Wisatarakyat.com – Salah satu destinasi wisata yang sedang menjadi viral di aplikasi TikTok saat ini adalah Taman Badegolan yang terletak di Kabupaten Kebumen. Keberadaannya yang begitu menyegarkan dengan pemandangan semburan air dari PLTA yang deras, menciptakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Banyak yang mengatakan bahwa warna biru airnya menyerupai Sungai Aare di Swiss. Hal ini tentu sangat langka ditemukan di tempat wisata air manapun.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi, ada baiknya untuk memperhatikan informasi berikut tentang Taman Badegolan. Ajak teman-teman Anda agar lebih seru!

Lokasi Taman Badegolan

Alamat tempat wisata ini tepatnya terletak di komplek PLTA Waduk Wadaslintang, Kabupaten Kebumen. Meskipun begitu, Waduk Wadaslintang sendiri berada di wilayah Kabupaten Wonosobo.

Karena akses menuju lokasi belum dapat dilalui oleh kendaraan umum, hanya kendaraan pribadi seperti motor dan mobil yang dapat mencapai tempat ini.

Harga Tiket Taman Badegolan Kebumen

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini cukup terjangkau. Cukup dengan membayar Rp5.000 untuk parkir motor dan Rp10.000 untuk mobil, Anda sudah dapat menikmati keindahannya.

Catatan : Harga tiket bisa berubah mengikuti kebijakan pengelola

Jam Operasional

Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Badegolan adalah di pagi hari ketika suasana masih sangat sejuk. Jam operasionalnya dimulai dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Daya Tarik

Suasana Taman Badegolan mirip dengan suasana di tepi pantai dengan deburan ombak dan angin sepoi-sepoi yang cocok untuk bersantai. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat pelangi di antara semburan air dari PLTA.

Ttempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang memukau. Di sini, pengunjung dapat melihat langsung semburan air dari PLTA Wadaslintang yang menjadi daya tarik utama.

Meskipun Taman Badegolan dapat menjadi destinasi wisata keluarga, kehati-hatian tetap menjadi prioritas utama. Tepi sungainya belum dilengkapi dengan pagar pembatas keamanan dan pengunjung dilarang untuk berenang karena arus sungainya yang deras.

Warna air yang mengalir dari Waduk Wadaslintang menjadi daya tarik utama. Warna hijau toska dan birunya sangat menarik. Ketika air keluar dari Waduk Wadaslintang, percikan airnya seperti kepulan asap. Pemandangan sungainya yang instagramable dan lingkungannya yang nyaman menjadikannya sering disamakan dengan Sungai Aare di Swiss.

Wisatawan yang datang kebanyakan adalah kaum muda yang gemar beraktivitas di media sosial, namun tetap harus berhati-hati. Selain larangan berenang, pengunjung juga diharapkan tidak membuang sampah sembarangan agar keindahan sungainya tetap terjaga.

Untuk hasil foto yang sempurna, pengunjung disarankan untuk mempertimbangkan faktor cuaca.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Taman ini meliputi:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Warung makan

Share: