Wisatarakyat.com Pasar Seni Ubud menyediakan berbagai jenis kerajinan, pernak-pernik atau sovernir khas Pulau Bali yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Pulau Bali tidak hanya dikenal dengan keindahan pantainya saja, tapi ada banyak pasar seni tradisional yang memiliki keunikan tersendiri sehingga wajib untuk dikunjungi. Pasar Seni Ubud misalnya, pasar ini menjadi salah satu pasar seni tradisional yang namanya sudah dikenal luas di kalangan wisatawan lokal maupun asing.

Di pasar tradisional ini, Anda akan menemukan berbagai produk kesenian dari daerah Gianyar Bali. Di kawasan ini juga, Anda bisa mendapatkan beragam kerajinan yang berkualitas tetapi tetap dengan harga yang terjangkau. Karena itu, banyak wisatawan pergi ke pasar ini untuk berburu produk kesenian khas Bali.

Tapi untuk saat ini, Pasar Seni Ubud sepertinya lebih didominasi oleh para wisatawan asing sebab Ubud sendiri menjadi destinasi favorit mereka kala berlibur di Bali. Pasar seni ini juga memiliki daya tarik yang tinggi sehingga wajar saja jika selalu ramai dikunjungi.

Lokasi Pasar Seni Ubud

Menemukan lokasi pasar ini sebenarnya tidak begitu sulit. Karena lokasinya yang berada di kawasan pariwisata Ubud atau tepatnya di Jl. Raya Ubud Nomor, Gianyar, Bali. Anda yang ingin pergi ke pasar ini harus mengikuti rute yang benar supaya bisa tiba dengan cepat nanti.

Rute menuju Pasar Seni Ubut bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan apapun mulai dari kendaraan pribadi, taksi, ojek online bahkan sewa mobil. Karena akses jalannya yang sudah bagus memudahkan orang-orang yang ingin pergi ke lokasi ini.

Baca Juga :  Destinasi Wisata Alam Gunung Lesung yang Menakjubkan di Bali

Jika Anda dari Monkey Forest Ubud, maka Anda bisa pergi ke arah utara menuju Jl. Dewi Sinta dengan waktu yang hanya 2 menit saja. Kemudian, belok ke kanan atau ke Jalan Raya Ubud dengan jarak tempuh sekitar 48 meter. Anda akan menemukan Pasar Seni Ubud di kiri jalan nanti.

Lokasi pasar ini akan selalu ramai dikunjungi, jadi apabila Anda menggunakan mobil pribadi sebaiknya parkirkan mobil Anda 750 meter dari Pasar Seni. Karena pasar ini tidak menyediakan banyak tempat untuk memarkirkan kendaraan roda empat.

 

Harga Tiket Pasar Seni Ubud

Untuk masuk tempat ini pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis, pengunjung hanya dikenai biaya parkir Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000

Catatan : harga parkir bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Daya Tarik

Jika Anda sedang berlibur di Bali, maka wajib menyempatkan waktu untuk berburu oleh-oleh di Pasar Seni Ubud. Karena pasar ini tidak hanya menjadi salah satu tempat wisata saja melainkan juga tempat berbelanja oleh-oleh yang memiliki daya tarik tersendiri. Jika Anda penasaran, mari simak lebih lanjut pembahasannya.

1. Tempat Syuting Film Hollywood “Eat, Pray, Love”

Pesona pasar seni ini sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Saking terkenalnya daerah ini membuatnya menjadi lokasi syuting untuk film Hollywood berjudul Eat, Pray, Love di tahun 2009 silam. Eat Pray Love merupakan film drama dari Amerika Serikat yang diambil dari novel dengan judul yang sama karya Elizabeth Gilbert.

2. Barang yang Dijual Berkualitas

Seperti yang kita ketahui bahwa Pasar pernak-pernik ini memiliki dua bagian yaitu Pasar di wilayah barat wilayah timur. Fungsinya juga berbeda, di wilayah barat difungsikan untuk menjual beragam kerajinan seni sedangkan di wilayah timur menjadi tempat untuk menjual kebutuhan pokok.

Baca Juga :  Pesona Keindahan Restoran Shichirin Ubud Bali, Berkonsep Ala Jepang

Sebenarnya, untuk barang yang dijual di Pasar Seni Ubud ini sama saja dengan pasar seni lainnya. Tapi yang membuat pasar ini selalu ramai dikunjungi adalah karena barang-barang yang dijual sangat berkualitas.

Adapun daftar barang dagangan yang bisa Anda dapatkan saat berbelanja di pasar seni ini adalah lukisan, patung, baju kaos, cincin dan kalung, kain pantai dan masih banyak lagi yang lain. Semua barang yang dijual merupakan barang yang sangat khas dengan Bali. Jadi Anda bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh saat pulang ke kampung halaman.

3. Harga Barang Jauh Lebih Murah

Meski barang-barang yang dijual di pasar ini memiliki kualitas tinggi, tapi Anda tetap akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan pasar tradisional di Bali yang lainnya.

Hal ini dikarenakan banyak pengrajin menjual hasil karyanya secara langsung di pasar ini. Jadi Anda akan mendapatkan barang-barang dari tangan pengrajinnya langsung. Jika Anda tidak puas dengan harga yang ditawarkan, tidak masalah jika ingin menawarnya nanti.

Baca juga: Destinasi Wisata Umbulan Tanaka Malang, Tawarkan Vibes Ala Negeri Sakura

Fasilitas

Berbelanja di Pasar Seni merupakan salah satu kegiatan yang mengasyikkan dilakukan di Ubud. Apalagi di pasar ini, semua tertata dengan rapih. Jika biasanya pasar tradisional identik dengan kumuh dan kotor, maka hal yang sama tidak terlihat saat berada di pasar ini.

Jalanan di Pasar Seni Ubud dilengkapi dengan paving yang begitu nyaman. Kebersihan pasar ini juga sudah dijaga dengan baik agar para pengunjung yang datang merasa nyaman dan betah meski berlama-lama berada di pasar ini.

Selain itu, Anda juga akan melihat beberapa fasilitas penunjang di pasar ini seperti area parkir, kamar mandi atau toilet, warung makan dan lain-lain. Anda yang memutuskan menginap di dekat pasar ini juga bisa karena ada fasilitas penginapan dan hotel yang sudah tersedia disini. Dengan semua fasilitas ini, tentu para wisatawan akan semakin nyaman saat berbelanja di pasar seni ini.

Baca Juga :  Tertarik dengan Artistik? Berkunjung ke Garuda Wisnu Kencana Solusinya!
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *