Wisatarakyat.com – Curup Gangsa di Way Kanan, Lampung, adalah salah satu tempat wisata air terjun yang menarik. “Curup” sendiri artinya air terjun dalam bahasa Sumatra. Selain menampilkan keindahan air terjun, pemandangan alamnya juga sangat menakjubkan dan disebut-sebut mirip surga.

Gangsa terbentuk karena Sungai Way Tangkas mengalami patahan, yang menciptakan air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter. Untuk menambah kesan alaminya, area sekitar air terjun dipenuhi dengan bebatuan besar. Tidak hanya soal alam, nama Gangsa konon berasal dari cerita yang diyakini oleh masyarakat setempat. Dahulu kala, ada seorang tua di daerah tersebut yang membuat seruling bambu yang diberi nama Gangsa. Cerita inilah yang menginspirasi penamaan Curup Gangsa.

Lokasi Air Terjun Curup Gangsa

Terletak di wilayah Kampung Kotaway, Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan, Lampung. Lokasinya berjarak sekitar 30 kilometer dari Kota Blambangan Umpu, ibu kota Kabupaten Way Kanan.

Harga Tiket Air Terjun Curup Gangsa

Harga tiket sebesar Rp12.000 per orang. Ini sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Jam Operasional

Buka setiap hari, mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.00 WIB.

Daya Tarik

Air Terjun Curup Gangsa menonjolkan keelokan dengan ketinggian mencapai sekitar 70 meter dan lebar yang meluas hingga 20 meter. Keunikan dari air terjun ini tak hanya terletak pada dimensi besarnya, melainkan juga pada kemurnian serta kesegaran airnya yang memukau. Pepohonan rimbun yang melingkupi sekitar air terjun menambahkan sentuhan alami dan sejuk pada suasana sekitarnya.

Suasana di sekitar Air Terjun ini menggambarkan keindahan alam yang masih terjaga, menciptakan atmosfer yang asri dan nyaman bagi para pengunjung. Sementara keelokan air terjun menjadi fokus utama, destinasi ini juga memikat hati dengan daya tarik wisata tambahan. Antara lain, terdapat hamparan sawah hijau yang memberikan panorama menyejukkan dan perbukitan yang memikat dengan pemandangan indahnya.

Selain itu, Air Terjun ini menjadi lebih menarik dengan keberadaan rumah-rumah adat Lampung yang memperkaya pengalaman wisatawan. Keseluruhan pengalaman berkunjung ke tempat ini mengajak untuk menjelajahi keindahan alam sekitar, sekaligus merasakan kearifan lokal dalam bentuk arsitektur tradisional. Dengan begitu, Air Terjun Curup Gangsa tidak hanya menghadirkan kecantikan alam yang luar biasa, tetapi juga memberikan pengalaman wisata yang holistik.

Fasilitas yang Disediakan

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap, antara lain:

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Warung makan
  • Area bermain anak
  • Spot foto
Share: