Wisatarakyat.com – Pantai Ketapang Lombok Timur, terletak di sebelah timur Pulau Bali, seringkali dibandingkan dengan pulau tetangganya karena keindahan pantainya yang telah mendunia. Pantai ini menawarkan pesona pasir putih dan pasir pantai eksotik yang memikat hati para wisatawan.

Keunikan Pantai Ketapang semakin terlihat dengan pasir hitam yang dipadukan dengan warna biru laut yang memukau.

Pantai Ketapang menjadi pilihan favorit bagi pasangan berbulan madu, tidak hanya karena mitos yang terkandung di dalamnya, tetapi juga karena pemandangan yang memikat. Saat ini, pantai ini belum dikelola oleh pihak manapun, baik masyarakat setempat maupun pemerintah daerah.

Lokasi Pantai Ketapang Lombok Timur

Tempat wisata ini beralamat di Pringgabaya, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Akses ke pantai ini dapat ditempuh dengan kendaraan motor atau mobil melalui jalan yang mudah dilewati, baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan luar pulau atau mancanegara yang dapat menuju Bandara Internasional Lombok di Kota Mataram. Dari bandara, perjalanan ke pantai ini sekitar 86,9 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 9 menit.

Harga tiket Pantai Ketapang Lombok Timur

 Destinasi wisata ini belum menetapkan tiket masuk resmi. Beberapa sumber menyebutkan bahwa mungkin diperlukan pembayaran sekitar Rp 2000. Walaupun ada biaya, keindahan alam yang ditawarkan pasti membuat pengunjung merasa puas.

Catatan : Harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Jam Operasional

Pantai ini Buka 24 jam

Daya Tarik

Eksotisme Pasir Hitam yang Unik

Pantai Ketapang Lombok Timur menawarkan keunikan dengan pasir hitam yang membentang sepanjang garis pantai. Paduan warna hitam dan biru laut menciptakan nuansa teduh dan tenang.

Untuk merasakan sensasi pasir hitam yang lembut, pengunjung disarankan untuk mencoba berjalan tanpa alas kaki.

Terbentuknya pasir hitam ini berasal dari material batuan di sekitar lokasi, yang berbeda dari pasir pantai putih biasa yang berasal dari batuan koral. Pasir hitam di Pantai Ketapang dihasilkan dari batuan vulkanik Gunung Rinjani yang berdekatan.

Pemandangan Asri yang Memukau

Pantai Ketapang Lombok Timur tidak hanya menawarkan keeksotisan pasir hitam, tetapi juga pemandangan alam yang menyejukkan mata.

Ombak yang tenang dan air laut yang jernih dengan dasar laut yang hitam memberikan pesona tersendiri. Deretan pohon di tepi pantai menambahkan nuansa kenyamanan dan ketenangan.

Selain menikmati keelokan pantai, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang cantik sepanjang perjalanan menuju pantai.

Perjalanan ini menawarkan panorama hijau yang asri, dengan area persawahan luas dan tanaman hijau di sebelah kanan dan kiri jalan.

Fasilitas

Meskipun fasilitas di Pantai Ketapang masih terbatas, dengan hanya tersedia trotoar dan warung-warung sederhana, pantai ini cocok bagi pengunjung yang mencari pengalaman berwisata alam.

Pengunjung dapat membawa tenda untuk berkemah di atas pasir hitam yang padat atau di bawah pepohonan yang rindang.

Meskipun toilet dan mushola belum tersedia, wisatawan dari luar pulau dapat mencari penginapan di sekitar area pantai, seperti Balelangga Bed & Breakfast yang berjarak sekitar 13,88 km, atau One Bedroom Standar Villa yang berjarak sekitar 15,81 km.

Share: