Wisata Pasar Gede Hardjonagoro
Sumber : www.laurentiadewi .com

Pasar Gede Hardjonagoro, Tempat Wisata Kuliner Khas Pasar

Posted on

Wisata Pasar Gede Hardjonagoro – Pasar Gede Hardjonagoro merupakan pasar tradisional tertua di kota Solo. Ada banyak pasar tradisional di Indonesia yang menyimpan kenangan masa lalu daerah-daerah di Indonesia, meski kini jumlahnya semakin berkurang karena pesatnya perubahan teknologi dan semakin banyaknya pasar modern.

Namun tidak dengan Pasar Gede, pasar ini masih berdiri kokoh hingga kini dengan kehebatan dan sejarahnya yang terus dirawat dan dilestarikan oleh masyarakat kota Solo. Pasar Gede Hardjonagoro bisa menjadi alternatif tempat wisata yang bisa Anda pilih jika berkunjung ke kota Solo. Pasar yang terletak di Jalan Jendral Sudirman ini menjadi ruang interaksi sosial bagi masyarakat kota ini.

Pasar Gede didirikan pada tahun 1930, dirancang oleh seorang arsitek Belanda bernama Thomas Karsten. Pasar yang bernama lengkap Gede Hardjonagoro ini juga menjadi simbol keharmonisan sosial budaya kota Solo, terbukti dengan keberadaan klenteng tidak jauh dari tempat pasar berdiri.

Lokasi Pasar Gede Hardjonagoro

Pasar ini terletak di provinsi Jawa Tengah. Tepatnya di Jl. Urip Sumoharjo, Kepatihan Wetan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Jika anda ingin mendapatkan petunjuk arah ke tempat wisata tersebut lebih jelas, kami sarankan gunakan google maps.

Harga Tiket Masuk Pasar Gede Hardjonagoro

Umumnya harga tiket masuk tempat wisata berbeda antara hari libur, Minggu atau hari biasa. Berikut kami sertakan daftar harga tiket masuk kawasan Kota Surakarta. Harga dapat berubah sewaktu-waktu. Pada hari biasa, tiket masuk ke Pasar Gede adalah Rp. 0.00. Sedangkan pada akhir pekan, tiket masuk ke Pasar Gede adalah Rp. 0.00.

Jam Operasional

Setiap tempat wisata pasti memiliki jam buka dan tutup yang berbeda. Begitu juga dengan destinasi di kota Surakarta. Berikut kami sertakan tabel mengenai jam buka dan tutup Pasar Gede. Pasar Gede buka 24 jam. Jam ini sesuai dengan zona waktu setempat, yaitu waktu Asia atau Jakarta.

Wisata Pasar Gede Hardjonagoro
Sumber : joss .co.id

Daya Tarik

Wisata Kuliner

Pasar Gede kaya akan kuliner dan jajanan khas pasar. Berbagai rasa bisa Anda dapatkan di sini, mulai dari manis, asam, gurih, bahkan pahit. Penjual jajanan biasanya meletakkan dagangannya di sebelah pemilik warung sembako.

Deretan makanan berat hingga jajanan seperti nasi liwet, timlo, pecel, kembang gempol, jenang, klepon, rambak, keripik paru, dan lainnya siap menggoyang lidah para pecinta kuliner nusantara. Harganya tentu jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga makanan di kafe. Tapi soal selera dijamin menang.

Berfoto Foto

Hiruk pikuk aktivitas Pasar Gede setiap hari menjadi hal unik yang bisa diabadikan dalam lensa, terutama foto yang bertemakan human interest. Anda bisa berfoto di depan pasar ini atau di latar belakang sebelum pintu masuk pasar.

Spot ini sangat cocok bagi para pecinta foto yang mengambil angle baru atau bagi wisatawan yang ingin mendapatkan sensasi di depan Pasar Gede. Bangunan pasar khas yang dipadukan dengan Kelenteng Tien Kok Sie ini akan menciptakan citra yang memiliki nilai cerita yang berbeda.

Fasilitas

Pasar Gede Hardjonagoro menawarkan tempat belanja yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik. Berikut fasilitas yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Pasar Gede Hardjonagoro:

  • Area parkir kendaraan.
  • Toko dan outlet barang yang menarik.
  • tempat makan.
  • Toilet
  • Panggung hiburan.
  • kedai kopi.

Dapatkan liburan seru dengan mengunjungi Pasar ini bersama sahabat tercinta.

Demikian ulasan tentang Wisata Pasar Gede Hardjonagoro semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published.