Wisatarakyat.com. Kebakaran rumah bisa terjadi korsleting listrik, gas rumah tangga yang meledak bahkan karena sambaran petir. Meskipun kebakaran rumah tidak dapat diprediksi, namun pemilik rumah dapat melakukan pencegahan. Melindungi rumah dan isi rumah Anda dari kebakaran adalah tentang pencegahan.

Kebakaran rumah akan sangat merugikan, selain kehilangan aset  dan barang-barang berharga yang ikut terbakar.  Anda juga harus mengeluarkan banyak uang untuk membangun rumah itu kembali. Jadi, agar hal ini tidak terjadi, penting untuk melakukan pencegahan

Bagaimana Cara Melindungi Rumah Anda dari Kebakaran?

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan sebagai pemilik rumah untuk melindungi properti Anda dari kebakaran. Berikut beberapa cara mencegah terjadinya kebakaran di rumah Anda:

  1. Jauhkan Barang-Barang Mudah terbakar dari Sumber Api

Hal yang wajib Anda lakukan untuk mencegah kebakaran rumah adalah dengan menjauhkan barang-barang yang mudah terbakar dari sumber api. Misalnya jangan meletakkan kertas atau kain di dekat kompor yang sedang menyala.

Jangan juga meletakkan barang-barang mudah terbakar di sekitaran lilin yang sedang menyala. Jauhkan juga kayu yang ada di halaman rumah apabila Anda sedang membakar sampah di halaman. Pastikan Anda tidak meletakan barang-barang yang mudah kebakaran di sumber api.

  1. Perhatikan Sistem Kelistrikan Rumah Anda

Kebakaran rumah yang sering terjadi yaitu karena disebabkan oleh korsleting listrik. Jangan mencolokkan terlalu banyak peralatan ke stopkontak listrik. Anda juga perlu sering memeriksa kabel-kabel di rumah Anda, apakah masih dapat berfungsi dengan baik atau bahkan kabel sudah terkelupas.

Apabila Anda menemukan kabel yang sudah rusak karena gigitan tikus atau mengelupas karena sudah sangat lama digunakan, maka Anda perlu segera menggantinya. Menjaga sistem kelistrikan tetap baik adalah salah satu pencegahan kebakaran rumah.

  1. Jangan Meninggalkan Kompor Menyala Tanpa Pengawasan

Sebagian besar kebakaran rumah dimulai di dapur. Jangan keluar dari dari saat makanan sedang dimasak atau jangan meninggalkan dapur pada saat kompor menyala. Jika ada yang terbakar di atas kompor, tutup panci dengan penutup untuk memadamkan api. Jika api ada di dalam oven, matikan api dan biarkan pintu oven tertutup. Jangan pernah menuangkan air ke atas api memasak.

Banyak dari kebakaran ini disebabkan oleh orang-orang yang meninggalkan memasak makanan tanpa pengawasan, bahan bakar terlalu dekat dengan sumber panas atau lupa mematikan peralatan memasak, seperti kompor atau oven, saat selesai memasak.

Untuk makanan yang membutuhkan waktu lama untuk disiapkan, sering-seringlah memeriksa kembali. Ini akan membantu mencegah kemungkinan penyebab kebakaran, misalnya, jika cairan telah mendidih dan makanan sedang dimasak kering.

  1. Jangan Merokok di Kamar Tidur

Area paling umum kedua untuk kebakaran rumah adalah kamar tidur. Kebakaran ini dapat disebabkan oleh penghuni kamar yang merokok di kamar. Atau penyebab kebakaran yang terjadi di area kamar tidur yaitu dapat disebabkan oleh listrik, yang disebabkan oleh kabel yang rusak.

Jangan merokok di tempat tidur. Jika Anda tertidur dan bara rokok Anda jatuh di atas seprai, selimut, atau karpet, hal itu dapat memicu kebakaran.

Untuk menghindari kebakaran lainnya di kamar tidur adalah dengan menempatkan laptop, ponsel, dan perangkat pengisi daya lainnya di permukaan yang keras seperti nakas, meja rias, atau meja. Jangan tinggalkan mereka di tempat tidur atau karpet di mana, jika terlalu panas, mereka dapat menyalakan api.

  1. Menggunakan Bahan Bangunan yang Tahan Api

Salah satu cara terbaik untuk membuat rumah tahan api adalah dengan menggunakan bahan bangunan yang tidak mudah terbakar. Sementara banyak rumah terbuat dari kayu, bahan konstruksi seperti beton, plesteran, batu bata dan gypsum tahan api.

Jendela yang menggunakan kaca tahan api merupakan alternatif yang lebih baik dari kaca standar. Contohnya termasuk kaca berpanel ganda, kaca tempered, dan blok kaca. Memilih jenis bahan ini untuk konstruksi baru memberi Anda peluang terbaik untuk rumah tahan api. Tapi Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan ini saat merenovasi rumah yang sudah ada.

  1. Beli Asuransi Kebakaran Rumah

Asuransi kebakaran memberikan perlindungan untuk rumah Anda dengan menjamin kerusakan atau kerugian properti dan harta benda atau kepentingan yang dipertanggungkan yang secara langsung disebabkan oleh kebakaran.

Perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi kebakaran terbaik di Indonesia adalah Asuransiastra.com solusi asuransi yang dapat disesuaikan dengan manfaat untuk memastikan bahwa rumah Anda dan isinya terlindungi dengan baik,

Memiliki asuransi kebakaran, tentunya akan membuat hidup Anda lebih tenang, karena aset berharga Anda mendapatkan perlindungan terbaik dari perusahaan asuransi terpercaya.

Kebakaran rumah dapat melukai orang, mengganggu kehidupan dan menyebabkan kerusakan dan kerugian jutaan bahkan ratusan juta. Namun, dengan asuransi kebakaran, Anda akan mendapatkan jaminan kerugian dan kerusakan harta benda.

Nah itulah beberapa tips pencegahan kebakaran rumah yang bisa Anda terapkan untuk melindungi rumah Anda dari kebakaran. Kami harap tulisan ini membantu dan bermanfaat untuk Anda.

 

Baca Juga :

Share: