Wisatarakyat.com – Apakah kamu sedang mencari tempat wisata yang menawarkan keindahan alam, kekayaan biota laut, dan sensasi petualangan? Jika ya, maka kamu harus mengunjungi Pulau Derawan, salah satu pulau terindah di Indonesia yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Pulau Derawan Kalimantan Timur adalah pulau yang sering dijadikan base untuk keliling Kepulauan Derawan, yang terdiri dari pulau-pulau lain. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai aktivitas wisata yang seru dan menyenangkan. Tertarik untuk berkunjung ke Pulau Derawan? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Lokasi dan Cara Menuju Pulau Derawan

Destinasi wisata ini berada di Kecamatan Derawan, Berau, Kalimantan Timur. Untuk mencapai pulau ini, kamu perlu terbang ke Balikpapan atau Samarinda terlebih dahulu. Dari sana, kamu bisa memilih jalur udara atau darat untuk menuju Kabupaten Berau. Jalur udara lebih cepat dan nyaman, tapi lebih mahal. Kamu bisa terbang ke bandara Kalimarau di Tanjung Redeb dengan maskapai Wings Air atau Susi Air.

Dari bandara Kalimarau, kamu bisa naik mobil atau ojek menuju pelabuhan Tanjung Batu, yang memakan waktu sekitar 15 menit. Dari pelabuhan Tanjung Batu, kamu bisa naik speedboat menuju Pulau Derawan. Waktu tempuh sekitar 30 menit.

Jalur darat lebih murah dan menantang, tetapi juga lebih lama dan melelahkan. Kamu bisa naik bus atau travel dari Balikpapan atau Samarinda menuju Tanjung Redeb. Dari Tanjung Redeb, kamu bisa naik mobil atau ojek menuju pelabuhan Tanjung Batu. Dari pelabuhan Tanjung Batu, kamu bisa naik speedboat menuju Pulau Derawan. Waktu tempuh perjalanan sekitar 30 menit.

Baca Juga :  Tempat Wisata di Kalimantan Timur Paling Eksotis

Harga Tiket dan Jam Operasional

Untuk masuk ke wisata kalimanatan ini, kamu tidak perlu membayar tiket masuk. Namun, kamu perlu membayar biaya transportasi dari bandara atau pelabuhan menuju pulau ini. Biaya transportasi ini bervariasi tergantung pada jenis kendaraan dan jarak tempuh. Berikut adalah perkiraan biaya transportasi yang perlu kamu siapkan:

  • Mobil atau ojek: Rp 50.000 – Rp 100.000 per orang
  • Speedboat: Rp 100.000 – Rp 150.000 per orang
  • Bus atau travel: Rp 150.000 – Rp 200.000 per orang
  • Mobil atau ojek: Rp 50.000 – Rp 100.000 per orang

Catatan : Harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Jam Operasional

Tempat ini buka setiap hari selama 24 jam. Namun, jika kamu ingin mengunjungi pulau-pulau lain di Kepulauan Derawan, kamu perlu menyewa speedboat khusus yang biasanya beroperasi mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WITA.

Daya Tarik

Pulau Derawan memiliki banyak daya tarik yang membuat wisatawan betah berlama-lama di sini. Berikut adalah beberapa daya tarik yang bisa kamu nikmati di Pulau Derawan:

  • Pantai pasir putih yang bersih dan indah.
  • Taman bawah laut yang kaya akan satwa laut.
  • Pulau-pulau lain di Kepulauan Derawan yang menawarkan keunikan tersendiri.
  • Budaya dan kehidupan masyarakat lokal yang ramah dan sederhana.

 

Fasilitas

Destinasi wisata ini juga memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk menunjang kegiatan wisata kamu. Harga penginapan ini bervariasi tergantung pada fasilitas dan lokasinya. Berikut adalah perkiraan harga penginapan :

  • Homestay: Rp 100.000 – Rp 200.000 per malam
  • Losmen: Rp 200.000 – Rp 300.000 per malam
  • Resort: Rp 500.000 – Rp 1.500.000 per malam

Selain penginapan, Anda juga bisa menemukan beberapa warung makan, kafe, toko oleh-oleh, ATM, puskesmas, masjid, gereja, dan sekolah di pulau ini. Fasilitas komunikasi di tempat ini juga sudah baik, karena sudah terjangkau dengan sinyal 3G. Tersedia juga tempat menyewa peralatan diving di beberapa dive centre yang ada di pulau ini.

Baca Juga :  Pantai Samber Gelap, Surga Tersembunyi di Kalimantan Selatan, wajib kamu kunjungi

Nah, Itulah artikel tentang Pulau Derawan Kalimantan Timur, surga wisata bahari yang wajib kamu kunjungi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi kamu untuk berkunjung ke pulau ini. Jika kamu memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat berlibur!

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x