.

Lokasi & Rute Air Terjun Kabut Pelangi

Wisata ini terletak di Mulyoarjo, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Rute Menuju Lokasi

Dari Lumajang: Ikuti jalan nasional Lumajang-Malang melewati Sumbersuko – Tempeh – Pasirian – Candipuro – Pronojiwo. Setelah melewati Polsek Pronojiwo, akan terlihat banner penunjuk arah menuju Lokasi wisata.

Dari Malang: Ambil perjalanan menuju Kepanjen – Gondanglegi – Turen – Dampit – Tirtoyudo – Ampelgading hingga sampai di Polsek Pronojiwo. Di dekat Polsek, akan terlihat penunjuk arah menuju ke air terjun tersebut.

Setelah sampai di area parkir, perjalanan dilanjutkan dengan trekking sejauh 1,5 km melewati perkebunan warga dengan medan naik turun.

Harga Tiket Air Terjun Kabut Pelangi

Biaya masuk ke lokasi wisata ini adalah Rp.5.000,-.

Catatan : Harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Jam Operasional

Air Terjun Kabut Pelangi buka setiap hari dari pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Daya Tarik

Lokasi Strategis di Kaki Gunung Semeru

Air terjun ini berlokasi di kaki Gunung Semeru, menawarkan wisatawan pemandangan air terjun yang memukau serta panorama alam yang indah. Udara sejuk dan segar khas pegunungan menambah keasyikan pengalaman berkunjung.

Camping Ground dan Suasana Alam Asri

Selain menikmati keindahan alam, wisatawan juga dapat menggunakan fasilitas camping ground. Di sini, mereka bisa berkemah sambil menikmati suasana alam yang masih asri dan alami.

Kabut Pelangi

Destinasi wisata alam ini terkenal sebagai salah satu air terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia. Alirannya deras, terutama pada musim hujan, dengan ketinggian sekitar 100 meter di dataran tinggi sekitar 1.229 mdpl.

Fenomena Alam yang Memikat

Wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan aliran air yang turun dari tebing tinggi. Nama “Kabut Pelangi” berasal dari seringnya terlihat pelangi di sekitar air terjun, akibat fenomena pembiasan cahaya matahari bertemu dengan air terjun.

Perjalanan yang Menantang

Menuju lokasi ini, dibutuhkan tenaga dan perjuangan karena medan cukup menantang. Mulai dari trekking di area parkir, menaiki perbukitan, melewati sungai kecil, hingga melewati jalan terjal.

Pemandangan Air Terjun Anak Kabut Pelangi

Sebelum sampai di lokasi utama, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan indah Air Terjun Anak Kabut Pelangi. Perjalanan dilanjutkan dengan melewati aliran sungai, memakan waktu sekitar 15 menit.

Pemandangan Alam yang Menawan

Selain air terjun, wisatawan juga dapat menikmati panorama alam sekitar, seperti tebing berwarna coklat kemerahan yang ditutupi lumut hijau, serta pepohonan rimbun.

Aktivitas Menyenangkan di Sekitar Air Terjun

Pengunjung dapat menikmati kesegaran air terjun dengan berenang atau bermain air di sekitar tepian atau aliran sungai kecil. Namun, dilarang berenang terlalu dekat dengan air terjun karena debit air yang deras.

Kegiatan Berswafoto dan Camping

Jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto dengan latar belakang air terjun atau panorama alam sekitarnya. Selain itu, tersedia juga spot camping ground yang menyediakan area untuk mendirikan tenda bagi pengunjung yang ingin berkemah dan menikmati suasana alam pada malam hari dengan api unggun.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan di lokasi wisata ini meliputi area parkir kendaraan, mushola, toilet, gazebo, tempat duduk, dan area camping ground, serta fasilitas lainnya.

Share: