Wisatarakyat.com – Salah satu destinasi wisata yang menarik di Indonesia adalah Pulau Bali. Terkenal baik di dalam negeri maupun di mancanegara, Bali memiliki beragam tempat wisata yang memikat.

Kabupaten Badung Bali menjadi salah satu magnet wisata di Pulau Bali, terutama dengan pesona pantainya yang memikat. Salah satu yang patut disinggahi adalah Pantai Mengening Cemagi, menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

Pantai ini menjadi pilihan utama bagi mereka yang mencari panorama pantai yang memesona. Keelokan Pantai Mengening Cemagi memukau setiap pengunjung yang berkesempatan mengunjunginya. Tersedia berbagai aktivitas menarik yang bisa dinikmati di pantai ini, membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati keindahan alamnya.

Lokasi Pantai Mengening

Pantai Mengening terletak di Kabupaten Badung, Provinsi Bali, tepatnya di Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi. Pantai ini juga dikenal sebagai Pantai Cemagi oleh masyarakat sekitar. Jaraknya sekitar 30 km dari Gianyar dan sekitar 50 km dari Tabanan.

Akses menuju pantai ini cukup mudah karena telah tersedia penunjuk arah di sepanjang jalan. Namun, untuk memudahkan, Anda juga bisa menggunakan layanan Google Maps.

Harga Tiket Pantai Mengening Cemagi

Pantai Mengening adalah salah satu destinasi wisata yang terjangkau. Tidak ada biaya tiket masuk yang harus dikeluarkan untuk menikmati keindahan pantai ini.

Pengunjung bebas menikmati pantai tanpa dipungut biaya masuk. Namun, jika datang dengan kendaraan pribadi, pengunjung perlu membayar biaya parkir. Biaya parkir cukup terjangkau, yaitu Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Catatan : Harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Jam Operasional

24 jam

Daya Tarik

Suara Alam yang Alami

Saat memasuki kawasan Pantai Mengening, wisatawan akan disambut dengan suara alam yang riuh. Bukan karena ramainya pengunjung, melainkan karena riuhnya suara alam pantai yang alami.

Deburan ombak yang besar memukul batu karang menghasilkan suara yang lantang, membius pengunjung untuk merasakan keindahan alam pantai ini.

Pasir Hitam yang Halus

Pasir hitam yang halus akan menyambut wisatawan ketika menginjakkan kaki di pantai. Meskipun berwarna hitam, pasirnya begitu halus dan nyaman di kaki.

Terkena ombak, pasir akan memadat hingga tampak seperti aspal hitam. Wilayah perairan laut dan area pasir pantai berbatasan dengan hamparan batuan karang.

Batu Karang yang Menawan

Karang-karang membentuk tekstur unik pantai, memungkinkan wisatawan untuk berjalan di atas batu karang kecil tersebut. Namun, perlu berhati-hati dan kenakan alas kaki yang nyaman untuk menghindari cedera karena goresan batu karang yang tajam.

Spot Fotografi Dramatis

Pantai Mengening adalah tempat yang sempurna untuk berburu foto yang dramatis. Terutama di area batu karang yang tinggi menjulang, di mana hempasan ombak menciptakan percikan air yang menawan.

Dengan sudut yang tepat, pengunjung dapat mengabadikan momen yang memesona dengan latar belakang hempasan ombak.

Keberadaan Pura Luhur Batu Ngaus

Pantai Mengening memiliki pura yang terletak di tebing laut, mirip dengan Tanah Lot. Pura Gede Luhur Batu Ngaus, yang telah ada sejak tahun 1643, masih digunakan sebagai tempat bersembahyang umat

Hindu hingga saat ini. Pura ini memiliki keunikan berupa gua yang terhubung dari sisi kanan dan kiri batu karang di bawahnya.

Pemandangan Matahari Terbenam yang Indah

Saat matahari terbenam, pantai ini menyuguhkan pemandangan yang indah. Wisatawan dapat memilih beberapa lokasi strategis di pantai ini untuk menikmati matahari terbenam tanpa terhalang.

Pantai ini masih aktif digunakan untuk upacara adat dan keagamaan, seperti Purnama Jiyestha di mana diadakan piodalan.

Fasilitas

Pantai Mengening di Pulau Bali merupakan destinasi wisata pantai yang sangat indah, namun cenderung masih sepi dari pengunjung.

Meskipun demikian, fasilitas yang disediakan sangat memadai. Pengunjung tidak perlu khawatir mencari tempat makan karena terdapat banyak warung makan di sepanjang Pantai Mengening.

Bagi para pecinta kuliner, mengunjungi Pantai Mengening adalah kesempatan yang sempurna untuk menikmati berbagai menu lezat.

Meskipun warung makan di sana sederhana, namun mereka menawarkan beragam menu dengan harga yang terjangkau.

Selain fasilitas makanan, Pantai Mengening juga menyediakan fasilitas lain yang meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Mulai dari kamar mandi, toilet, area parkir, hingga jalanan menuju pura yang telah dipasangi paving. Semua fasilitas ini bertujuan untuk memastikan pengalaman wisata yang nyaman bagi pengunjung.

Terdapat juga fasilitas lainnya yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Meskipun masih cenderung sepi dari keramaian, Pantai Mengening tetap memperhatikan kenyamanan dan kebutuhan pengunjung dengan menyediakan berbagai fasilitas yang dibutuhkan.

Share: