Wisatarakyat.com – Taman Nasional Gunung Rinjani di Pulau Lombok merupakan destinasi unggulan bagi para pendaki dan pecinta alam. Keindahan gunung ini, dengan ketinggian mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut, menjadikannya gunung merapi tertinggi kedua di Indonesia.

Pesona alam yang dimiliki oleh Gunung Rinjani telah menjadikannya sebagai daya tarik utama bagi para pendaki dari berbagai penjuru Indonesia.

 

Meskipun medan pendakian gunung Rinjani tidak terlalu sulit, tetapi tetap disarankan untuk menggunakan pemandu profesional guna memastikan keselamatan selama pendakian.

Di Lombok, Nusa Tenggara Barat, kebanyakan wisatawan tertarik dengan keindahan gili-gili seperti Gili Trawangan, Meno, Kedis, Sudak, dan sebagainya. Namun, Gunung Rinjani menyajikan pesona alam yang tidak kalah menarik di daratan Lombok.

 

Bulan Juli dan Agustus dianggap sebagai waktu terbaik untuk menjelajahi Gunung Rinjani. Pemandangan yang memukau dapat dinikmati dari ketinggian, membuat petualangan ini menjadi pengalaman tak terlupakan.

 

Lokasi Taman Nasional Gunung Rinjani

Lokasi Gunung Rinjani terletak di Lombok Utara, dan pendaki dari Lombok biasanya harus menuju pusat kota terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan ke titik pendakian. Rute pendakian di Gunung Rinjani cukup berbahaya, sehingga disarankan untuk tidak mendaki sendiri tanpa bantuan petanda atau alat komunikasi. Penggunaan jasa pemandu lokal sangat dianjurkan untuk mencegah kehilangan atau tersesat selama perjalanan.

Rute menuju Gunung Rinjani dapat dijangkau dengan mudah melalui angkutan umum dari kota Lombok.

 

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Gunung Rinjani

  • Harga Tiket Masuk Domestik Weekday: Rp 5.000/orang
  • Harga Tiket Masuk Domestik Weekend: Rp 7.500/orang
  • Harga Tiket Masuk Mancanegara Weekday: Rp 150.000/orang
  • Harga Tiket Masuk Mancanegara Weekend: Rp 225.000/orang

Catatan : Harga Tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

 

Jam Operasional

Buka setiap hari 24 jam

 

Daya Tarik

Tempat Mendaki yang Indah

Para pendaki sering memilih Gunung Rinjani sebagai destinasi pendakian karena pemandangan indah yang dapat dinikmati ketika mencapai puncaknya.

Aktivitas pendakian biasanya berlangsung pada bulan Juli sampai Agustus, melibatkan tidak hanya wisatawan lokal, tetapi juga banyak wisatawan asing yang tertarik untuk menjelajahi gunung ini.

 

Air Terjun yang Menawan

Gunung Rinjani juga menawarkan air terjun yang tinggi dengan ketinggian sekitar 25 meter. Wisatawan sering menikmati keindahan air deras yang bersih yang jatuh dari ketinggian, sambil merasakan suasana sejuk di sekitarnya. Alam yang hijau dan subur semakin memperkaya pengalaman wisata di tempat ini.

 

Pemandian Air Panas

Selain menyediakan fasilitas pemandian air panas alami, Gunung Rinjani menampilkan panorama indah ketika pengunjung berendam di kolam air panasnya.

Sebau, sumber air panas di lokasi ini, dipercaya oleh masyarakat setempat untuk memiliki khasiat penyembuhan. Keindahan alam di sekitarnya juga dapat dinikmati, dengan keberadaan beragam hewan seperti kera, burung, rusa, dan lutung.

 

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak terkenal karena airnya yang bersih dan bentuknya yang menyerupai bulan sabit. Pengunjung diizinkan untuk memancing di danau ini, dan area pesisir danau yang luas memberikan kesempatan untuk mendirikan kamp, menciptakan suasana camping yang sangat menyenangkan.

 

Desa Senaru

Desa Adat Senaru, yang terletak di sekitar Gunung Rinjani, menambah kekayaan pengalaman wisata dengan arsitektur unik yang mencerminkan tradisi Indonesia.

Selain menjadi tempat wisata budaya, desa ini juga mempertahankan adat istiadat daerah setempat.

Penginapan berkualitas dan restoran yang tersedia di desa ini menjadikan liburan ke Gunung Rinjani lebih lengkap dan nyaman bagi para wisatawan.

Fasilitas

Fasilitas di sekitar Gunung Rinjani terbatas, dengan keberadaan penginapan, restoran, dan sebagainya. Para pengunjung yang berencana untuk camping harus membawa peralatan sendiri, dan transportasi ke titik pendakian dapat diakses melalui fasilitas angkutan umum yang dapat disewa.

 

 

Share: