Wisatarakyat.comPantai Wates Yeh Malet di Pulau Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang dapat dianggap sebagai surga di Indonesia. Keberadaannya telah meraih ketenaran yang luar biasa, bahkan hingga tingkat internasional.

Hamparan keindahan alam dan kekayaan budayanya menjadikan Pulau Bali menjadi daya tarik bagi semua orang, yang setidaknya ingin mengunjungi pulau ini sekali dalam hidup mereka.

Dalam berbagai pantai cantik di Bali, rekomendasi yang menarik adalah Pantai Wates Yeh Malet, sebuah kawasan wisata pantai yang masih tergolong baru di Bali. Nama “Wates” diberikan karena pantai ini berada di perbatasan antara daerah Klungkung dan Karangasem.

Pantai ini dibangun dengan tujuan sebagai rest area atau tempat peristirahatan bagi para pelancong yang melakukan perjalanan jauh.

Menghabiskan waktu sejenak untuk menikmati kecantikan pantai ini, dengan pasir hitam yang indah, sebelum melanjutkan perjalanan panjang, bisa menjadi pengalaman yang berkesan.

Lokasi Pantai Wates Yeh Malet

Alamat tempat wisata ini tepatnya Terletak di Kecamatan Manggis, Jalan Raya Tengading Amlaupura, Dusun Yeh Malet, Kabupaten Karangasem, Bali, pantai ini hanya berjarak sekitar 1 jam dari kota Denpasar.

Lokasinya dapat diakses dengan kendaraan pribadi maupun umum, dan penggunaan ponsel pintar dengan Google Maps bisa membantu wisatawan yang belum familiar dengan daerah Bali.

Sesampainya di pantai, wisatawan akan disambut dengan pemandangan patung besar Dewi Candra dan Dewa Surya yang berdiri di atas Naga Aruna.

Patung ini memiliki makna mendalam, menggambarkan pradana (unsur benda) dan purusa (unsur jiwa), sesuai dengan kekentalan unsur spiritual Bali yang terlihat melalui banyaknya pura atau patung di sepanjang jalan.

Pantai ini juga dekat dengan Pelabuhan Pangdabai, tempat penyeberangan dari Bali ke Lombok, hanya butuh berkendara sekitar 15 menit untuk sampai ke sana.

Baca Juga :  Pantai Kelapa Tuban, Wisata Alam yang Eksotis

Harga Tiket Pantai Wates Yeh Malet

Tidak ada biaya tiket untuk masuk kawasan wisata ini, sehingga pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir yang terjangkau.

Catatan : Harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Jam Operasional

Pantai ini buka 24 jam, sehingga bisa dikunjungi kapan saja. Namun, disarankan untuk datang saat cuaca cerah agar keindahannya dapat dinikmati dengan optimal.

Daya tarik

Suasana Pantai Yeh Malet

Pantai Yeh Malet menawarkan suasana yang sangat mendukung untuk menjadi destinasi liburan bersama keluarga.

Banyak wisatawan yang secara rutin menghabiskan waktu liburan mereka di objek wisata ini. Selain menjadi tempat ideal untuk beristirahat, pantai ini juga memukau dengan pemandangan yang sangat cocok untuk diabadikan dalam foto Instagram.

Keistimewaan Senja di Pantai Yeh Malet

Pada senja hari, ketika matahari mulai tenggelam, daya tarik pantai ini menjadi lebih istimewa. Pemandangan matahari terbenam di langit, dengan tulisan Pantai Wates Yeh Malet yang diterangi lampu, menciptakan pemandangan senja yang cantik dan spektakuler. Siluet puing perahu di bibir pantai semakin melengkapi keindahan lanskap pantai saat senja tiba.

Landmark dan Ikon Pariwisata

Pantai Wates Yeh Malet memiliki landmark berupa tulisan yang menjadi daya tarik utama bagi pengunjung.

Pada gerbang masuk Kabupaten Karangasem, berdiri Patung Surya Candra dan Dewi Candra di atas Naga Ananta Boga, melambangkan kemakmuran masyarakat setempat.

Patung ini menjadi ikon pariwisata dan populer sebagai latar foto para wisatawan.

Aktivitas Memancing

Pantai Wates Yeh Malet juga menarik para penggemar memancing, dengan akses yang sangat mudah di pinggir jalan raya utama.

Wisatawan yang membawa peralatan pancing dapat bersantai di kawasan berpasir di bibir pantai, menunggu umpan mereka mendapatkan sasaran.

Baca Juga :  Pantai Cinta Kedungu, Tempat Terbaik Menikmati Senja

Ikan yang dapat diperoleh di kawasan ini antara lain Tuna, Langoan, dan ikan Jangki, dengan kebanyakan ikan lumba-lumba.

Penataan Kawasan

Kawasan Pantai Wates Yeh Malet telah ditata dengan baik, termasuk pedestrian atau jalur pejalan kaki yang rapi.

Pohon palem dan lampu taman yang menghiasi area pejalan kaki menambah daya tarik dan kenyamanan pengunjung.

Banyak wisatawan yang memanfaatkan area ini untuk berolahraga, seperti berlari atau berjalan santai, sementara sejumlah pihak sekolah mengadakan gerak jalan di sini.

Pasir Hitam dan Keindahan Alam

Destinasi wisata bali ini memiliki pasir hitam yang cantik, terutama saat matahari bersinar. Deburan ombak yang landai, laut biru, dan langit bersih menjadi panorama yang menakjubkan.

Wisatawan dapat duduk bersantai di bangku-bangku taman yang tersedia, menikmati keindahan pantai dan berbincang bersama keluarga atau teman.

Fasilitas

Fasilitas di Pantai Wates Yeh Malet cukup lengkap meskipun tidak ada biaya tiket masuk. Terdapat kamar mandi, tempat parkir, dan warung makan yang memadai. Fasilitas pejalan kaki juga disediakan untuk kenyamanan pengunjung yang memilih berjalan kaki.

Pantai Wates Yeh Malet, yang populer di Karangasem, Bali, merupakan destinasi wisata yang sangat menarik. Mengunjungi pantai cantik ini dapat memberikan pengalaman liburan yang masih baru, bersih, dan tentu saja memikat.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x