Wisatarakyat.com – Apakah Kamu sedang mencari tempat wisata alam yang indah, unik, dan menarik di Sumatera Barat? Jika iya, maka Kamu tidak boleh melewatkan wisata Ngerai Sianok. Ngerai Sianok merupakan sebuah lembah curam yang sedikit berkelok dan membentang dari selatan ngarai Koto Gadang sampai nagari Sianok Anam Suku, serta berakhir di kecamatan Pelupuh, dan terletak di perbatasan Kota Bukittinggi.

Wisata ngerai sianok memiliki pemandangan yang sangat indah dan memesona. Kamu bisa melihat tebing-tebing setinggi 100 meter yang dikelilingi oleh bukit-bukit hijau, dan sungai yang mengalir di dasar lembah, serta jembatan-jembatan gantung yang menghubungkan antara satu sisi dengan sisi lainnya. Wisata ini sering disebut juga sebagai Green Canyon versi Indonesia, karena mirip dengan lukisan alam Green Canyon di Colorado, Amerika.

Lokasi dan Rute Menuju Wisata Ngerai Sianok

Wisata ini berlokasi di Taman Panorama, Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Dan memiliki Jarak yang cukup dekat dari pusat kota, yakni sekitar 3 kilometer dengan waktu tempuh 11 menit.

Jalanan menuju wisata Ngerai Sianok cukup mudah, sehingga bisa diakses dengan kendaraan roda dua atau pun mobil sampai ke area parkir. Namun, jika Kamu datang dari bandara Internasional Minangkabau, Kamu disarankan menyewa travel agent untuk mempermudah perjalanan Kamu.

Harga Tiket Wisata Ngerai Sianok

Harga tiket masuk destinasi wisata ini sangat terjangkau, hanya sebesar Rp10 ribu per orang. Untuk Harga tiket ini, masih belum termasuk biaya parkir kendaraan. Dengan harga tiket yang murah, Kamu bisa menikmati pesona alam yang luar biasa di wisata Ngerai Sianok.

Jam Operasional

Tempat wisata ini dibuka mulai pukul 09.30 hingga 17.30 WIB setiap hari, kecuali hari Jumat tutup

Daya Tarik

Selain itu, wisata ngarai sianok tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah saja, tetapi juga nilai sejarah dan edukasi. Di sini, Kamu bisa melihat beberapa tempat bersejarah seperti Lobang Jepang, Benteng Fort de Kock, Jam Gadang, dan Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta.

Kamu juga bisa belajar tentang geologi dan ekosistem di kawasan Geopark Nasional Ngarai Sianok-Maninjau yang ditetapkan pada tahun 2018. Selain itu, Kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas seru di wisata ngarai sianok, seperti:

Berfoto di Taman Panorama.

Di sini, Kamu bisa menyaksikan pemandangan tebing-tebing di Ngarai Sianok dari ketinggian, dan juga bisa berfoto dengan latar bertuliskan Panorama Ngarai Sianok yang berwarna merah.

Menyusuri Lobang Jepang.

Lobang Jepang adalah sebuah terowongan bawah tanah yang dibuat oleh tentara Jepang pada masa penjajahan. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 1400 meter dan terdiri dari 21 ruangan. Di sini, Kamu bisa merasakan suasana mencekam dan mengenal sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Menyaksikan sunrise atau sunset.

Wisata Ngarai Sianok memiliki pemandangan yang sangat indah saat matahari terbit atau terbenam, dan melihat langit yang berwarna-warni dengan latar tebing-tebing hijau. Kamu bisa mengabadikan momen ini dengan kamera Kamu.

Berkemah di tepi sungai.

Jika Kamu ingin merasakan pengalaman yang lebih dekat dengan alam, Kamu bisa berkemah di tepi sungai yang mengalir di dasar lembah, sambil menikmati suasana yang tenang dan sejuk, serta mendengar suara gemericik air dan burung-burung. Selain itu, kamu juga bisa berenang dan memancing di sungai ini.

 

Fasilitas

Wisata ngarai sianok juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti area parkir, toilet, kafe, dan kantin. Kamu juga bisa menemukan beberapa penginapan atau villa di dekat lokasi wisata ini dengan harga yang bervariasi.

Demikianlah artikel yang kami buat tentang wisata Ngarai Sianok. Kami harap artikel ini bermanfaat dan menarik bagi Kamu. Jika Kamu memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat berkunjung!

Share: