YOGYAKARTA – Kuliah di luar negeri menjadi impian banyak orang sejak generasi-generasi sebelumnya. Bahkan impian tersebut masih banyak bertahan di generasi saat ini. Pasalnya, beberapa negara memiliki dukungan dan sistem pendidikan pada tingkat lebih baik dari Indonesia.

Namun kuliah di luar negeri tentu bukan hal yang mudah untuk dicapai oleh semua orang. Sebab terdapat sejumlah tantangan yang dapat Anda temui dalam prosesnya. Tantangan tersebut termasuk informasi, seleksi, biaya dan berbagai aspek lainnya.

Dalam perkembangannya, terdapat juga berbagai program beasiswa luar negeri. Program-program tersebut hadir untuk beragam kalangan. Di dalamnya terdapat variasi dukungan, mulai dari biaya pendidikan, kebutuhan hidup, program pendampingan bahasa, dan berbagai hal lain.

Keberadaan beasiswa kuliah di luar negeri menjadi salah satu kabar gembira bagi banyak orang. Sebab program-program tersebut membawa harapan untuk menempuh pendidikan di luar negeri lebih terbuka. Program-program tersebut memberi solusi atas kendala informasi, finansial, dan hambatan lain yang membatasi mimpi kuliah di luar negeri.

Tentang Beasiswa Luar Negeri

Di Indonesia terdapat berbagai penyelenggara beasiswa pendidikan di luar negeri yang bisa kamu temukan. Sejumlah program beasiswa tersebut dapat berasal dari pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Beberapa program lainnya hadir dari inisiatif instansi pendidikan.

Namun tentu saja setiap program beasiswa pendidikan ke luar negeri menetapkan sejumlah syarat dan alur seleksi yang perlu kamu ikuti. Hal tersebut menjadi bagian program yang dilakukan penyelenggara. Tujuannya adalah memastikan program beasiswa memilih peserta yang tepat dan dapat memaksimalkan seluruh program di masa depan.

Booking.com

Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri tentu memiliki sejumlah tantangan. Selain kompetisi antar peminat beasiswa, sumber informasi juga menjadi elemen penting yang perlu kamu perhatikan.

Namun dengan sejumlah persiapan berikut, kamu akan bisa memperbesar peluang mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Adapun beberapa ulasannya antara lain adalah sebagai berikut.

Mengembangkan Relasi

Informasi beasiswa kuliah di luar negeri tidak terpublikasi sebanyak beasiswa umum. Oleh sebab itu relasi yang luas dan berkualitas dapat memperbesar potensi kamu mendapatkan informasi yang tepat.

Kamu bisa membangun hubungan baik dengan pihak yang berhubungan dengan rencana beasiswa. Beberapa di antaranya adalah pihak pengembangan rencana pendidikan di kampus atau sekolah, layanan informasi pendidikan, dan berbagai pihak lainnya.

Belajar Bahasa Asing

Menempuh pendidikan di luar negeri tentu membutuhkan kemampuan berbahasa asing. Sejumlah lembaga penyedia beasiswa dan kampus di luar negeri menjadi penguasaan bahasa asing sebagai salah satu syarat kelulusan.

Hal tersebut menjadi tuntutan yang rasional sebab kamu akan tinggal di negara asing. Penguasaan bahasa yang lebih baik tentu memperbesar peluang penuntasan studi dan potensi prestasi yang lebih baik.

Membuat Motivation Letter

Sebagian besar program beasiswa kuliah di luar negeri mengharuskan kamu membuat motivation letter. Dokumen tersebut merupakan surat yang umumnya kamu lampirkan dalam lamaran beasiswa pendidikan dan pekerjaan.

Motivation letter akan merangkum latar belakang dan dorongan kamu mengambil program beasiswa. Hal tersebut akan menjadi salah satu pertimbangan penyelenggara dalam memilih peserta penerima beasiswa.

Untuk membuat motivation letter yang baik, tentu tidak dapat kamu lakukan dalam satu kali penulisan. Sehingga kamu membutuhkan beberapa percobaan dan juga kritik yang akan membuat motivation letter tampil lebih baik dan otentik.

Menentukan Tujuan

Dalam proses mendapatkan beasiswa, sebaiknya kamu memetakan tujuan pendidikan di luar negeri. Tujuan tersebut dapat berupa kampus maupun negara yang akan menjadi target.

Dengan memetakan tujuan, kamu bisa mendapatkan gambaran utuh tentang program yang dapat mendukung peluang. Termasuk pembelajaran bahasa asing yang perlu dikuasai dan persyaratan khusus dari berbagai penyelenggara program beasiswa.

Mempersiapkan Surat Rekomendasi

Berbagai program beasiswa kuliah di luar negeri juga memasukkan surat rekomendasi sebagai salah satu kebutuhan seleksi. Adanya dokumen tersebut menjadi validasi tentang relasi dan kinerja calon pelamar beasiswa di lembaga asalnya.

Namun hal tersebut tidak berarti kamu dilarang memberikan surat rekomendasi pada program yang tidak menjadikannya sebagai persyaratan. Surat rekomendasi justru menjadi nilai tambah pelamar program beasiswa di antara peserta lainnya.

Mempersiapkan Portfolio dan CV

Perbesar potensi mendapatkan program beasiswa dengan dukungan portofolio. Kamu dapat mempersiapkan portofolio dengan terlibat di dalam komunitas, proyek, seminar, dan berbagai agenda lain.

Portofolio yang pada mendukung peningkatan potensi pelamar dalam mendapatkan program beasiswa. Selain itu, portofolio yang telah disebutkan juga berguna dalam membentuk pemikiran kritis, empati, dan melatih kecerdasan dari berbagai aspek.

Mendaftar Lebih Awal

Kamu sebaikanya mendaftar lebih awal ke program beasiswa pilihan. Hal tersebut dapat berdampak pada penilaian positif panitia penyelenggara. Selain itu, kamu juga memiliki kesempatan untuk mengevaluasi kinerja diri apabila mendaftar lebil awal.

Aktualisasi Informasi

Kamu dapat mempersiapkan pendidikan dan beasiswa luar negeri dengan lebih matang bersama layanan Schoters. Di dalam layanan tersebut, kamu dapat menemukan berbagai informasi dan fasilitas yang menunjang rencana studi di luar negeri.

Dengan menggunakan layanan tersebut, kamu bisa mengakses kalender beasiswa. Fitur tersebut tentunya sangat bermanfaat dalam Menyusun rencana studi, baik dalam jangka pendek dan jangka panjang. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan layanan konsultasi gratis di Schoter.

Baca juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *