Wisatarakyat.com – Banyuwangi, sebuah daerah yang terletak di ujung timur pulau Jawa, menghadirkan keindahan alam yang memukau. Dengan panorama mulai dari pegunungan hingga pantai eksotis, Banyuwangi menjadi destinasi yang menarik bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam.

Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan di Banyuwangi adalah Pantai Pulau Merah. Pantai ini menawarkan pasir putih halus yang menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung yang ingin bermain dan menikmati keindahan pantai. Garis pantai yang panjang membuat pengunjung betah untuk menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Pulau Merah tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang memukau, tetapi juga menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung kegiatan wisatawan.

Layanan dan fasilitas yang baik di tempat ini membuat Pantai Pulau Merah menjadi tuan rumah olahraga nasional pada tahun 2018, menarik perhatian wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Lokasi Pantai Pulau Merah

Alamat destinasi wisata bahari ini terletak di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Meskipun jaraknya cukup jauh dari pusat kota, akses menuju pantai telah dibangun dengan baik, memungkinkan pengunjung untuk sampai ke sana dengan kendaraan bermotor.

Jika Anda berangkat dari pusat kota Banyuwangi, perjalanan menuju Pantai Pulau Merah membutuhkan waktu sekitar dua jam atau lebih.

Rute perjalanan melalui wilayah Srono ke Kesilir akan membawa Anda ke destinasi ini. Meskipun rutenya berkelok-kelok, petunjuk telah disediakan di setiap persimpangan jalan untuk memudahkan perjalanan.

Harga Tiket Pantai Pulau Merah

Untuk menikmati keindahan wisata banyuwangi ini, pengunjung perlu membayar tiket masuk. Tarif tiket berbeda untuk wisatawan domestik dan mancanegara, dengan biaya Rp 10.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 100.000 untuk wisatawan mancanegara. Harap dicatat bahwa harga tiket dapat berubah sesuai kebijakan pengelola.

Catatan : Harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Baca Juga :  Membahas Eksplorasi Alam Florawisata San Terra de Lafonte di Malang

Jam Operasional

24 Jam

Daya Trik

Pantai Pulau Merah menjadi destinasi unggulan di Banyuwangi, menarik masyarakat dan wisatawan untuk menikmati keindahan alam di pesisir timur Pulau Jawa.

Pasir Putih yang Memukau

Pantai ini dikenal memiliki pasir putih yang lembut dan bersih. Saat pertama kali tiba, pengunjung disambut dengan hamparan pasir luas dan indah, menciptakan gradasi warna menawan ketika matahari tengah hari.

Sunset yang Mengasyikkan

Menikmati sunset di Pantai Pulau Merah adalah pengalaman yang mengasyikkan. Proses matahari terbenam menciptakan pemandangan indah dengan perpaduan warna biru laut dan jingga yang mempesona.

Garis Pantai Panjang dan Luas

Salah satu pesona pantai ini adalah garis pantainya yang panjang dan luas. Pasir putih lembut memungkinkan wisatawan bermain dan berjalan santai, sementara pepohonan hijau dan bukit-bukit melengkapi pemandangan.

Bukit Merah sebagai Ikona

Bukit Merah, terletak dekat bibir pantai, terdiri atas batuan alam berwarna merah dan pepohonan hijau. Bentuknya yang menjulang tinggi membuatnya menjadi ikon dari Pantai Pulau Merah.

Keberadaan Pura Tawang Alun

Pantai ini juga memiliki Pura Tawang Alun, tempat ibadah umat Hindu yang sering digunakan untuk ziarah atau acara-acara tertentu.

Ombak yang Cocok untuk Selancar

Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang bersahabat namun cukup tinggi, menarik para peselancar dari dalam dan luar negeri. Ombak yang bagus membuatnya menjadi tuan rumah lomba selancar internasional.

Berbagai Kegiatan Seru

Selain berselancar, pengunjung dapat menikmati aktivitas seperti berjalan santai, memancing dengan menyewa perahu nelayan, dan bermain layang-layang. Pantai Pulau Merah juga menyediakan kelas selancar untuk pemula.

Berkemah dan Menyewa Tenda

Pengunjung yang ingin bermalam dapat berkemah dan mendirikan tenda di area pantai. Tenda dapat disewa di tempat tersebut, tetapi perlu mendapatkan izin dari pengelola.

Baca Juga :  Pantai Tegal Wangi Bali, Wisata Laut dengan Hamparan Pasir Putih

Foto Indah untuk Kenangan

Pantai ini menawarkan banyak spot foto menarik, termasuk bukit Pulau Merah dengan suasana sunset yang romantis. Cocok juga sebagai lokasi foto pre-wedding karena pemandangan indahnya.

Fasilitas

Pengelola wisata pantai ini telah menyediakan berbagai fasilitas, mulai dari penyewaan alat selancar, perahu, alat berkemah, hingga kursus selancar bagi pemula.

Fasilitas lainnya termasuk toilet, mushola, tempat parkir, tempat makan, kursi, payung, dan gazebo, yang semuanya bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung.

.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x