sungai mudal kulo progo
sumber : jogjacars.com

Ekowisata Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Posted on

Ekowisata Taman sungai mudal adalah sebuah kawasan air terjun yang begitu cantik. Lokasi yang berada di tengah hutan menambah indah kawasan wisata ini. Taman sungai mudal adalah sebuah sumber mata air yang tak pernah habis airnya dan bisa mencukupi kebutuhan air bersih warga sekitar. Lokasi yang ada di tengah hutan membuat pengunjung begitu terpikat. Pepohonan yang masih rindang dan udara yang sejuk akan menamani perjalan untuk menuju ke sana. Pengunjung tak usah khawatir tentang rute maupun jalur yang dipakai untuk menuju ke sungai mudal. Jalurnya yang mudah ditempuh dengan berjalan kaki akan membuat pengunjung merasa nyaman berada di sana.

Tak hanya itu, ekowisata taman sungai mudal ini juga mengaliri air terjun di bawahnya seperti air terjun kembang soka maupun kedung pedut. Terdapat wahana alami yang berada di awal sungai mudal yaitu kolam yang dibendung dan sengaja dibuat untuk para pengunjung menghabiskan waktu di sana. Sungai itu biasanya digunakan untuk berenang oleh wisatawan. Banyak bunga-bunga ditepi sungai seperti anggrek dan lainnya menambah keindahan lokasi wisata.

https://garasijogja.com/pantai-glagah-kulon-progo/
sumber : wisatakaka.com

LOKASI

ekowisata taman sungai mudal ini berlokasi di Dusun Banyungantu, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

RUTE

Rute yang bisa diambil dari candi ijo. Anda bisa melewati Jl. Candi Ijo 30 m. Kemudian menuju ke kiri ke Jl. Prambanan/ Jl. Raya Piyungan-Prambanan sekitar 210 m. Kemudian belok kanan ke Jl. Opak XII 450 m. Lalu belok kanan ke Jl. Opak Raya lalu belok kiri ke Jl. Raya Solo-Yogyakrta. Kemudian menuju ke Jl. Padjajaran lalu belok kanan ke Jl. Godean KM.10. Lalu belok kiri menuju ke Jl. Banyunganti 1,1 anda akan sampai di lokasi tujuan.

JAM OPERASIONAL

Destinasi wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga17.00 WIB

HARGA TIKET

Harga tiket masuk pengujung sebesar Rp. 6.000

Sungai Mudal Kulon Progo
sumber : ksmtour.com

DAYA TARIK

  1. Panorama indah

Bagi anda yang belum pernah menjelajah di taman sungai mudal ini segeralah pergi ke area untuk merasakan bagaimana suasana alam yang disuguhkan. Sungainya yang jernih selalu meluap sehingga dapat megaliri air terjun lainnya. Tak hanya itu, keberadaan tebing batu di sekitar aitr terjun menambah kesan tersendiri.

  1. Sumbang tanaman

Jarang ditemukan wisata dengan ciri-ciri yang dimiliki oleh destinasi wisata yang satu ini cukup unik. Dengan membuka penyumbanganbenih untuk ditanam disekitar lokasi wisata agar berambah cantik. Uniknya lagi, bagi para peyumbang benih akan mendatangi bunga yang pernah di sumbangkannya. Hal itu dapat dijadikan momen yang mengenang. Tanda bahwa penyumbang pernah berkunjung di tempat wisata ini.

  1. Kolam pemandian

Tak hanya memiliki suasana yang nyaman dan lokasi yang begitu cantik. Tempat wisata ini juga menyuguhkan pemandian dari air terjun yang mengalir. Air tersebut dibendung dan dijadikan area pemadian untuk pengunjung. Pengunjung tidak akan dikenakan biaya tambahan untuk mandi di area tersebut. Bagi anda yang berlibur di Yogyakrta ini sempatkan waktu untuk menikmati keindahan sungai mudal.

 

FASILITAS

Untuk memenuhu kebutuhan pengunjung pengelola menyediakan berbagai macam fasilitas diantaranya adalah  toilet, gazebo, warung makan

3 thoughts on “Ekowisata Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *