candi sambisari jogja
sumber : travelspromo.com

Candi Sambisari jogja

Posted on

 

Yogyakarta, treenail demean destinasi wisata yang luar biasa indahnya. Wisata alam, sejarah, agama, edukasi, hingga wisata belanja tersedia di sini. Bagi para wisatawan yang mencari lokasi baru untuk dikunjungi di Kota Yogyakarta kalian bisa mengunjungi sebuah CANDI yang tak kalah indah dengan candi lainnya. Candi Sambisari jogja merupakan destinasi yang harus kalian coba kunjungi. Candi ini memiliki keunikan dengan letaknya yang berada sekitar 5-6 meter dibawah permukaan tanah sekitarnya. Namun kalian tidak perlu khawatir karena pengelola telah menyiapkan anak tangga yang bisa kalian gunakan untuk menuju kompleks Candi Sambisari ini. Letaknya yang unik membuat banyak wisatawan terpesona dengan keindahannya. Candi ini terletak di pedasaan yang masih asri, sehingga perjalanan menuju lokasi ini pun juga terlihat indah.

SEJARAH SINGKAT

Candi ini ditemukan oleh seorang petani, di serahkan dan diteliti oleh pihak terkait. Dalam penemuan hingga pemugaran hampir memakan waktu 20 tahun. Candi yang dibangun sekitar abad ke-10 ini ditemukan ketika tertumpuk abu vulkanik. Posisi yang terletak di bawah permukaan tanah ini diperkiraka karena letusan gunung berapi besar-besaran pada awal abad ke 11. Seringkali Candi di Kota Yogya ditemukan di bagian Utara, ini dapat mengindikasikan bahwa peradaban kerajaan kebanyakan berpusat di Utara Kota Yogyakarta.

LOKASI

Lokasi Candi ini terletak di bagian Utara Kota Yogyakarta. Tepatnya berada di Dusun Sambisari, Desa Purwomartsani, Kecamatan Kalasan, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

RUTE

Rute yang bisa anda pilih bisa melalui Jalan Raya Jogja-Solo sampai menemukan gerbang Angkatan Akademi Udara (AAU) berbentuk burung garuda. Lalu lanjutkan belok kiri lurus ikuti jalan anda akan menemukan Candi Sambisari. Selain melewati jalur di atas anda juga bisa melewati Jalan Raya Tajem. Jarak Candi dengan Kota Yogya sekitar 12 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

HARGA TIKET

Wisatawan lokal Rp. 5.000
Mancanegara Rp. 10.000
Parkir motor Rp. 2.000
Parkir mobil Rp. 5.000

Catatan : harga Tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

candi sambisari jogja
sumber : alodiatour.com

JAM OPERASIONAL

Destinasi wisata ini buka setiap hari pukul 08.00 – 16.00

DAYA TARIK

  1. Letak dan keindahan Candi

Candi Sambisari memiliki letak yang cukup indah, di mana bangunan Candi layaknya Castle di tengah hutan yang rindang. Lokasinya yang berada di bawah permukaan tanah juga menjadi daya tarik tersendiri, di mana para wisatawan dapat mengabadikan momen dari atas lokasi Candi hingga keseluruha kompleks dapat terlihat dengan jelas. Lokasi yang masih asri juga menambah kesejukan, dikelilingi pepohonan hijau dapat menjadi spot foto yang menarik.

  1. Wisata kuliner

Selain kompleks Candi Sambisari anda juga dapat berwisata kuliner yang telah tersedia di sana. Yang paling terkenal yakni Soto Bathok Mbah Karto yang melegenda. Banyak wisatawan mampir ke rumah makan ini karena rasa dan terkenalnya di kalangan wisatawan yang telah berkunjung. Selain itu anda juga bisa mencoba kuliner lain yakni Sop Diadol yang juga tak kalah lezatnya. Meskipun lokasinya yang memang masuk kepedesaan namun anda tidak perlu khawatir karena jalan yang ada sudah bagus.

 

FASILITAS

Fasilitas yang ada di candi sambi sari sudah tergolong lengkap dan cukup untuk memenehui kebutuhan pengunjung, fasilitas yang di sediakan pengelolal diantranya adalah :

  • Muhsola
  • Area parkir
  • Toilet
  • Gazebo
  • Ruang informasi
  • Papan informasi

2 thoughts on “Candi Sambisari jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *